Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Tips Untuk Memulai Usaha Dibidang Bisnis Import

Tips Untuk Memulai Usaha Dibidang Bisnis Import
Tips Untuk Memulai Usaha Dibidang Bisnis Import

Tips Untuk Memulai Usaha Dibidang Bisnis Import | Importir adalah orang atau lembaga perantara dagang yang mendatangkan barang dari luar negeri. Menjadi importir sukses merupakan impian bagi banyak orang, hal ini dikarenakan keuntungan yang didapat bisa berlipat ganda. Selain itu, bisnis import biasanya tidak terpaku hanya pada satu atau dua produk saja. Sehingga pelaku bisnis import mempunyai peluang pasar lebih besar karena banyaknya produk yang dapat dijual. Namun yang menjadi penghalang besar bagi seorang importir biasanya terkait dengan masalah perijinan dan bea cukai. Selain itu kegiatan import di Indonesia sudah diatur oleh pemerintah Indonesia dan bersifat legal. Hal ini bertujuan untuk membatasi atau mengendalikan banyaknya produk luar negeri yang masuk kedalam negeri, sehingga pengusaha dalam negeri diharapkan tetap dapat memproduksi barangnya tanpa mengalami persaingan dengan barang dari luar negeri.

Namun tidak dapat dipungkiri yang menyebabkan bisnis import menjadi suatu bisnis yang menarik adalah karena harga barang dari luar negeri lebih murah dibandingkan dengan dalam negeri, selain itu banyaknya jenis atau aneka barang yang dapat dijual menyebabkan bisnis import barang ini dapat masuk kesemua pasar. Sehingga bisnis import dapat memberikan keuntungan berlipat ganda. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk memulai bisnis import, antara lain yaitu :

  1. Mengetahui market yang dituju. Karena berbeda pasar, maka berbeda pula barang yang harus disiapkan. Apakah pasar yang dituju golongan middle up, middle down, kalangan anak-anak atau dewasa, dan sebagainya. Untuk itu perlu dilakukan survey untuk mengetahui tren apa yang sedang digemari.
  2. Mencari supplier yang dapat dipercaya. Hal terpenting dalam bisnis import adalah menemukan supplier yang tepat. Karena hal ini akan menentukan perjalanan bisnis kita. Apakah supplier yang diajak bekerja sama dapat bekerja sesuai kontrak dan tepat waktu seperti, apakah barang yang dikirim berkualitas, apakah supplier dapat memenuhi permintaan pasar dalam waktu yang ditentukan, bagaimana dengan sistem pembayarannya, perlakuan barang retur, dan sebagainya.
  3. Test produk dipasar. Setelah menentukan barang apa yang akan dijual, ada baiknya kita mencoba menjual barang tersebut dalam jumlah kecil terlebih dahulu. Apakah barang tersebut dapat diterima dipasar, apakah barang tersebut memiliki peminat yang cukup banyak atau sebalikny, apakah kualitas barang tersebut cukup baik dan sebagainya. Dapat dikatakan test produk ini menjadi salah satu kunci penentu kesuksesan seorang importir. Karena kesalahan dalam mengimport barang dapat menyebabkan kerugian, terlebih jika barang tersebut diimport dalam jumlah yang cukup banyak.

Baca Juga : Cara Pengusaha Mengelola Persediaan Barang Dagangan

Salah satu barang atau produk yang banyak diperjual belikan dalam bisnis import adalah produk yang berasal dari China. Banyaknya produk China yang masuk kepasar Indonesia menujukkan bahwa bisnis import juga mengalami persaingan yang cukup sengit. Sudah menjadi rahasia umum bahwa produk China memiliki harga yang sangat murah dan jenis barang yang sangat beraneka ragam. Untuk itu, agar dapat bertahan dalam persaingan bisnis Import kita perlu terus berinovasi dan memiliki kemampuan untuk membaca peluang serta tren yang sedang terjadi. Cara paling mudah untuk melihat tren apa yang sedang digemari adalah melalui media sosial. Dewasa ini media sosial memiliki peranan yang sangat penting dalam bisnis apapun. Saat ini media sosial dirasa merupakan salah satu cara promosi yang tepat. Untuk dapat bertahan dalam persaingan bisnis import, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain :

Tips Untuk Memulai Usaha Dibidang Bisnis Import
  1. Menjaga pelanggan agar tidak beralih kekompetitor. Ketatnya persaingan dalam bisnis import memaksa kita untuk selalu berusaha maksimal dalam menjaga pelanggan. Beberapa cara untuk menjaga pelanggan agar tidak beralih kekompetitor seperti, memberikan diskon tertentu, sistem membership, memberikan ongkos kirim gratis, promo cashback dan sebagainya. Karena harga bukan satu-satunya faktor penentu agar pelanggan tetap setia. Hubungan, komunikasi dan service yang baik juga memiliki nilai plus.
  2. Mengikuti perkembangan jaman. Agar dapat bertahan dalam persaingan bisnis import adalah dengan menjadi flexibel, dalam arti mau mengikuti perkembangan jaman serta cepat tanggap. Diera digital seperti saat ini, infomasi bergerak dengan cepat. Pengaruh influencer luar negeri, ataupun produk yang sedang tren diluar negeri akan mempengaruhi daya beli market lokal. Untuk itu penting bagi seorang importir memiliki kemampuan menganalisa tren apa saja yang laku dipasaran serta kapan waktunya. Semakin awal importir menemukan tren yang akan masuk kemarket lokal, maka semakin besar pula keuntungan yang bisa didapat.

Baca Juga : Mengelola Persediaan Barang Dagangan Dengan Software Accurate

Namun perlu juga diperhatikan bahwa tidak semua global trend akan cocok dan masuk ke market lokal. Kemampuan analisa sangat diperlukan dalam bisnis import, hal ini bertujuan agar bisnis import yang kita jalankan tidak termakan tren sehingga mengalami kerugian. Hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah masalah perijinan dan bea cukai.

  1. Sebagai seorang importir memiliki ijin import adalah sebuah keharusan. Yang dimaksud dengan ijin import adalah dokumen yang dikeluarkan oleh pemerintah nasional yang mengijinkan import barang atau produk tertentu kewilayahnya. Biasanya ijin import juga berisikan batasan tertentu pada yang akan diimport serta jumlah barang atau produk yang akan diimport. Untuk menghindari kerugian yang tidak diinginkan, pastikan juga bahwa barang atau produk yang akan diimport memiliki ijin masuk. Karena peraturan disetiap negara berbeda-beda. Perijinan import juga termasuk legalitas perusahaan seperti CV atau PT.
  2. Bea cukai adalah pungutan yang dilakukan pemerintah terhadap barang eksport import atau barang yang memiliki karakteristik khusus. Lembaga bea cukai bertugas untuk mengawasi lalu lintas barang didaerah pabean. Adalah penting bagi seorang importir untuk memahami prosedur dan hal-hal apa saja yang harus dilakukan pada proses bea cukai. Hal ini untuk menghindari kerugian yang disebabkan misal, barang tertahan dibea cukai, membayar tarif bea cukai lebih dari yang seharusnya, dan sebagainya.

Baca Juga : Pengusaha Kena Pajak Wajib Pakai Accurate Software / Solusi Modul Accurate Dibisnis Importir