Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Tips Penting Manajemen Piutang Di Usaha Distribusi

Tips Penting Manajemen Piutang Di Usaha Distribusi
Tips Penting Manajemen Piutang Di Usaha Distribusi

Tips Penting Manajemen Piutang Di Usaha Distribusi |Menurut pemilik untuk mendirikan usaha sangat mudah, dikarenakan harus memiliki modal yang cukup untuk mengelolah nya. Tetapi pengusaha tidak menyadari pentingnya manajemen. Secara umum, pengertian dari manajemen merupakan suatu seni dalam ilmu dan pengorganisasian seperti menyusun perencanaan, membangun organisasi dan pengorganisasiannya, pergerakan, serta pengendalian atau pengawasan. Secara etimologis, pengertian manajemen merupakan seni untuk melaksanakan dan mengatur.

Pada umumnya manajemen terdiri beberapa jenis, yaitu :

  1. Manajemen Sumber Daya Manusia : Manajemen sumber daya manusia tidak hanya untuk memperkerjakan karyawan diperusahaan, namun karyawan dianggap sebagai asset aktif perusahaan dalam pengelolaan data dan pemanfaatannya agar produktivitas suatu perusahaan dapat mencapai target yang maksimal.
  2. Manajemen Operasional : Dalam hal ini manajemn operasional bisa dikatakan sangat penting, karena selain untuk mengatur tata cara kerja sumber daya manusia untuk mencapai suatu proses didalam perusahaan. Yang dimana hal tersebut akan mempengaruhi keefektivitas dan keefisiensian suatu perusahaan.
  3. Manajemen Pemasaran : Dalam hal ini manajemen pemasaran, tidak hanya focus bagaimana cara untuk memasarkan produk yang anda jual. Melainkan anda harus menganalisa dan mencari strategi yang baik untuk dapat mengambil kepercayaan kosumen terhadap produk yang anda jual.
  4. Manajemen Keuangan : Dalam hal ini manajemen keuangan fokus pada mengelolah keuangan suatu perusahaan, mulai dari pencarian data, pemanfaatan data hingga sampai kontrol dana. Dan juga dapat melakukan menganalisa strategi yang dapat memaksimalkan keuangan perusahaan. Manajement keuangan terbagi dalam beberapa golongan, salah satunya adalah mengelolah manajemen piutang.

Piutang terjadinya transaksi penjualan barang atau jasa secara kredit. Penjualan ada 3 jenis, penjualan secara kontan, penjualan secara titip atau konsinyasi, dan salah satunya penjualan kredit. Didalam artikel ini saya akan membahas tentang Tips Penting Manajemen Piutang Di Usaha Distribusi.

  1. Memiliki standar dalam pengajuan piutang, misalnya diawal kerjasama dengan pelanggan harus kontan keras. Kemudian bisa melihat riwayat pembayaran pelanggan. Sehingga meminimkan pelanggan tidak membayar keperusahaan.
  2. Memberikan kredit limit, dengan memberikan kredit limit ke pelanggan itu merupakan pencegahan secara dini. Dengan adanya kredit limit perusahaan tidak akan menerima kerugian yang cukup besar.
  3. Membuat daftar piutang, dengan adanya daftar piutang terhadap tagihan atas segala sesuatu hak perusahaan baik berupa uang, barang maupun jasa dapat dikontrol oleh penanggung jawab penagihan.
  4. Melakukan penagihan secara berkala dan strategi yang baik, dengan hal ini perusahaan anda akan terhindar dari kerugian karena anda memilik tim yang solid untuk melaksanakan tugas mereka untuk menangih ke pelanggan.

Artikel Menarik Lainnya :