Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Tips Memulai Bisnis SPBU Pertamina Secara Resmi

Tips Memulai Bisnis SPBU Pertamina Secara Resmi. Hubungi: Firdaus 08170335472

Memiliki bisnis stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) merupakan prospek bisnis yang sangat menjanjikan, dengan bekerja sama dengan pihak pertamina untuk menjadi partner bisnisnya. Pertamina menargetkan setiap tahunnya ada penambahan SPBU untuk menjaring lebih banyak pelanggan segela penjuru pelosok di Indonesia, tidak hanya diperkotaan namun juga di pelosok dan perairan.

Untuk menjadi mitra pertamina memang tidak mudah banyak persyaratan yang harus dilengkapi. Pada artikel kali ini akan dijelaskan tips bagaimana memulai bisnis stasiun pengisian bahan bakar umum SPBU.

Tips memulai bisnis SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum)

Menentukan jenis kerjasamanya

Dalam bisnis SPBU ada beberapa jenis kerjasama yang ditawarkan oleh pihak pertamina

  1. CODO (Company Owned Dealer Operated). Kerjasama dengan pihak PT.Pertamina dengan memanfaatkan lahan yang dimiliki oleh pihak tertentu untuk dibangun sebuah SPBU.
  2. DODO (Dealer Owned Dealer Operated). Jenis kerjasama yang semua lokasi dan SPBU dikelola oleh perorangan calon mitra.

Pendaftaran

Untuk pendaftaran menjadi mitra kerjasama dengan pertamina tentunya ada beberapa prosedur yang harus dilengkapi

  1. Calon mitra harus memiliki badan usaha  yang memiliki kekuatan hukum.
  2. Calon mitra harus melengkapi persyaratan seperti KTP asli, NWP, akte pendirian perusahaan, rekening koran tabungan, deposito untuk melengkapi formulir pendaftaran.
  3. alon mitra juga harus melengkapi juga dengan dokumen pendukung seperti sertifikat HGB atas nama badan usaha, pemilik usaha, akte jual beli lahan, dan  dokumen dokumen pelengkap lainnya.

Tips Memulai Bisnis SPBU Pertamina Secara Resmi. Hubungi: Firdaus 081703354372

Baca juga : Tips membangun sistem autopilot agar bisnis terus berkembang

Sarana dan prasarana

  • Sarana pemadam kebakaran. Kelengkapan alat pemadam kebakaran merupakan syarat utama yang harus ada dilokasi stasiun pengisian bahan bakar umum, hal ini bertujuan untuk mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan disekitar SPBU.
  • Sarana perlindungan lingkungan. Hal ini juga harus tersedia dilokasi SPBU seperti penampungan pengolahan limbah sisa minyak ceceran solar atau premium.
  • Instalasi sumur pantau. Hal ini bertujuan untuk memantau polusi air dan tanah disekitar SPBU akibat operasional pengisian bahan bakar.
  • Sistem keamananMemiliki pipa ventilasi tangki pendam, seperti memiliki ground point/strip tahan karat, memiliki dinding pembatas/pagar pengaman, terdapat rambu-rambu tanda peringatan.
  • Sistempencahanaan. Hal ini bertujuan untuk pencahaan yang cukup sekitar area lokasi SPBU untuk dan mudah dilihat oleh pengendara.
  • Fasilitas umum. Fasilitas ini diantaranya toilet, musholla, lahan parkir, instalasi listrik dan air yang memadai. Karena SPBU bisa juga dijadikan sebagai tempat istirahat bagi pengendara yang dalam perjalanan jauh. Jika perlu juga difasilitasi dengan minimarket.

 Tips Memulai Bisnis SPBU Pertamina Secara Resmi. Hubungi: Firdaus 081703354372

  • Rambu rambu standart pertamina. Seperti dilarang merokok, jagalah kebersihan, dilarang menggunakan seluler, tata cara penggunaan alat pemadam kebaran, rambu masuk dan keluar.

Baca juga : 5 tips dalam berbisnis agar omset tetap aman

Bangunan standart pertamina

Untuk rencana pembangunan stasiun pengisian bahan bakar umum haruslah sesuai standart yang sudah ditetapkan oleh pihak pertamina, karena itulah dianjurkan untuk menggunakan tenaga ahli atau konsultan konstruksi SPBU.

Tips Memulai Bisnis SPBU Pertamina Secara Resmi. Hubungi: Firdaus 081703354372

Baca juga : Keuangan Pribadi VS Keuangan Perusahaan Dalam Bisnis

Tentukan lokasi

Untuk membangun sebuah SPBU, minimal luas lahan bergantung dari letak lahan yang akan digunakan untuk sebuah SPBU. Jika lahan yang akan digunakan membangunSPBU tersebut ada di jalan utama atau besar, maka luas lahan yang dibutuhkan setidaknya 1800 m². Sementara untuk akses jalan lokal, maka lahan yang dibutuhkan minimal 1000 m². SPBU sendiri terdiri dari 3 jenis yakni tipe A, tipe B dan juga Tipe C. Untuk klasifikasi selengkapnya bisa dilihat berikut ini.

Tipe A

  1. Luas minimum [m²]: 1800
  2. Lebar muka minimum [M]: 20
  3. Lebar samping minimum [M]: 90
  4. Perkiraan volume penjualan: >35 KL

Tipe B

  1. Luas minimum [m²]: 1500
  2. Lebar muka minimum [M]: 20
  3. Lebar samping minimum [M]: 75
  4. Perkiraan volume penjualan: >25 KL sampai dengan 35 KL

Tipe C

  1. Luas minimum [m²]: 1500
  2. Lebar muka minimum [M]: 20
  3. Lebar samping minimum [M]: 65
  4. Perkiraan volume penjualan: >20 KL sampai dengam 25 KL
  5. Persyaratan Bangunan Standar SPBU

Tips Memulai Bisnis SPBU Pertamina Secara Resmi. Hubungi: Firdaus 081703354372

Baca juga : Meningkatkan Efektifitas Kerja Keryawan Untuk Menunjang Bisnis

Modal awal

Tentunya modal untuk berbisnis stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) ini tidaklah sedikit, dibutuhkan modal yang sangat besar untuk memulai bisnis SPBU mulai dari awal perencanaan hingga operasioanal pertama pasti membutuhkan modal besar. Modal yang dibutuhkan kisaran Rp.5-8 miliar. Dan membutuhkan waktu sekitar 6-12 tahun untuk mengembalikan modal investasi.

Persiapkan sistem pembukuan

Sistem pembukuan sangatlah berguna bagi sebuah perusahaan, dimana pembukuan disini berfungsi sebagai pencatatan operasional perusahaan, sehingga menghasilkan laporan laporan keuangan. Karena dengan adanya laporan keuangan perusahaan maka akan bisa dijadikan sebagai bahan analisa mengenai pertumbuhan bisnis yang dijalankan sampai sejauh mana. Dan juga dengan adanya laporan keuangan bisa dijadikan sebagai bukti kegiatan pada direksi, pemilik saham atau pihak pertamina sebagai rekanan kerja. Karena dibutuhkan modal yang besar tentunya bisnis SPBU merupakan gabungan  atau joint yang terdiri dari beberapa rekanan kerja, karena itulah laporan keuangan sangatlah dibutuhkan sebagai pertanggungjawaban atas operasional perusahaan SPBU.

Tips Memulai Bisnis SPBU Pertamina Secara Resmi. Hubungi: Firdaus 081703354372

Baca juga : Pentingnya laporan keuangan dalam berbisnis bagi pengusaha

Itulah gambaran singkat mengenai tips menjalankan bisnis stasiun pengisian bahan bakat umum (SPBU). Semoga artikel ini bisa dijadikan sebagai dasar acuan sebelum menjalankan bisnis SPBU. Ciri ciri usaha yang baik adalah mengikuti semua persyaratan yang dibutuhkan untuk membangun sebuah usaha.