Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Tips Mempersiapkan Pembukuan Sederhana Pada Awal Usaha

Tips Persiapan Pembukuan

Tips Mempersiapkan Pembukuan Sederhana | Pembukuan Merupakan Proses Pencatatan transaksi yang berkaitan dengan keuangan. Pembukuan di suatu bisnis sangat penting baik itu di bisnis kecil, menengah maupun bisnis yang sudah besar. Dengan adanya pembukuan anda dapat mengetahui dengan pasti Progress dari Bisnis yang sedang anda jalani. 

Berikut adalah Beberapa manfaat dari pembukuan keuangan adalah:

  1. Dapat meminimalisir risiko kehilangan produk, aset, dan juga uang.
  2. Dapat mengetahui Posisi keuangan dengan Pasti
  3. Bisa mengetahui besarnya piutang dan hutang
  4. Bisa mengontrol biaya akibat operasional bisnis 
  5. Dapat membuat perencanaan anggaran lebih tepat dikemudian hari 
Dibawah ini adalah Tips Persiapan Pembukuan awal bagi Pengusaha pemula. 

Tips Persiapan Pembukuan awal bagi Pengusaha pemula

Mencatat Pengeluaran 

Anda perlu mempersiapkan buku khusus untuk mencatat setiap pengeluaran dana usaha anda. Pengeluaran tersebut termasuk pengeluaran yang berkaitan dengan pembelian bahan baku, barang, maupun pembayaran atas biaya- biaya operasional . Selain mencatat Setiap Pengeluaran anda juga perlu untuk menyimpan bukti transaksi yang berhubungan pengeluaran biaya atau uang anda setiap harinya. 

Mencatat Pemasukkan 

Hampir sama dengan sebelumnya, Pemasukkan uang juga harus anda catat setiap harinya. Pemasukkan ini berhubungan penerimaan dana baik itu dari penjualan produk usaha anda maupun Penerimaan lain- lain. Serta jangan lupa juga untuk menyimpan setiap nota dan struk yang anda berikan kepada customer anda untuk kepentingan dokumentasi. 

Mencatat Kas keluar masuk 

setelah anda mencatat Pengeluaran dan Pemasukkan dana usaha anda maka kali ini anda perlu menggabungkan keduanya menjadi sebuah informasi arus kas. Data ini berkaitan dengan pembayaran dan penerimaan yang harus anda catat dengan urutan yang sistematis berdasarkan tanggal transaksi. Catatan ini brtujuan agar anda mengetahui pasti Sisa dana yang ada dan mengukur kondisi keuangan bisnis anda. 

Mencatat Persediaan 

Jika Bisnis anda bergerak dibidang perdagangan, distribusi atau bahkan prosuksi barang, Jelas anda tidak boleh melupakan Pencatatan Stock. Karena hal ini sangat penting. Mencatat Mutasi barang keluar masuk, kuantitas produk dan bahan baku dan lain sebagainya harus anda catat dengan jelas. Selain itu anda juga perlu melakukan stock opname rutin agar tidak terdapat selisih stock. dan jikapun ada, anda dapat langsung mengupdate informasi stock tersebut melalui pencatatan stock tersebut.

Mencatat Inventaris kantor 

Terkadang anda membeli barang- barang untuk keperluan perlengkapan dan peralatan kantor anda. Ini juga perlu anda catat. Agar anda dapat mengetahui Pasti Inventaris anda dan dapat menjaga nilai barang – barang anda sebagai asset tetap di usaha anda. 

Membuat laporan Laba rugi 

Laporan laba Rugi merupakan salah satu laporan keuangan utama yang paling sederhana bisa anda buat setelah anda mencatat segala Pengeluaran dan Penerimaan di bisnis anda. Laporan Laba Rugi sangat penting untuk mengetahui apakah usaha anda mengalami keuntungan atau malah sebaliknya. Jika anda mengetahui dengan pasti melalui laporan ini, maka anda dapat mengambil Keputusan dan kebijakan usaha dengan Tepat. 

Demikianlah artikel tentang Tips Mempersiapkan Pembukuan Sederhana, Semoga Bermanfaat dan dapat menginspirasi. Sampai Jumpa di Artikel sebelumnya.