Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Tips Pengusaha UMKM bertahan pada masa krisis Pandemi Covid 19

UMKM TAHAN KRISIS

Pengusaha UMKM Tahan Krisis

UMKM merupakan Sigkatan dari Usaha mikro kecil dan menengah. UMKM seringkali memiliki Produk dan Jasa yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat di berbagai kalangan. Namun, Saat ini Para Pengusaha sedang dihadapkan oleh krisis global yang disebabkan oleh Pandemi Covid 19. Tentunya bagi para pengusaha UMKM Juga harus melakukan Upaya agar Bisnis dan usaha yang sedang dijalankan tetap dapat bertahan dalam situasi sulit seperti sekarang ini. 

Berikut ini beberapa Tips Untuk Para Pengusaha UMKM bertahan pada masa krisis Global Pandemi Covid 19. Yuk simak Tips nya !

menekan biaya Pengeluaran

Poin Pertama yang harus dilakukan Pengusaha dimasa Krisis ini adalah Melakukan Penekanan pada biaya- biaya yang akan keluar. Pastikan anda kembali mengecek secara rinci, dan mengurutkan setiap barang- barang yang sudah anda rencanakan akan anda beli. pilihlah untuk membeli barang hanya pada yang berstatus mendesak saja . untuk Barang- barang lain yang masih tidak terlalu diperlukan sebaiknya ditunda. dalam masa sulit seperti ini penting untuk anda melakukan strategi ulang dan memangkas biaya serta memaksimalkan pendapatan.

memperluas segmen pasar

Agar anda tetap mendapatkan Pemasukan, Tidak lain anda sebagai pengusaha harus tetap fight melawan keadaan ini. teruslah melakukan Pemasaran terhadap Produk anda. Memperluas Segmen Pasar adalah salah satu pilihan yang sangat baik. Jadikan Produk anda adalah produk pokok yang sangat dibutuhkan oleh setiap kalangan masyarakat dalam situasi rumit ini. Jika sebelumnya anda memiliki beberpa produk khas yang memiliki segmen tertentu saja, Maka jangan hanya berdiam diri. Bahkan anda dapat mengganti  dan menambah segmen pasar anda. Beberapa Contoh yang bisa anda terapkan contohnya :

  1. Awalnya hanya menjual barang secara ekspor maka anda harus mulai menjual secara Lokal juga
  2. Awalnya anda memiliki Produk yang anda pasarkan hanya secara Grosir, maka anda dapat menambah dengan menjual secara Retail 
  3. Awalnya anda memiliki Produk hanya untuk kalangan Corporate, maka anda dapat mengganti produk untuk kalangan masyarakat luas 

memperkuat pasar online

 Dalam Situasi dan kondisi saat ini, dimana semua masyarakat tengah melakukan upaya Physical Distancing seperti yang dihimbau pemerintah maka banyak beberapa umkm yang harus menghadapi kesulitan dalam proses jual beli. Untuk Itu anda sebagai pengusaha harus memulai mendekat platform digital seperti onlineshop. Jika sudah anda lakukan selama ini, maka anda hanya perlu lebih gencar lagi memasarkan Produk anda secara online. Penjualan dapat anda lakukan melalui website produk anda atau melalui situs e- commerce yang banyak tersedia. Tentunya disaat seperti ini banyak konsumen yang lebih memanfaatkan media belanja online. Dengan begitu usaha anda dapat terus berjalan. 

mengikuti update dan perkembangan informasi

 Jangan Lupa untuk selalu mengikuti Update dan perkembangan Informasi yang terpercaya. Hal ini penting agar anda selalu dapat menerapkan kebijakan dan srategi untuk Usaha anda dan para pegawai anda. Sebagaimana informasi saat ini dapat dengan mudahnya diakses dimanapun kita berada, maka anda juga harus melakukan keterbukaan informasi kepada para pegawai anda. Dalam keadaan krisis seperti saat ini, upaya untuk berdiskusi dan bekerja sama dengan baik sangat diperlukan demi membangun kelangsungan bisnis yang sedang anda jalankan. 

Demikianlah beberapa tips yang bisa kami bagikan terkait Cara Pengusaha UMKM dalam menghadapi krisis Pandemi Covid 19. Semoga Kita semua dapat terus berkarya dan Masa Krisis Pandemi ini segera berakhir.

Pengusaha UMKM Tahan krisis

ingin pembukuan anda rapi ?

software akuntansi

software akuntansi untuk umkm

Accurate Software merupakan Salah satu Software Akuntansi terbaik di Indonesia. Software Akuntansi Accurate cocok digunakan di segala bidang usaha, Tidak terkecuali pada segmen UMKM. Sudah lebih dari 300.000 Pengusaha menggunkan Accurate Software. Accurate Software telah meraih penghargaan Top Brand selama 5x berturut- turut. Software Accurate dapat menghadirkan solusi yang tepat dan memudahkan Pembukuan bagi pengusaha UMKM.

atau

email : eka.arianti@myabcshop.com