Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

TIPS PENGUSAHA UMKM TAHAN CRISIS

TIPS PENGUSAHA UMKM TAHAN CRISIS

Tips Pengusaha UMKM Tahan Krisis |Pandemic Virus Corona ( Covid-19) telah mencuri perhatian seluruh warga dunia. Penyebaran virus Corona yang telah meluas ke berbagai belahan dunia membawa dampak pada perekonomian dunia baik dari sisi perdagangan, investasi dan pariwisata. Pandemi virus corona memberikan dampak tersendiri bagi kelangsungan bisnis. Virus ini juga menimbulkan ketidakpastian perekonomian global, tak terkecuali Indonesia. Dengan adanya Pandemi Virus COVID-19 membuat pemerintah Indonesia  mengeluarkan Social Distancing sehingga orang-orang disarankan untuk berdiam diri di dalam rumah. Penerapan ini sudah dilakukan, maka hal ini akan membuat para pengusaha mendapat dampak akan mengalami krisis keuangan dikarenakan pasar yang lesu . tidak mampu mendongkrak angka penjualan para pengusaha bisnis UMKM. Imbasnya pendapatan yang diterima pun tidak sesuai harapan. Hal ini menyebabkan keseimbangan keuangan perusahaan terganggu. Dan yang paling buruk bisnis yang dijalankan bisa saja gulung tikar akibat dana yang ada habis sebelum bisnis tersebut berkembang atau balik modal.Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan pengusaha tahan krisis di masa pandemi korona

TIPS PENGUSAHA UMKM TAHAN CRISIS MASA PANDEMI KORONA

  • pastikan Aliran ketersedian Cash Flow lancar dan terjaga

Arus kas adalah salah satu unsur yang paling penting dalam berbisnis. Sehingga suatu bisnis harus mampu mengelola uang tunai secara optimal dan baik. Jika tidak maka risikonya bisnis yang Anda jalankan mengalami kebangkrutan. Untuk itu penting bagi Anda untuk menjaga kondisi arus kas agar tetap seimbang. Pengelolaan arus kas dapat menentukan hidup dan matinya bisnis Anda.

  • Rencanakan Ulang Pendapatan dan Pangkas Anggaran Biaya

Rencana anggaran biaya dalam bisnis adalah sebuah outline yang sengaja dibuat untuk mengorganisir bisnis mereka sesuai dengan budget atau pengeluaran yang diperlukan., membuat rencana anggaran biaya terbilang sangat penting dalam bisnis untuk mengkalkulasikan seluruh anggaran yang akan dilakukan dalam business plan di periode selanjutnya. Tanpa adanya rencana yang jelas, pengusaha akan merasa kesulitan untuk menentukan biaya modal yang akan digelontorkan dan target pendapatan yang ingin dicapai.rencana anggaran biaya dapat dilakukan membagi total pemasukan ke beberapa pos seperti membayar gaji, membayar hutang, membayar biaya operasional bahkan untuk ditabung. Jadi, tentukan berapa porsi yang akan dipakai untuk berbagai kebutuhan usaha Anda.

  • Buat catatan pemasukan dan pengeluaran

Pastikan, semua catatan tersebut disesuaikan dengan nota pembelian ataupun bukti pengeluaran lainnya.Setelah mencatat pengeluaran, anda juga harus mendokumentasikan pemasukan. Kedua rincian dana tersebut nantinya digunakan untuk membuat neraca keuangan. Dari neraca, anda bisa Mengetahui, seberapa baik keuangan di perusahaan.

  • check dan controll ketersediaan barang

dengan sering melakukan check dan kontrol persediaan barang perusahaan dapat memonitor mengantisipasi apabila bahan baku yang untuk diproduksi diperlukan tidak tersedia di pasaran/ harga bahan baku melonjak tinggi dan juga menjamin lancarnya proses produksi dan tersedia sehingga dapat menjaga kestabilan memenuhi kebutuhan pasar secara optimal.

dari beberapa tips diatas semoga bermanfaat untuk anda sebagai pelaku bisnis UMKM . Pastikan bisnis Anda tetap berjalan dan mampu bertahan pada saat kondisi pandemi saat ini.

Ingin Tahu Bagaimana Software Akuntansi Dapat Membantu Meningkatkan Performa Bisnis Anda ?

CARI TAU SELENGKAPNYA DENGAN KLIK DISINI

BACA JUGA :