Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Tips Bisnis Pariwisata Bertahan di Era New Normal

Tips Bisnis Pariwisata Bertahan | Sektor Industri pariwisata menjadi salah satu sektor yang paling terdampak dari adanya pandemi corona. Banyak bisnis terancam tutup akibat adanya pembatasan perjalanan dan pemberlakuan lockdown di banyak negara di dunia. Namun bukan berarti bisnis Pariwisata akan tutup Total. Dengan adanya Era New Normal, Tentu Bisnis Pariwisata juga dapat mengambil Peluang untuk tetap bertahan dan memulai bisnis nya kembali.

bisnis pariwisata

Macam – Macam Bisnis Pariwisata

  • Bisnis Penginapan
  • Bisnis Kuliner
  • Penjualan Souvenir dan Toko Oleh Oleh
  • Bisnis Aktifitas Wisata
  • Travel Agen                         
  • Penyewa Kendaraan dan Tour Guide

Adanya Pandemi global membuat beberapa aspek kehidupan sosial berubah. dalam Ranah Bisnis Berikut adalah beberapa Hal Penting yang harus Anda Perhatikan :

  1. Adanya Perubahan Pola Perilaku konsumen
  2. Adanya perubahan Prioritas keuangan di masyarakat
  3. Situasi Pandemi belum berakhir sampai waktu yang tidak menentu
  4. Beberapa Anjuran wajib dari Pemerintah pada tiap sektor Usaha
  5. Era New Normal masih menyisakan krisis keuangan di berbagai sektor

Beberapa Hal yang dapat dilakukan

Aspek pelayanan

Dalam situasi seperti ini, Layanan pada bisnis pariwisata sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini untuk menjaga kepercayaan Masyarakat agar kembali membeli produk atau jasa yang berhubungan dengan pariwisata.

  1. Melaksanakan protokol Kesehatan yang ketat sesuau Anjuran Pemerintah

Hal ini berkaitan dengan penyediaan Sarana Kebersihan untuk mencuci tangan. Penyediaan Handsanitizer, Himbauan membawa Perlengkapan Pribadi  serta Penggunaan Masker dan Melakukan Phisycal Distancing.

  1. Menambah layanan baru yang berkaitan dengan kenyamanan pelanggan ditengah Pandemi. Kita ambil contoh seperti Hotel atau penginapan yang menyediakan layanan sarapan di Kamar, Toko Souvenir yang menambah jaringan online shop, dan lain sebagainya. 

ASPEK HARGA

  1. Membuat Harga diskon yang berbeda dari sebelumnya

Buatlah diskon yang mungkin belum pernah anda buat sebelumnya. Hal ini Penting untuk menjaga pemasukan keuangan usaha anda. Di Era New Normal mungkin Pengunjung tidak akan sama seperti sebelumnya, Pembatasan Jumlah pengunjung juga menjadi alasan. Memberikan Harga Diskon pada Jasa Atau Barang dapat mendorong konsumen untuk tetap membeli.

  1. Membuat Penawaran Paket (beberapa barang/jasa sekaligus) dengan harga terjangkau

Bekerja sama dengan Penyedia Jasa wisata lainnya untuk membuat paket wisata dengan harga terjangkau dapat menjadi pilihan untuk menarik minat masyarakat. Misalnya saja Penginapan yang menyediakan Layanan Paket Persewaan Mobil dan guide. Atau Travel Agen yang menyediakan Voucher belanja souvenir dengan harga lebih murah dan lain sebagainya.

ASPEK PROMOSI

  1. Melakukan promosi secara Intens

Tidak dapat dipungkiri, Pemasaran untuk sektor wisata pada saat pandemi sangat sulit. Namun bukan berati tidak ada yang bisa dilakukan. Dalam Hal ini Promosi yang Gencar harus tetap dijalankan. Melakukan Promosi melalui berbagai Media Sosial, situs web, iklan media tv dll dapat membuat masyarakat mengingat Brand bisnis anda.  

  1. Menjual Program Baru yang dapat menarik minat pelanggan

Jika bicara Promosi maka ada baiknya anda melihat peluang untuk menjual beberapa program baru. Semisal mengadakan Virtual Tour, atau mungkin menawarkan prjalanan wisata lebih banyak mengarah ke private tour dan lain sebagainya. Hal ini untuk menjaga minat masyarakat agar tetap merasa nyaman untuk melakukan kegiatan wisata.

ASPEK KEUANGAN

Tidak kalah Penting dari semua aspek diatas. Pengelolaan Keuangan yang baik dapat menjaga Bisnis anda tetap bertahan di situasi New Normal. Beberapa Hal yang perlu anda perhatikan adalah :

  1. Mengutamakan dan memperhatikan nilai aliran arus kas
  2. Melakukan pembukuan di setiap departemen yang ada
  3. Analisa dan Evaluasi keuangan secara rutin
  4. Manajemen Asset yang ketat
  5. Dsb

Demikian Artikel kali yang membahas tentang Tips Bisnis Pariwisata bertahan di Era New Normal. Semoga bermanfaat dan dapat menginspirasi anda. Sampai Jumpa di Artikel Selanjutnya.