Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Tips Bisnis Tambak Udang Bagi Pengusaha Pemula

Tips Bisnis Tambak Udang Bagi Pengusaha Pemula

Tips Bisnis Tambak Udang Bagi Pengusaha Pemula.

Tambak udang mulai banyak dilirik oleh pelaku bisnis, terutama dimasa pandemi covid-19 bisnis udang cukup menjanjikan. Tentunya semua sudah tahu bahwa udang sangat banyak manfaat nya terutama untuk kekebalan tubuh, anti kanker dan banyak mengandung vitamin D, kalsium, lemak omega.

Tentunya untuk konsumsi udang tetap dengan porsi yang tidak berlebihan. Udang memiliki nilai ekonomis yang tinggi sehingga menjadi pilihan bisnis yang sangat menjanjikan dimana udang banyak dijadikan sebagai menu spesial di restoran atau dipasar untuk dikonsumsi oleh ibu untuk kebutuhan dikeluarganya.

Pada kesempatan ini akan jelaskan bagaimana tips untuk bisnis tambak udang terutama bagi pebisnis pemula apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum terjun kedua bisnis tambak udang.

Berikut tips bagaimana memulai bisnis budidaya udang

Tentukan Jenis Udang

Tips Bisnis Tambak Udang Bagi Pengusaha Pemula. Hubungi: Firdaus 81703354372

Ada beberapa jenis udang yang biasa dikelola oleh para petambak udang, kaena ada beberapa jenis udang diantaranya adalah udang windu, udang vannamei dan udang galah.

Jadi para pelaku bisnis harus terlebih dahulu untuk memilih jenis tambak udangnya karena ini akan menentukan terutama dalam lokasi dan proses pengolahanya. Selain itu juga harus mengenal jenis jenis udang yang akan dipilih untuk bisnis tambak udang.

Udang vannamei. Jenis udang dengan proses budidayanya dengan cara tradisional, selain jenis udang yang tahan atas penyakit udang dan memiliki nilai jual yang tinggi dan hanya membutuhkan waktu 110 haru sudah bisa dipanen.

Udang windu. Jenis udang yang memiliki bentuk lebih besar dan banyak dimanfaatkan oleh restoran sebagai menu spesial karena memiliki daging yang lebih besar dan gurih.

Udang galah. Udang jenis ini memiliki harga jual yang sangat tinggi, udang air tawar yang mudah dibudidayakan.

Baca juga: Menyambut era new normal bagi pengusaha

Tentukan lokasi tambak

Tips Bisnis Tambak Udang Bagi Pengusaha Pemula. Hubungi: Firdaus 081703354372

 

Lokasi tentunya melihat dari jenis udang yang akan dibudidayakan, air tawar atau air payau. Kebanyakan tambak yang cocok adalah sekitar pantai atau mendekati pantai, karena tanah pantai memiliki tanah dengan tekstur yang lembut dan berpasir sehingga mudah dipadatkan dan menahan air.

Dalam menentukan lahan tambak ada 3 konsep

  1. Tambak udang tradisional. Proses budidaya yang dilakukan secara tradisional sehingga tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, biasanya untuk jenis udang windu.
  2. Semi intensif. Konsep budidaya udang yang membutuhkan beberapa kolam dengan sirkulasi air keluar dan masuk, petak pembibitan, petak pembesaran.
  3. Tambak modern. Membutuhkan petak tambak yang luas dan memiliki beberapa petak dengan sirkulasi air modern dengan kincir dan tentunya membutuhkan modal yang besar karena diharapkan menghasilkan panen yang berimpah.

Baca juga: Belajar bisnis restoran dari film chef

Mempersiapkan tambak

Tips Bisnis Tambak Udang Bagi Pengusaha Pemula. Hubungi: Firdaus 081703354372

Tambak yang sudah disiapkan untuk budi daya udang tentunya harus melalui beberapa persiapan. Persiapkan tanggul untuk menahan udang tidakmelompat keluar area petak tambak, persiapkan sirkulasi air, dan keperluan keperluan lainnya.

Dan yang tidak kalah pentingnya adalah proses pemukukan tambak sebelum sebelum pelepasan benih mulai dari pembasmi hama yang dapat menjadi pesaing bagi udang dalam mencari pakan alami, pengukuran ph tanah agar tidak melebihi ph standart untuk tambak udang maksimal ph 6.

Baca juga: 5 tips dalam berbisnis agar omset tetap aman

Pemilihan bibit udang atau benur

Tips Bisnis Tambak Udang Bagi Pengusaha Pemula. Hubungi: Firdaus 081703354372

 

 

Penentuan kualitas bibit udang atau biasa dikenal dengan nama benur, sebenarnya harga bibit udang sangat murah semakin tua usia benur akan semakin mahal harganya. Untuk 1 hektar tambak dalam satu petak idealnya berisi 300 ribu ekor benur.

Tentunya pembelian bibit benur harus pada peternak benur yang dapat dipercaya, karena jika tidak mengetahui siapa supplier benurnya dikuatirkan kualitas dalam proses pembibitan benur nya tidak dengan baik maka tentunya akan mempengaruhi bibit dan hasil panennya. Maka haruslah memilih kualtas benur yang baik dan dari supplier terpercaya.

Ciri bibit udang atau benur yang baik adalah:

  • bentuk tubuh panjang dan ramping
  • ukurannya lebih besar dibanding bibit yang lainnya
  • berwarna putih transparan tidak berlumut
  • gerakan lincah dan mampu melawan arus
  • usu tidak putus
  • respon atas adanya gerakan

Baca juga: Meningkatkan Efektifitas Kerja Keryawan Untuk Menunjang Bisnis.

Penyebaran benih

Jika semua sudah siap maka saatnya untuk penyebaran benih ditiap petak yang sudah ditentukan.Tentunya setelah proses penyebaran benih adalahproses pemberian vitamin, pakan alami dan pakan buatan hingga sampai pada waktunya panen.

Tentunya dalam penyebaran bibit ini ada cara teknisnya agar tidak menjadikan bibit atau benur stres saat mulai ditebar ke tambak, diantaranya:

  • masukkan bibit dalam kantong plastik dan dibiarkan sejenak dipinggir kolam
  • apungkan kantong plastik berisi benur dikolam sekitar 15 menit untuk beradaptasi dengan suhu kolam
  • lepas kantong plastik perlahan dan tuangkan benur ke kolam

Tips Bisnis Tambak Udang Bagi Pengusaha Pemula. Hubungi: Firdaus 081703354372

Baca juga: Yang harus dihindari dalam berbisnis bagi pengusaha pemula

Pemberian pakan secara berkala dan vitamin

Selain pakan alamai yang dibutuhkan oleh benur hingga pada usia tertentu baru diberikan pelet, semakin bertambah usia bibit maka akan semakin sering intensitas pemberian pakan peletnya.

Selain pemberian pakan jangan lupa untuk pemberian vitamin secara berkala sesuai dengan isia dari bibit benur, tentunya pemberian vitamin ini akan dicampurkan dengan makan atau bisa juga langsung ditebar pada kolam.

Tips Bisnis Tambak Udang Bagi Pengusaha Pemula. Hubungi: Firdaus 081703354372

Baca juga: Bisnis jadi mudah dengan software akuntansi

Jaringan pemasaran yang luas

 

Tips Bisnis Tambak Udang Bagi Pengusaha Pemula. Hubungi: Firdaus 081703354372

Siap panen budidaya udang sudah bisa dilakukan dihari 100 atau 110, tentunya banyak hal yang perlu dipersiapkan perlengkapannya mulai dari pengurasan air, melakukan penjaringan sampai hasil panen mulai dilakukan pemilahan berdasarkan ukurannya.

Pemisahan tentunya berdasarkan ukuran udang dan berat rata rata udang, semakin berat udang akan mendapatkan harga jual yang tinggi.

Dari hasil panen sudah bisa langsung di distribusikan ke pedagang kecil, pedagang besar, konsumen langsung, atau juga bisa restoran yang sudah memiliki kerja sama dengan perusahaan.

Baca juga: Hindari 5 kesalahan fatal dalam berbisnis

Pengolahan udang

Tips Bisnis Tambak Udang Bagi Pengusaha Pemula. Hubungi: Firdaus 081703354372

Selain dijual langsung udang bisa juga dilakukan pengolahan, tentunya ini bertujuan untuk menaikkan harga jual. Misalnya pengolahandengan udang kupas, udang beku,atau aneka macam olahan udang.

Dengan berinovasi maka akan tercipta olahan udang yang beraneka ragam, tentunya akan meningkatkan omset bagi perusahaan.

Baca juga: Bisnis Frozen Food Tetap Eksis di Masa New Normal 

Gunakan sistem pembukuan

Tips Bisnis Tambak Udang Bagi Pengusaha Pemula. Hubungi: Firdaus 081703354372

Dalam mengelola perusahaan apapun perusahaannya terutama untuk bisnis tambak udang ini alangkah baiknya dari awal sudah dipersiapkan sistem pembukuan untuk menunjang kerja kegiatan operasional perusahaan.

Mulai dari proses pembelian, pembiayaan, proses pembibitan hingga menjadi udang siap jual. Semua akan mudah dilakukan dengan menggunakan sistem pembukuan yang baik.

Dengan demikian akan mempermudah kegiatan pembukuan mulai dari transaksi hingga menghasilkan laporan laporan keuangan sesuai kebutuhan perusahaan. Dengan laporan keuangan yang lengkap maka akan mempermudah perusahaan dalam menganalisa bisnis yang dijalankan sudah baik atau tidak.

Baca juga: Manfaat pembukuan rapi bagi pengusaha UMKM

Itulah penjelasan artikel kali ini mengenai Tips Bisnis Tambak Udang Bagi Pengusaha Pemula. Diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi pelaku bisnis terutama bagi pengusaha pemula untuk menjalankan bisnis budidaya tambak udang.