Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Tips Mencegah Terjadinya Piutang Tak Tertagih Dengan Mudah

Tips Mencegah Terjadinya Piutang Tak Tertagih Dengan Mudah. Hubungi : Firdaus 081703354372

Tips mencegah terjadinya piutang tak tertagih dengan mudah.

Dalam menjalankan bisnis pasti akan berhadapan dengan piutang dagang. Piutang merupakan unsur dari aktiva lancar yang terjadi akibat adanya penjualan barang, jasa atau pemberian kredit pada seseorang. Dengan metode pembayaran sesuai kesepakatan antara perusahaan dengan pihak pelanggan atau kreditur.

Bagi pemilik usaha dalam mengelola piutang dagang terdapat 2 hal yang paling ingin dihindari tanpa terkecuali, yaitu :

  1. Piutang tak tertagih
  2. Piutang lewat jatuh tempo

Akibat piutang yang tidak tertagih inilah mengakibatkan meningkatnya investasi untuk kebutuhan operasional perusahaan akibat tidak tertagihnya piutang beredar.

Pada kesempatan artikel kali ini akan diuraikan bagaimana cara menghindari piutang tak tertagih, yaitu :

Kebijakan kredit yang ketat 

Dalam menerbitkan faktur penjualan diterapkan kredit yang ketat terutama pelanggan yang sudah tahu kredibilitasnya terutama bagi yang susah dalam pembayaran. Kebijakan ini bisa berupa jatuh tempo yang tidak terlalu lama dan juga pembatasan kredit limit yang tidak terlampau tinggi atas nilai piutangnya.

Dengan kebijakan yang ketat ini akan membuat pelanggan berpikir 2 kali jika akan berhutang atau membeli secara kredit jika kebijakan yang dibuat sudah sangat pas.

Lakukan follow up secara intensif

Dalam mengahadapi piutang tak tertagihyang wajib dilakukan oleh perusahaan adalah dengan melakukan folllow up. Pertama melakukan follow up dengan cara menghubungi pihak pelanggan dengan intens namun tetap dengan cara sopan. Cara kedua adalah dengan mendatangi langsung ke pelanggannya jika sudah terlalu lama piutang belum terbayar.

Terapkan denda

Diawal transaksi harus sudah disampaikan kebijakan denda atas keterlambatan pembayaran piutang dengan perhitungan yang sudah disetujui oleh pihak pelanggan. Dengan kebijakan yang disampaikan sebelum transaksi maka pihak pelanggan akan berusaha untuk membayar piutang dengan ketentuan yang sudah disepakati. Dengan demikian akan membantu meringankan penagihan karena pihak pelanggannya sendiri tentunya sudah pasti ingat dengan aturan denda jika pembayaran piutangnya sampai terlambat.

Lakukan penagihan secara agresif

Jika follow up masih belum membuahkan hasil langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan penagihan secara agresif. Dalam penagihan pastikan dilengkapi dengan invoice rekap tagihan dan kelengkapan lainnya atas tagihan yang masih belum terbayar. Pastikan penagihan tetap dilakukan dengan teratur dan sopan agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Itulah Tips mencegah terjadinya piutang tak tertagih dengan mudah, dengan demikian diharaokan dapat membantu para pelaku bisnis untuk setidaknya dapat menghindari sejak dini terjadinya piutang tak tertagih jangan sampai terjadi kredit macet yang tentunya akan merugikan pihak perusahaan.

Baca Juga Artikel Berikut :

  1. Jurnal Autoposting Merupakan Keuanggulan Accurate Versi 5
  2. Laporan Di Accurate Software Mencegah Omset Terjun Bebas
  3. Belajar Bisnis dari Film Chef
  4. Kontrol Persediaan Barang Dagang dalam Perusahaan
  5. Yang Harus Dihindari Pengusaha Pemula dalam Berbisnis
  6. Cara Mencegah Terjadinya Kecurangan dalam Bisnis Anda
  7. Kapan saatnya Perusahaan Butuh Software Akuntansi