Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Tips Budidaya Udang Vaname Mudah Dan Menguntungkan

Tips Budidaya Udang Vaname Mudah Dan Menguntungkan. Hubungi : Firdaus 081703354372

Tips Budidaya Udang Vaname Mudah Dan Menguntungkan

Udang merupakan salah satu komoditas perikanan yang sangat menjanjikan karena bernilai ekonomis tinggi, salah satunya adalah udang vaname. Udang vaname mulai naik trend nya sejak 2001 dimana disaat yang sama budidaya udang windu yang lebih dulu berkembang mulai menurun hasil produksinya akibat kematian udang secara masal sehingga tidak menuckupi akan kebutuhan udang secara nasional.

Udang vaname boleh dikatakan bandel karena memiliki daya tahan tubuh yang kuat bisa tahan hidup di air tawar maupun air payau, baik di dataran rendah ataupun sedang dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat tahan akan beberapa jenis penyakit udang.

Karena kemudahan itulah udang vaname sangat menjanjikan bagi para pelaku bisnis, saat ini sudah melai bermunculan usaha budidaya udang vaname. Peluang pasngsa pasar yang masih sangat terbuka luas mengingat kebutuhan akan udang tidak akan surut. Hal ini ditunjang bahwa udang mengandung omega 3 dan 6, kaya akan kalsium, potasium.

Pada artikel kali ini akan diuraikan bagi para pelaku bisnis bagaimana Tips budidaya udang vaname

Persiapan lokasi budidaya

Tips Budidaya Udang Vaname Mudah Dan Menguntungkan. Hubungi : Firdaus 081703354372

Tentunya untuk budidaya udang vaname harus memiliki lahan yang cukup untuk budidaya udang vaname. Dalam menentukan lokasi ini juga sekaligus menentukan sistem budidaya yang seperti apa yang diinginkan, karena budidaya udang  vaname bisa dibudidayakan dalam petak petak kolam terpal ataupun juga bisa berupa petak tambak. Tentunya akan membutuhkan lokasi yang sangat luas untuk pembudidayaannya baik untuk kolam petak ataupun tambak.

Baca juga : Key Performance Indikator (KPI) Bagi Perusahaan Dagang

Pemberantasan hama

Tips Budidaya Udang Vaname Mudah Dan Menguntungkan. Hubungi : Firdaus 081703354372

Hama dapat memhambat pertumbuhan bibit udangvaname, terutama yang menjadi pesaing dalam mencari pakan alami ataupun hewan yang bisa memakan udang udangkecil, hal ini akan menghambat pertumbuhan udang bahkan akan memundurkan masa panen udang vaname. Jadi sebelum memasukkan bibit udang vaname harusnya terlebih dahulu air dibersihkan dan pemberian pupuk, dan pembersihan tanaman yang berada dipinggiran kolam.

Baca juga : 5 tips dalam berbisnis agar omset tetap aman.

Pengisian Air kolam

Proses pengisian air kolam udang vanamei tentunya harus melalui beberapa proses. Terlebih dahulu air diisi kemudian dibiarkan sekitar 1 sampai 2 minggu tujuannya untuk menghilangkan bau terpal yang baru dipasang dan juga sekaligus membersihkan kolam agar tidak terdapat penyakit yang dapat menghambat pertumbuhan udang.

Setelah itu air lama dikuras bersih dan kembali diisi air tawar baru dan dibiarkan beberapa hari sebelum dilakukan penebaran  bibit udang vaname.

Tips Budidaya Udang Vaname Mudah Dan Menguntungkan. Hubungi : Firdaus 01703354372

Baca juga : Tips membangun sistem autopilot agar bisnis terus berkembang

Pemilihan Bibit Unggul

Pemilihan bibit unggul menjadi faktor utama dalam keberhasilan panen udang vaname, ada beberapa kriteria dalam menentukan bibit udang vaname, diantaranya adalah :

  • Bentuk tubuh panjang dan ramping
  • Ukurannya lebih besar dari bibit lain
  • Memiliki warna tubuh putih yang transparan dan tidak diselimuti lumut
  • Bagian kakinya bersih
  • Gerakannya lincah dan mampu melawan arus
  • Isi ususnya tidak putus
  • Memiliki respon yang baik terhadap gerakan

Baca juga : Meningkatkan Efektifitas Kerja Keryawan Untuk Menunjang Bisnis

Penebaran Bibit

Setelah semua dipersiapkan termasuk kolam dan bibit udang vaname, langkah berikutnya adalah penebaran bibit udang vaname. Ada teknis sebelum bibit ditebarkan ke kolam yaitu, siapkan bibit dalam kantong plastik dan apungkan disisi kolam tujuannya untuk beradaptsi dengan suhu petak kolam. Setelah sekitar 15 menit baru kantong plastik dibuka dan ditebar bibit udang pada petak kolam secara perlahan lahan.

Baca juga : Pentingnya Laporan Laba Rugi Dalam Menjalankan Bisnis

Pemberian Pakan dan Vitamin

Tentunya pakan dan vitamin merupakan kebutuhan utama untuk perkembangan bibit udang, selain plankton yang menjadi pakan utama bibit udang. Pemberian pakan sehari sampai 3 kali, semakin besar umur udang semakin sering pemberian pakan bisa 6 kali dalam sehari.

Pemberian vitamin juga sangat dibutuhkan untuk meningkatkan nafsu makan udang, terutama disaat pergantian kulit. Pemberian vitamin biasanya dicampur langsung dengan pakan yang akan ditebar dikolam.

Baca juga : Hindari 5 kesalahan fatal dalam berbisnis bagi pengusaha pemula

Masa Panen 

Tahap akhir dari proses budidaya udang vaname adalah panen. Panen dalam setahun bisa sampai 2 – 3 kali. Proses panen udang lebih baik dilakukan dimalam hari tujuannya untuk menjaga kwalitas udang.

Berat panen yang laku dipasaran dengan ukuran 15 – 25 gram per ekornya. Adapun cara yang harus dilakukan saat panen udang vaname adalah sebagai berikut :

  • Cuci udang dari lumpur dan sisa makanan yang menempel di badan.
  • Sortir udang vaname berdasarkan ukuran.
  • Timbang berat udang (semakin berat dan besar semakin mahal).
  • Masukkan udang ke dalam boks container yang sudah diisi dengan es agar selalu segar.

Baca juga : Beberapa kegiatan penting sering diabaikan pengusaha

Strategi pemasaran

Setelah proses panen selesai baru dilakukan proses pendistribusian untuk pemasarannya. Sebelumnya pihak perusahaan harus terlebih dahulu mencari pasar yang dapat menerima hasil panen udang vaname. Bisa ke pedagang, resto dan lainnya. Karena udang merupakan menu favorit yang dapat dibuat dalam berbagai macam menu olahan masakan.

Selain itu juga bisa dibuat menu olahan udang, seperti nugget, sosis udang dan masih banyak lainnya selain itu juga bisa merambah pasar expor karena permintaan akan udang sangat besar dari pasar luar negeri. Tentunya harus melalui beberapa persyaratan untuk bisa menembus pasar global.

Gunakan Sistem Pembukuan

Program Akuntansi Laporan Keuangan

Untuk menunjang semua proses bisnis mulai dari pembibitan, pemberian pakan, hingga panen tentunya akan menimbulkan biaya biaya. Dan setelah panen akan menimbulkan pendapatan bagi perusahaan. Untuk menunjang itu semua maka dibutuhkanlah suatu sistem pembukuan yang dapat memudahkan pihak perusahaan dalam mengelola keuangan baik berupa biaya biaya, pendapatan hingga laporan keuangan. Dimana dengan adanya sistem pembukuan yang baik akan memudahkan bagi perusahaan dalam hal analisa apakah bisnis yang dijalankan menguntungkan atau tidak serta sebagai dasar yang bisa diopen untuk melakukan pinjaman modal atau menjual saham dan sebagainya.

Baca juga : Persiapan Awal Bagi Pebisnis Sebelum Pakai Software Akuntansi

Itulah Tips Budidaya Udang Vaname Mudah Dan Menguntungkan bisa dijadikan pandangan baru bagi para pelaku bisnis untuk mengembangkan bisnisnya atau juga bagi pebisnis pemula. Dengan artikel ini diharapkan dapat menjadi inspirasi dalam mengembangkan bisnis budidaya udang vaname.