Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

TIPS MENGHADAPI KRISIS UNTUK UMKM

TIPS MENGHADAPI KRISIS UNTUK UMKM — Penting sekali bagi perusahaan khususnya bagi yang baru saja mendirikan usaha dalam mengelola keuangannya. Namun, satu hal yang pasti terjadi yaitu terdapat krisis yang bisa saja membuat usaha atau suatu perusahaan menjadi kolaps atau bangkrut. Guna menghadapi segala kemungkinan dari situasi tersebut, kita perlu menata ulang keuangan perusahaan atau usaha kita. Jangan sampai kita kesulitan saat krisis terjadi. Ada beberapa tips yang mungkin bisa anda terapkan dalam perusahaan atau usaha anda, berikut adalah tips-tips yang mungkin bisa membantu anda keluar dari krisis keuangan perusahaan :

TIPS MENGHADAPI KRISIS UNTUK UMKM

Jangan putus asa, jangan kehilangan kepercayaan pada diri sendiri dan jangan meragukan diri sendiri. Teruslah percaya dan berusaha bahwa usaha anda akan bangkit kembali. Prinsip utama yang harus dipegang oleh seorang pengusaha adalah berapa kalipun jatuh mereka akan terus berupaya bangun kembali hingga suatu saat mencapat target mereka. Upayakan yang terbaik dan selalu optimis, itu adalah kunci kesuksesan.

Menyimpan tabungan. Salah satu penyakit yang membuat banyak usaha menjadi kolaps dan akhirnya bangkrut adalah mereka tidak menyimpan banyak tabungan sehingga ketika akhirnya terjadi suatu krisis, mereka tidak bisa bertahan dengan lama. Hal yang tak kalah penting adalah memiliki surplus untuk menjaga suatu usaha, sehingga ketika jatuh mereka dapat bangkit kembali.

Lunasi utang secepat mungkin. Tidak ada usaha yang tidak memiliki utang. Namun penting untuk anda ketahui pula bahwa utang yang terlalu banyak juga tidak terlalu baik untuk kesehatan keuangan perusahaan anda. Lunasi utang yang anda miliki untuk melindungi perusahaan anda dengan segala cara namun dengan langkah yang tepat dan strategis. Lunasi utang yang berpotensi merugikan anda dan menjerumuskan anda ke jurang yang lebih dalam.

Gunakan situasi yang saat ini sedang terjadi sebagai kesempatan untuk mempertajam keterampilan atau untuk menjelajahi daerah baru. Misalnya saat ini anda menjual barang yang cukup sulit untuk dijual ke pasaran. Anda bisa berpikir untuk membuat usaha baru yang mungkin bisa laku di pasaran. Jangan hanya terpaku pada satu jenis usaha. Jika usaha yang satu mengalami krisis, anda bisa menyelamatkan usaha anda yang lain. Jangan tinggal diam dan carilah kesempatan yang ada untuk membuat usaha anda menjadi lebih fleksibel. Sehingga ketika diterpa angin kencang pun usaha anda tidak akan mudah tumbang.

Tinjau anggaran yang anda miliki. Namun dengan cara yang efektik dan bijaksana. Selalu ada beberapa cara untuk mengurangi pengeluaran yang tidak begitu diperlukan. Periksalah dengan seksama pendapatan dan pengeluaran usaha anda, dengan begitu anda bisa menetapkan prioritas mana yang lebih penting.

TIPS MENGHADAPI KRISIS UNTUK UMKM — Itu tadi adalah beberapa tips jika usaha anda sedang berada dalam kondisi krisis keuangan. Waspada boleh, panik jangan. Semoga tips yang ada dapat membantu anda dalam mengatasi berbagai problem masalah keuangan yang anda miliki saat ini. Keep Strong and Stay Aware…