Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Tips Langkah Dasar Memulai Bisnis Beras Bagi Pengusaha Baru

Tips Langkah Dasar Memulai Bisnis Beras Tips Langkah Dasar Memulai Bisnis Beras Bagi Pengusaha Baru Bisnis beras merupakan bisnis yang gampang gampang susah tergantung dari kreatifitas pengelola bisnisnya. Dikatakan gampang karena beras merupakan kebutuhan pokok dan pasti dicari oleh masyarakat terutama disekitar tempat perusahaan berada. Dikatakan susah karena sudah banyak pelaku bisnis beras yang pastinya sudah lebih lama eksis dan sudah memiliki pelanggan setia. Bisnis beras merupakan bisnis yang dibutuhkan oleh pasar karena merupakan kebutuhan pokok pastinya akan dicari dan dibeli berapapun harga yang dijual. Pada artikel kali ini penulis akan memberikan tips bagaimana memulai bisnis beras terutama bagi pengusaha yang baru memulai menjalankan bisnis beras.

Cara memulai bisnis beras menguntungkan

Pemasok beras

Pertama yang harus diperhatikan adalah pemasok beras bagi usaha anda, yangdapat memberikan harga penawaran paling murah dan tentunya beras yang dipasok beras yang bagus, masih baru dan tidak dalam kondisi rusak. Selain itu pihak supplier beras harus bersedia mengirim dan menyediakan beras berkesinambungan dan harus yang berkomitmen bahwasannya jika sampai terjadi kesulitan beras dari petani pihak supplier tetap menyediakan jatah beras untuk kebutuhan uhasa anda. Karena jenis beras bermacam macam maka harus memiliki koneksi dengan supplier beras yang lebih banyak namun dengan konsekuensi anda harus dengan rutin mengambil beras dari supplier tersebut, sehingga pihak supplier akan memberikan nilai plus pada perusahaan anda dan pasokan beras akan terjaga.

Tempat yang stategis

Carilah tempat yang strategis untuk bisnis anda. Untuk bisnis beras lebih carilah lokasi yang mudah dijangkau, mudah diakses salah satunya adalah di dekat pasar, swalayan,, minimarket. Karena kebiasaan Ibu rumah tangga bila berbelanja seringnya selain belanja beras sekalian dengan kebutuhan lainnyanya.

Jenis beras dan harga

Semakin banyak pilihan berasnya maka semakin banyak peluang untuk pasar memilih sesuai kebutuhannya masing masing. Dan saat pasar tidak menemukan jenis beras yang dicari maka ada peluang untuk mennggantinya dengan jenis beras lain yang penting tidak lari ke toko yang lain. Mengenai harga jual beras pihak pengusaha harus terlebih dahulu survei ke toko beras lain yang tokonya ramai pengunjung, setidak nya memberikn harga jual sama dengan toko tersebut. Dan harus pandai dalam memberikan harga jual, dengan sedikit strategi misal setidaknya memberikan harga jual yang lebih murah untung tipis untuk jenis beras yang banyak dicari oleh pasar.

Strategi menjual

Strategi disini perlu adanya improvisasi dari pelaku bisnis sesuaikan dengan kebutuhan pasar, misalkan sediakan beras dengan berbagai kemasan karena tidak semua pelangga kondisi ekonominya sama. Dengan demikian harus disediakan beras dalam berbagai variasi kemasan, misal beras dengan eceran terkadang pelanggan membutuhkan beras hanya dalan kiloan kecil. Sediakan juga untuk beras kemasan 3 kg, 5kg, 10kg, 20kg dan 25kg. Sehingga pelanggan dapat memilih kemasan yang disesuaikan dengan kemampuannya masing masing. Selain itu juga sering dilakukan repacking atas kemasan beras disesuaikan dengan kebijakan anda agar tidak terjadi jenuh atau bosan hanya dengan beras jenis itu itu saja. Jangkau juga untuk bisnis secara online, memanfaatkan sosial media market place untnuk memasarkan beras anda untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Mengingat konsisi saat ini menjelang era new normal dengan keterbatasan aktifitas diluar maka kesempatan pasar juga bisa diperoleh melalui pasar online media sosial marketplace.

Persiapkan program pembukuan

Untuk menunjang kerja bisnis anda terutama dalam kontrol stok, histori persediaan, repacking, distribusi maka diperlukan adanya program untuk menunjang itu semua agar kerja lebih efektif dan efisien.   Demikian artikel kali ini mengenai tips langkah dasar memulai bisnis beras bagi pengusaha baru, diharpkan artikel ini menjadikan inspirasi dan gambaran bagaimana pengusaha baru dalam memulai bisnisnya terutama bisnis jual beras.  

 

Baca Juga Artikel Berikut :

  1. Penerapan Accurate Versi 5 Untuk Pengusaha Beras
  2. Jurnal Autoposting Merupakan Keuanggulan Accurate Versi 5
  3. Laporan Di Accurate Software Mencegah Omset Terjun Bebas
  4. Belajar Bisnis dari Film Chef
  5. Kontrol Persediaan Barang Dagang dalam Perusahaan
  6. Yang Harus Dihindari Pengusaha Pemula dalam Berbisnis
  7. Cara Mencegah Terjadinya Kecurangan dalam Bisnis Anda
  8. Kapan saatnya Perusahaan Butuh Software Akuntansi