Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Tips Menjalankan Bisnis Bahan Bangunan Bagi Pengusaha Pemula

Tips Menjalankan Bisnis Bahan Bangunan Bagi Pengusaha Pemula. Hubungi: Firdus 081703354372

Bisnis toko bahan bangunan atau toko material memiliki peluang pasar yang bagus dan tidak mengenal musim. Dimana saat ini masih terus dibangun degung, rumah rumah baru bahkan renovasi tidak pernah habisnya, keadaan inilah yang menyebabkan kebutuhan akan bahan bangunan terus meningkat seiring bisnis bahan bangunan juga terus bertambah. Bagi siapa saja yang berjiwa bisnis tentunya hal ini akan menjadikan peluang besar

Pada kesempatan ini akan dijelaskan bagaimana tips menjalankan bisnis bahan bangunan bagi pengusaha pemula atau pengusaha yang akan mengembangkan bisnisnya selain bisnis utamanya.

Terdapat beberapa tips yang bisa dijadikan sebagai acuan untuk memulai bisnis bahan bangunan, yaitu

Menentukan lokasi bisnis

 

Tips Menjalankan Bisnis Bahan Bangunan Bagi Pengusaha Pemula. Hubungi: Firdus 081703354372

Pemilihan lokasi yang tepat merupakan peranan yang sangat penting bagi bisnis bahan bangunan. Lokasi yang tepat dalam menentukan posisi letak bisnis adalah dipusat bisnis, misal seperti di daerah pasar, pusat kota dan tentunya dibutuhkan area yang cukup luas.

Pemilihan atempat yang luas ini berkaitan dengan bahan bangunan yang dijual seperti pasir, bata, paving dan peralatan kebutuhan lainnya yang mengharuskan menyediakan tempat yang luar. Selain itu juga untuk parkir kendaraan pengunjung dan kendaraan operasional untuk mengangkut bahan ke pelanggan.

Terlebih memungkinkanagi jika lokasinya adalah dipinggir jalan jadi memudahkan akses bagi pelanggan untuk berbelanja ditempat anda.

Baca Juga: Yang harus dihindari dalam berbisnis bagi pengusaha pemula

Fasilitas yang lengkap

Tips Menjalankan Bisnis Bahan Bangunan Bagi Pengusaha Pemula. Hubungi: Firdus 081703354372

 

Fasilitas merupakan hal yang sangat penting bagi tempat bahan bangunan, misalkan tempat parkir. Dengan adanya tempat parkir yang luas tidakakan mengganggu aktifitas pelanggan untuk keluar masuk ke lokasi toko, dan juga adanya parkir untuk bongkar muat baik dari supplier ataupun untuk pengiriman ke pelanggan.

Selain tempat parkir tentunya adanya fasilitas tempat untuk istirahat sejenak sambil menunggu keluarga belanja yang lain belanja sebagian lagi menunggu di ruang tunggu atau sekedar tempat istirahat bagi sopir angkutan barang.

Dan yang menjadi keperluan utama adanya fasilitas kamar kecil karena kebutuhan tersebut tidak bisa ditunda bagi siapapun untuk segera menuju toilet umum yang disediakan.

Dengan adanya fasilitas yang lengkap dan bersih dari pemilik usaha toko bahan bangunan tentunya akan memanjakan pelanggan dan membuatnya merasa diperhatikan sehingga akan senantiasa kembali jika membutuhkan bahan bahan bangunan.

Baca Juga : Cara Mencegah Terjadinya Kecurangan Dalam Bisnis Anda

Harga terjangkau

Tips Menjalankan Bisnis Bahan Bangunan Bagi Pengusaha Pemula. Hubungi: Firdus 081703354372

Harga murah dan terjangkau tentunya akan menjadi pilihan pelanggan toko bahan bangunan. Pelanggan membangaun rumah atau renovasi tentunya sudah mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, maka dengan harga yang terjangkau maka akan dicari oleh pelanggan toko bahan bangunan, selisih sedikitpun akan mencari harga yang lebih murah.

Karena tidak bisa dipungkiri bahwasannya pelanggan pastiakan mencari harga yang lebih murah dan terjangkau, jika harga terlampau mahal maka akan sepi pelanggan dan akan merugi

Hal ini tentunya pelaku bisnis harus mencari pemasok supplier yang berani membaerikan harga murah sehingga dapat memberikan harga yang terjanggkau juga pada pelanggan. Persaingan anatar pengusaha bahan bangunan akan menjadi faktor utama dalam hal harga jual, jadi harus peka dalam menentukan harga jual.

Baca Juga: Persiapkan Pembukuan Awal Untuk Memulai Bisnis Anda

Barang tersedia lengkap

Tips Menjalankan Bisnis Bahan Bangunan Bagi Pengusaha Pemula. Hubungi: Firdus 081703354372

Dalam pekerjaan pembangunan atau renovasi gedung atau rumah pasti membutuhkan bermacam macam keperluan bahan yang harus disediakan. Semakin lengkap barang yang dijual di toko bahan bangunan akan semakin banyak peluang terjadinya penjualan, karena pelanggan yang sudah belanja tidak akan berpindah ke toko lain karena bagi pelanggan akan lebih afektif jika belanja disatu toko semua sudah tersedia, jika tidak lengkapnya barang yang dijual akan pindah ke toko bahan bangunan lainnya.

Semakin lengkap barang yang tersedia maka akan menjadi daya tarik tersendiri, pelanggan akan selalu ingat untuk kembali lagi berbelanja di toko anda dan tentunya toko anda akan semakin ramai.

Namun kelengkapan bahan bangunan ini tentunya melihat modal yang dimiliki karena  modal untuk membuka bisnis bahan bangunan tidaklah sedikit.

Baca Juga: Kontrol persediaan barang dagang dalam perusahaan

Supplier toko bahan bangunan

Tips Menjalankan Bisnis Bahan Bangunan Bagi Pengusaha Pemula. Hubungi: Firdus 081703354372

Sebelum memulai bisnis toko bahan bangunan tentunya pelaku bisnis sudah mensurvei akan kebutuhan barang apa saja yang akan mengisi tokonya, tentunya memilih supplier yang memiliki reputasi yang baik dan bisa dipercaya. Selain itu juga meminta masukan pada orang terdekat atau orang kepercayaan untuk mencari tahu informasi supplier bahan bangunan yang baik dan tentunya harganya lebih murah.

Untuk memasarkan secara luas toko bahan bangunan sebaiknya pelaku bisnisjuga menjalin relasi dan kerjasama yang baik dengan para kontraktor dan juga beberapa mandor, karena dari merekajuga bisa mendatangkan pesanan untuk menjadi penjualan.

Baca Juga: Hal Penting Dalam Mengelola Persediaan Barang Dagang Retail

Promosikan toko

Tips Menjalankan Bisnis Bahan Bangunan Bagi Pengusaha Pemula. Hubungi: Firdus 081703354372

Bagi toko yang baru bangun harusnya gencar dalam melakukan promosi baik secara nyata maupun melalui media sosial yang lagi banyak diminati.

Promo secara nyata disini bisa dilakukan dengan cara memasang benner benner di sepanjang jalan dan di toko mengenai keberadaan toko dan sekilas info produk.

Selain itu juga bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan toko serta produk produk yang dijual di toko anda dan memaksimalkan website untuk dapat dilihat profil perusahaan dan produk yang tersedia.

Promo dibuat semenarik mungkin agar pelanggan merasa terpanggil untuk berbelanjadi toko anda, Selain itu juga bisa dilakukan disaat grand opening toko bahan bangunan berikan fasilitas diskon untuk menyenangkan pelanggan untuk berbelanja ditoko anda.

Kejujuran kualitas produk

Tips Menjalankan Bisnis Bahan Bangunan Bagi Pengusaha Pemula. Hubungi: Firdus 081703354372

Semua sudah pasti tahu bahwasannya ada beberapa produk di toko bahan bangunan yang memiliki kwalitas yang berbeda beda, misalkan seperti keramik, besi, pipa dan lainnya memiliki biaya produksi yang berbeda sehingga mempengaruhi kualitas bahan yang berbeda.

Terkait kualitas atas barang ini harus benar benar disampaikan kepada pelanggan mana barang yang emiliki kualitas baik, barang yang memiliki kualitas kurang baik. Jadi biarkan pihak pelanggan sendiri yang menentukan pilihannya yang tentunya akan memiliki pertimbangan sendiri.

Baca Juga : Manfaat Minimum Stok Persediaan Bagi Perusahaan Dagang

 

 

Gunakan sistem pembukuan

Tips Menjalankan Bisnis Bahan Bangunan Bagi Pengusaha Pemula. Hubungi: Firdus 081703354372

Tentunya semakin kompleks suatu alur proses kerja suatu perusahaan maka akan semakin besar terjadinya resiko yang berakibat fatal terhadap alur kerja perusahaan. Dimana juga dibutuhkannya informasi yang selalu update dan saling terintegrasi antar bagian.

Oleh karena itu bagi pelaku bisnis yang baru terjun didunia usaha khususnya bisnis toko bahan bangunan maka gunakanlah sistem pembukuan yang terbaik sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Karena tujuan dari adanya sistem pembukuan disini adalah untuk mencatat semua proses transaksi yang terjadi, mulai dari keluar masuknya keuangan perusahaan baik itu melalui transaksi pembelian, penjualan ataupun biaya biaya.

Dengan adanya sistem pembukuan maka akan diketahui secara cepat keadaan keuangan perusahaan, laba/rugi perusahaan dan laporan laporan lainnya yang dapat dipakai untuk pengambilan keputusan penting.

Berkaitan dengan sistem yang akan digunakan tentunya juga harus disiapkan juga perangkat untuk menunjang sistem yang akan diaplikasikan diperusahaan, yaitu hardware atau perangkat komputer serta perangkat jaringan akan bisa terkoneksi dengan baik dan lancar antar divisinya.

Baca Juga : Persiapan Awal Bagi Pebisnis Sebelum Pakai Software Akuntansi

 

Itulah bagaimana tips menjalankan bisnis bahan bangunan bagi pengusaha pemula, dengan adanya artikel ini diharapkan bisa menjadi masukanbagi pelaku bisnis terutama pebisnis pemula dalam menentukan pilihan bisnisnya yaitu toko bahan bangunan. Tips menjalankan bisnis bahan bangunan bagi pengusaha pemula merupakan cara berbisnis yang baik. Meskipun saat ini bisnis yang dijalankan masih bersakala kecil, suatu saat akan menjadi bisnis yang berskala besar jika dari awal sudah dikelola dengan baik.