Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Tips Menjalankan Bisnis Jasa Outsourcing Bagi Pengusaha Pemula

Tips Menjalankan Bisnis Jasa Outsourcing Bagi Pengusaha Pemula. Hubungi: Firdaus 081703354372

Jasa outsourcing sudah tidak asing didunia bisnis karena banyaknya permintaan jasa pekerjaan mulailah banyak bermunculan bisnis outsourcing.

Pada dasarnya  outsourcing adalah tindakan yang dilakukan oleh perusahaan ketika mereka menyerahkan beberapa aktivitas pekerjaan kepada pihak lain. Adanya peralihan ini tentunya ada keterikatan perjanjian kerjasama antara kedua belah pihak mana hak dan mana kewajiban dari masing masing pihak.

Bila merujuk pada Undang Undang No. 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan, Outsourcing (Alih Daya) dikenal sebagai penyediaan jasa tenaga kerja seperti yang diatur pada pasal 64, 65 dan 66. Dalam dunia Psikologi Industri, karyawan outsourcing adalah karyawan kontrak yang dipasok dari sebuah perusahaan penyedia jasa tenaga alih daya.

Untuk memulai bisnis outsourcing ini berikut beberapa tips menjalankan bisnis jasa outsourcing bagi pengusaha pemula

Menentukan bisnis kerjanya

Tips Menjalankan Bisnis Jasa Outsourcing Bagi Pengusaha Pemula. Hubungi: Firdaus 081703354372

Pekerjaan outsourcing banyak jenisnya, jadi tentukan sesuai keahlian yang dimiliki misalnya pekerjaan cleaning service, security, call center, kelistrikan dan lain lain.

Jadi bagi pelaku bisnis yang akan menjalankan usaha dibidang outsourcingharus terlebih dahulu menentukan jenis oursourcing apa yang akan dijalankan sesuai dengan keahlian dan kesiapannya.

Kenapa harus sesuai dengan keahlian dan kesiapannya, hal ini dikarenakan banyaknya jenis pekerjaan jasa outsourcing masing masing memiliki pekerjaan dan fungsi nya masing masing. Misalkan security tentunya harus memiliki keahlian dibidang security karena akan berhubungan dengan kelengkapa apa saja yang harus disediakan. Lain lagi dengan cleaning service tentunya berbeda dari kelengkapan dan fungsinya.

Baca Juga : Belajar Bisnis Restoran Dari Film Chef

Jalin relasi yang luas

Relasi tentunya menjadi modal utama bagi penyedia jasa outsourcing terutama berkaitan dengan jasa yang disediakan. Dengan demikian akan memudahkan dalam penyaluran tenaga kerja yang disediakan.

Ada beberapa yang harus diperhatikan dalam hal ini agar dengan mudah mendapatkan client

  1. Sebagai perusahaan penyedia jasa outsourcing harus memiliki kredibilitas yang baik. Kredibilitas disini bisa dari image perusahaan yang baik, membuat website perusahaan yang baik dan atraktif sehingga menjadikan pihak pembaca menjadi tertarik pada bisnisnya. Menyediakan brosur dengancompany profile yang baik, menyediakan call center. Hal ini tentunya akan menjadikan nilai tambah bagi perusahaan penyedia jasa outsourcing.
  2. Dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaannya, dengan jalan mengawasi dan mengamati perusahaan sejenis yang terlebih dahulu berbisnis outsourcing. Hasil hasil pengamatan inilah untuk dijadikan contoh dan perlu adanya inovasi dan modifikasi sehingga membuat berbeda dengan yang lain sebagai nilai tambah dari bisnis yang dijalankan.
  3. Memiliki pemahaman yang lebih atas bisnis yang dijalankan yaitu jasa outsourcing. Dengan demikian akan dapat memberikan nilai tawar yang baik. Tentunya tidak merugikan kedua belah pihak jika sudah terjalin kerjasama dalam jangka waktu yang sudah disepakati.
  4. Dapat memberikan jaminan garansi atas kinerja yang ditawarkan pada pihak client. Lakukan komunikasi dan monitoring secara berkala atas tenaga kerja yang di outsource kan pada client.

Dengan demikian akan menjadikan nilai tambah bagi perusahaan jasa outsourcing, dengan demikian akan terjalin kerjasama yang sama sama menguntungkan kedua belah pihak.

Baca Juga: Kebiasaan Baru Dalam Berbisnis Di Era New Normal

 Rekrutmen tenaga kerja yang tepat

Tips Menjalankan Bisnis Jasa Outsourcing Bagi Pengusaha Pemula. Hubungi: Firdaus 081703354372

Tenaga kerja yang akan disalurkan ada client tentunya menjadi modal utama bagi perusahaan penyedia jasa outsourcing. Karena nilai etika kerja dari tenaga kerja tersebut menjadikan cerminan bagi perusahaan penyedia jasa. Jika kinerja pekerja baik maka akan membawa nama perusahaan jasa juga akan baik, jika kinerja tenaga kerja jelek maka akan membawa nama perusahaan menjadi jelek image didepan client dan tentunya akan sangat merugikan.

Dalam hal ini tentunya pihak perusahaan outsourcing harus melakukan beberapa hal, diantaranya adalah:

  • trening karyawan, baik dalam hal skill keahlian yang dimiliki dan etika dalam bersosialisasi dilingkungan kerja, tentunya juga berkaitan dengan spikologi setiap karyawan harus dibina dengan sebaik mungkin.
  • pelatihan bahasa
  • pelatihan terkait dengan perangkat yang akan digunakan dalam beraktifitas di client
  • dan pelatihan lainnya yangberhubungungan dengan sumber daya manusia

Baca Juga : Meningkatkan Efektifitas Kerja Karyawan Untuk Menunjang Bisnis

Menggunakan Sistem Pembukuan

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwasannya kebutuhan akan sistem pembukuan tentunya sangat dibutuhkan perusahaan pada era sekaran ini, dengan sistem pembukuan yang tepat tentunya akan sangat membantu proses operasional perusahaan secara pembukuan, mulai dari pencatatan biaya biaya operasional, transaksi dengan pihak client, laporan per pekerjaan tiap client, laporan laporan keuangan perusahaan.

Keunggulan menggunkan sistem pembukuan diantaranya adalah :

  • terintegrasinya semua divisi dalam satu koneksi jaringan sehingga pencacatan setiap bagian divisi akan cepat terllihat hasilnya.
  • proses jurnal yang otomatis maka hasil laoran keuangan akan diperoleh secara update realtime.
  • laporan perkontrak kerja dengan client akan mudah dapatkan sehingga dapat dijadikan acuan untuk pengambilan keputusan oleh managemen perusahaan.
  • berkaitan dengan persediaan perangkat kerja maka akan dengan mudah terpantau.
  • dan banyak keuntungan keuntungan lainnya dengan menggunakan sistem pembukuan yang baik.

Baca Juga : Cara Mudah Mengatur Keuangan Perusahaan

Itulah bagaimana Tips Menjalankan Bisnis Jasa Outsourcing Bagi Pengusaha Pemula, dengan artikel ini bisa menjadikan pedoman bagi pebisnis yang akan memulai bisnis jasa outsourcing agar tidak salah dalam melangkah dan mempersiapkan segala hal berkaitan dengan bisnisnya.