Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Wajibkah Pengusaha Lapor Ppn

Wajibkah Pengusaha Lapor Ppn
Wajibkah Pengusaha Lapor Ppn

Wajibkah Pengusaha Lapor Ppn |Sudah menjadi kewajiban bagi perusahaan yang sudah berbadan hukum untuk selalu melaporkan pajak dari usahanya. Karena pajak sudah ada dalam Undang – Undang, maka jika melanggar dengan tidak membayar / melaporkan akan mendapatkan saksi. Terdapat Peraturan Pemerintah ( PP ) No. 46 Tahun 2013 yang mengatur tentang pajak penghasilan dari usaha yang diperoleh wajib pajak badan atau pengusaha yang mendirikan usaha baru.

Dalam kamus perpajakan di Indonesia Anda pasti mengenal istilah PKP atau pengusaha kena pajak. Apa itu PKP ? Apa saja kewajiban dan hak PKP atas Ppn ? Perlukah melaporkan Ppn nihil ? Berikut penjelasan selengkapnya mengenai pertanyaan – pertanyaan diatas.

Pengertian PKP

Menurut Undang – Undang Nomor 8 Tahun 1984 yang kini telah diubah menjadi UU Nomor 42 Tahun 2009 tentang perubahan ketiga atas Undang – Undang Nomor 8 Tahun 19983 tentang pajak pertambahan nilai barang dan jasa dan pajak penjualan atas barang mewah. PKP merupakan pengusaha yang melakukan penyerahan BKP atau barang kena pajak dan atau jasa kena pajak atau JKP yang dikenai pajak.

Hak PKP Atas Ppn

Apabila Anda seorang pengusaha sudah dikukuhkan sebagai PKP, maka terdapat hak dan kewajiban yang dipenuhi oleh PKP. Berikut ini hak PKP atas Ppn.

  • PKP dapat melakukan pengkreditan pajak masukan atau pembelian atas BKP/JKP.
  • PKP juga meminta restitusi jika pajak masukan lebih besar dari pajak pengeluaran atau penjualan dan berhak pula atas kompensasi kelebihan pajak.

Kewajiban PKP Atas Ppn

Wajibkah Pengusaha Lapor Ppn

Setelah mengetahui hak PKP berikut kewajiban apa saja kewajiban yang ditanggung oleh PKP.

  • PKP wajib memungut Ppn dan PpnBM terutang.
  • PKP wajib melaporkan usahanya untuk dikukuhkan sebagai PKP jika sudah memiliki omzet mencapai Rp. 4,8 Miliar dalam satutahun buku.
  • PKP juga wajib menyetorkan Ppn yang masih harus dibayar dalam hal pajak keluaran lebih besar dari pajak masukan yang bisa dikreditkan. Selain itu, PKP juga wajib menyetorkan PpnBM terutang.
  • PKP wajib melporkan perhitungan pajak ke dalam SPT masa Ppn.
  • PKP juga wajib menerbitkan faktur pajak atas setiap penyerahan BKP / JKP.

Perlukah Lapor Ppn Nihil ?

Ini merupakan pertanyaan yang sering kali dilontrakan PKP. Sekalipun nihil wajib pajak tetap memiliki kewajiban untuk melaporkan SPT nihil. Namun memang ada beberapa SPT nihil yang akhirnya tidak lagi memiliki kewajiban lapor pajak sejak keluarnya PMK Nomor 9/PMK.03/2018.

Ingin Mengetahui Bagaimana ACCURTAE 5 Membantu dan Merapikan Pembukuan Bisnis Anda ?

Hubungi Kami via Telp/Email

031-5912996 / galaxy@myabcshop.com

Untuk mendapatkan Free Demo Presentasi Accurate Accounting Software Dekstop versi 5

Baca Juga