Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Usaha Pertanian Tanaman Hias Yang Menjanjikan

Usaha Pertanian Tanaman Hias Yang Menjanjikan
Usaha Pertanian Tanaman Hias Yang Menjanjikan

Usaha Pertanian Tanaman Hias Yang Menjanjikan | Sedikit tidak terduga bahwa peluang usaha dibidang pertanian menjadi trend justru terjadi diera new normal seperti saat ini. Bukan hanya didaerah pedesaan saja, namun juga terjadi didaerah perkotaan. Tidak mengherankan mengapa hal ini bisa terjadi, selain karena banyak orang mengikuti apa yang sedang menjadi trend, pun untuk menekuni profesi ini dapat dilakukan dengan mudah. Tidak membutuhkan lahan yang luas untuk dapat menjalankan usaha agrobisnis ini. Terlebih usaha ini dapat dijalankan sebagai sampingan bagi para karyawan, ibu rumah tangga dan lain sebagainya sebelum mengambil keputusan untuk menjadikan usaha ini sebagai bisnis utama.

Baca Juga : 3 Hal Penting Menggunakan Aplikasi Keuangan Untuk UKM

Berjualan tanaman hias merupakan salah satu jenis usaha agrobisnis yang menjanjikan. Jenis tanaman hiaspun sangat beragam. Terlebih saat ini, banyak orang ‘latah’ untuk memulai hobby barunya memelihara tanaman hias. Orang berlomba-lomba berburu tanaman hias, mulai dari yang paling mudah didapat dan harga yang masih bisa dijangkau, hingga tanaman yang termasuk langka dan harus merogoh kocek dalam-dalam. Hal inilah yang menjadikan bisnis tanaman hias semakin bersinar dan menjanjikan.

Menjalankan bisnis tanaman hias dapat dimulai dengan langkah mudah dan gampang. Bisnis tanaman hias dapat dijalankan dalam kebutuhan modal kecil serta berskala rumahan. Namun dalam pengelolaannya dibutuhkan ketekunan, kesabaran, keuletan dan ketelatenan. Selain itu, keberhasilan dalam bisnis tanaman hias juga ditentukan dari ketepatan dalam memilih jenis tanaman yang akan dibudidayakan. Sebelum memulai bisnis tanaman hias, berikut langkah-langkah yang perlu diperhatikan, yaitu :

  1. Bisnis tanaman hias butuh pengetahuan. Sebenarnya tidak hanya bisnis tanaman hias, untuk memulai bisnis apapun dibutuhkan pengetahuan yang cukup sebelum memulai usaha. Untuk memulai bisnis tanaman hias kita perlu mempelajari banyak hal seperti jenis-jenis tanaman hias, cara pengelolaannya, sampai dengan harga jualnya. Semakin banyak pengetahuan yang dimiliki akan semakin baik bagi perkembangan bisnis.
  2. Lokasi strategis. Lokasi yang strategis akan selalu menjadi salah satu point keberhasilan suatu usaha. Lokasi yang potensial adalah lokasi yang ramai dan mudah dijangkau oleh calon pembeli. Selain itu lokasi yang dipilih juga sebaiknya memiliki kesesuain suhu dengan tanaman hias, agar tanaman yang dijual dapat tumbuh dengan baik.
  3. Pemilihan jenis tanaman hias. Ada banyak jenis tanaman hias yang menjadi komoditi bisnis yang menjanjikan. Jika ingin sukses dalam berbisnis tanaman hias, hendaknya memilik tanaman yang memiliki daya jual yang stabil dan bukan hanya musiman semata. Selain itu biaya perawatan tanaman hias juga harus menjadi pertimbangan yang matang. Jika dirasa budget yang dimiliki tidak mampu atau terlalu berat dalam mengelola banyak jenis tanaman, bisa dicoba untuk fokus ke satu atau dua macam tanaman dulu.
  4. Mempersiapkan media tanam. Media tanam merupakan hal utama dalam berbisnis tanaman hias. Media tanam yang tepat dan berkualitas dapat membuat tanaman hias tumbuh subur dan segar, penting bagi pelaku usaha untuk dapat memahami ini. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kerugian yang terjadi akibat media tanam yang kurang tepat sehingga menyebabkan tanaman yang dibudidayakan layu bahkan mati.
  5. Sistem promosi dan pemasaran. Promosi dan pemasaran adalah hal yang wajib dalam sebuah usaha. Begitu juga dengan bisnis tanaman hias. Untuk memulai promosi usaha tanaman hias dapat dimulai dari mouth to mouth, misal mempromosikan diteman-teman lingkungan sekitar. Jika memiliki budget lebih, menggunakan artis atau selebgram merupakan hal yang tepat sebagai sarana promosi dimedia sosial.

Baca Juga : Menerapkan Sistem Akuntansi Accurate di Peternakan Unggas

Dengan berkembangnya “hobby” baru dimasyarakat yaitu berkebun atau menanam tanaman hias, tentu hal ini dilihat sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Yang artinya jika ingin berbisnis tanaman hias berarti harus siap masuk dalam bisnis dengan persaingan yang ketat. Karena cukup banyak pelaku usaha yang ingin mencoba peruntungannya dibisnis tanaman hias. Untuk itu penting bagi pelaku usaha yang ingin memulai bisnis tanaman hias memiliki nilai lebih dibandingkan dengan penjual tanaman hias lainnya. Hal ini dapat disebut sebagi konsep, misal kelebihan yang ingin ditonjolkan atau difokuskan adalah menjual tanaman hias yang ditempatkan dalam pot yang didesign secara khusus ( handmade ), dan lain sebagainya.

Artikel lain tentang Program Pembukuan Untuk Perusahaan Dagang