Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Tips mengatur keuangan perusahaan secara efektif

Tips mengatur keuangan perusahaan secara efektif | Mengelola dan mengatur keuangan adalah salah satu hal penting yang harus di utamakan saat ingin memulai bisnis maupun menjalankan dan mengembangkan bisnis. Mengatur atau mengelola keuangan usaha dan bisnis secara efektif merupakan sebuah metode untuk menjaga laju atau aliran dana perusahaan agar tidak terjadi kebocoran yang berujung kerugian finansial. mengatur dan mengelola keuangan usaha sangat berbeda cara pengaturannya dengan mengelola keuangan pribadi.

dalam artikel ini Anda sebagai pemilik bisnis yang mungkin memiliki kendala dalam mengelola dan mengatur keuangan usaha atau pemilik bisnis yang baru saja terjun ke dunia bisnis dapat memberikan informasi bagaimana Tips mengatur dan mengelola keuangan perusahaan secara efektif,efisien dan optimal

Tips mengatur keuangan perusahaan secara efektif

  • Pisahkan Keuangan Pribadi dan Perusahaan

langkah awal Anda adalah memisahkan secara fisik uang usaha dan uang pribadi Anda. Jika perlu siapkan dua metode penyimpanan uang yang berbeda, sebaiknya Anda membuat 2 rekening berbeda untuk keperluan bisnis dan pribadi. Poin penting dalam metode ini adalah kedisplinan dan komitmen. Kesalahan fundamental yang sering dilakukan oleh pemilik bisnis terutama usaha kecil menengah atau jenis usaha kecil lainnya dimana mereka menganggap uang usaha tidak berbeda denga keuangan pribati sehingga selalu dicampur jadi satu.

  • Memastikan Perhitungan Profit yang Benar

hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menentukan berapa persen uang yang dialokasikan untuk operasional bisnis, berapa persen target laba ( profit) yang ingin dicapai, berapa persen uang untuk cadangan kas bisnis, serta berapa persen uang untuk pengembangan bisnis

  • Rencanakan dengan baik penggunaan Uang

dalam penggunaan uang Usahakan untuk menyesuaikan rencana pengeluaran dengan target penjualan dan penerimaan kas. Sebaiknya Anda menunda rencana belanja modal jika tidak memberikan manfaat dalam meningkatkan penjualan atau menurunkan biaya. Jangan lupa selalu lakukan analisa “cost and benefit” untuk menyakinkan bahwa penggunaan uang tidak bakal sia-sia dan memberikan return(hasil) yang menguntungkan dan meningkatkan profit usaha.

  • Rutin mengontrol pengeluaran perusahaan

apakah di dalam operasional perusahaan mengeluarkan uang dalam jumlah kecil, tapi dalam frekuensi yang cukup sering? jika hal demikian terjadi harus mulai memperhatikan pengeluaran perusahaan, apakah penting atau tidak. Pengeluaran membeli bahan baku, operasional, pemasaran dan sebagainya harus ditetapkan seberapa besar biaya yang harus dikeluarkan setiap bulan. Jika tidak mengontrol pengeluaran secara benar dan tertib maka tidak terasa pemborosan akan terjadi di perusahaan Anda.

  • Lakukan Perputaran pada Kas secara Efektif

Dalam berbisnis anda harus cermat melakukan perputaran kas secara efektif terutama mengelola keuangan usaha yang berhubungan dengan hutang, piutang dan persediaan. Banyak bisnis yang mengalami kesulitan meskipun secara pencatatan akuntansi hasilnya baik. Coba Anda evaluasi kembali lagi perputaran kas. Apabila perputaran kas melambat jika waktu penjualan kredit Anda lebih lama dibandingkan pembelian dalam jumlah besar, atau jika Anda harus menyimpan persediaan barang dagangan. usahakan dalam melakukan penjualan kredit tidak memberikan tempo yang lama

  • Kontrol Aset, Hutang dan Kondisi Modal

periksa secara berkala persediaan di gudang dan memastikan semuanya dalam keadaan lengkap dan baik. perhatikan dan periksa jugaterhadap piutang-piutang kepada pembeli dan tagihan dari supplier.

  • Membuat Pembukuan Keuangan

Pembukuan penting dilakukan untuk mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran perusahaan. Pembukuan ini dilakukan setiap hari agar dapat mengetahui keadaan keuangan perusahaan yang sesungguhnya. Tidak hanya pengeluaran dan pemasukan, tetapi juga catatan utang piutang. Misal, jika Anda ingin melihat omset yang ada pada perusahaan Anda, Anda tinggal buka pembukuan keuangan perusahaan dan lakukan analisis keuangan perusahaan dan dapat melakukan pengembangan bisnis

untuk mempermudah pembukuan dengan lebih rapi efektif dan efesien dibutuhkan alat bantu bernama Software akuntansi. Dengan adanya Software Akuntansi maka Pengusaha tidak perlu repot-repot lagi menghitung laba rugi perusahaan per bulannya, atau pencatatan pembukuan untuk pajak. Kehadiran software akuntansi perusahaan dapat membantu perusahaan untuk mengurangi kegiatan administrasi hingga 80%.

PEMBUKUAN BISNIS LEBIH MUDAH DAN RAPI MENGGUNAKAN SOFTWARE AKUNTANSI KLIK DISINI

TIPS DAN KRITERIA MEMILIH SOFTWARE AKUNTANSI UNTUK BISNIS ANDA KLIK DISINI

Ingin tahu bagaimana Software Akuntansi dapat membantu meningkatkan performa kinerja bisnis Anda ?

Untuk mendapatkan Informasi Lengkap mengenai Software Akuntansi, Silahkan Hubungi

BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT :