Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Strategi Sukses Bisnis Mebel dan Furniture Untuk Pemula

Strategi Sukses Bisnis Mebel dan Furniture Untuk Pemula | Menjadi Pengusaha dibidang Mebel dan Furniture memang Sepertinya Menarik. Jika kita lihat, Produk Furniture hampir bisa kita temui di seisi Ruangan Rumah dan kantor kita. Dengan berbagai Model dan Spesifikasi yang berbeda membuat produk Furniture akan terus berkembang di kemudian hari sebagai pelengkap barang rumah tangga hingga perkantoran.

Industri furniture memiliki Peluang yang bagus untuk berbisnis mengingat Produk furniture memiliki fungsi strategis dalam penggunaanya. Namun dalam menjalankan Bisnis Mebel dan Furniture, anda juga perlu memperhatikan beberapa poin penting yang harus disiapkan. Nah Apa saja, Strategi sukses yang dapat anda lakukan Pada Bisnis Mebel dan Furniture untuk pemula ? Yuk Simak Tips dibawah ini. 

perhitungkan dan siapkan modal usaha

persiapkan modal awal usaha

Hal pertama yang harus anda siapkan dalam mengawali Bisnis Mebel dan Furniture Tentu saja adalah Modal Usaha. Bisnis apapun yang anda jalankan memerlukan perhitungan dan persiapan Modal yang cukup. Kesesuaian Modal dengan Bisnis yang nantinya anda jalankan perlu dilihat dari penentuan Rencana Operasional sampai beberapa Periode tertentu dan Juga Dana simpanan untuk mengantisipasi hal- hal diluar rencana. 

Modal yang anda hitung dalam bisnis Furniture dapat anda pertimbangkan melalui biaya Tempat Operasional, Jumlah dan jenis bahan baku yang akan anda pakai, Tenaga Kerja dan pegawai pendukung, serta Biaya Pemasaran melalui berbagai Channel, dan lain sebagainya. Untuk itu anda perlu untuk melakukan perincian secara detail mengenai Dana dan kas yang akan anda keluarkan. 

Baca Juga : 4 Alasan Pentingnya Memisahkan Dana Usaha dan Dana Pribadi

Tentukan Target dan segmentasi pasar

segmentasi pasar

Tahap selanjutnya adalah Penentuan Target dan Segmentasi Pasar. Target dan Segmentasi pasar merupakan elemen penting dari keseluruhan strategi bisnis. Cara menetapkan target pasar adalah melalui segmentasi pasar. Menentukan Segmentasi pasar akan membuat anda lebih memiliki fokus dalam mengidentifikasi perilaku konsumen dan mengimplementasikan ke produk jadi yang anda hasilkan. Untuk mengawali bisnis Furniture anda dapat mencoba memetakan segmentasi pasar misalnya dari Pasar Level atas, menegah dan kebawah. Tentunya hal ini juga harus disesuaikan dengan Modal Usaha yang anda miliki. 

Contohnya jika anda memiliki Modal yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, maka pasar kelas menegah dapat anda jadikan target dikarenakan pengadaan Bahan Baku juga akan mempengaruhi hal ini. Selain itu, Penentuan Target dan Segmentasi pasar akan memudahkan anda dalam mengambil kebijakan dan menganalisa perkembangan Bisnis anda jika dalam hal pemasaran dan promosi. 

perhatikan dalam pemilihan BAHAN BAKU

bahan baku furniture

Dalam menjalankan Bisnis Mebel dan Furniture tentu saja anda harus memiliki pengetahuan yang baik mengenai bahan baku yang nantinya akan dipakai dalam proses operasional produksi. Penentuan Bahan baku ini tentunya harus anda sesuaikan dengan Target dan segmentasi pasar anda. Selain itu anda harus memilih bahan baku yang tepat untuk menjaga kualitas produk yang anda hasilkan. 

Anda harus memahami dimana bahan baku tersebut tersedia dan bagaimana proses mendapatkannya. di Indonesia ada beberapa pilihan bahan baku yang dapat anda gunakan untuk kegiatan produksi furniture. Umumnya bahan baku furniture dibagi menjadi 2 yaitu :

 

1. Kayu 

Bahan baku kayu dalam pembuatan furniture masih menjadi minat pasar paling tinggi dikarenakan produk jadi yang dihasilkan tampak lebih elegan dan tentunya dengan harga yang lebih mahal juga. Untuk material Kayu sendiri masih dibagi lagi menjadi beberapa jenis dan Tipe nya seperti Kayu Solid/ Kayu utuh, Kayu Lembaran seperti triplex, MDF yang terbentuk dari serbuk kayu, dan bahan olahan kayu lainnya. 

2. Rotan 

Bahan baku Rotan juga memiliki peminat pasar tersendiri dalam industri furniture. Dengan memadukan desain yang unik Rotan dapat disulap menjadi produk furniture yang unik dan awet. Rotan juga memiliki kelebihan seperti material yang lebih ringan dan Harga nya yang cenderung lebih murah dibanding kayu. namun anda harus perhatikan dalam proses produksi Rotan yang cenderung lebih sulit dibanding kayu. 

Baca Juga : Tips Mengatur Persediaan Agar tidak Terjadi kekurangan Stock 

kerjasama dengan sdm yang handal dibidangnya

Salah satu Faktor yang juga sangat penting adalah SDM atau Tenaga kerja. Sebagai Pengusaha, tidak jarang anda akan membutuhkan beberapa orang yang tergabung dalam Tim anda untuk menyelesaikan Tugas pada masing- masing proses bisnis yang berjalan. Apalagi jika nantinya bisnis anda berkembang pesat tentunya anda tidak ingin operasional berantakan dan kewalahan mengurus bisnis sendiri yang akan berimbas pada menurunnya pelayanan yang anda berikan. 

Saat anda menjalankan Bisnis Mebel dan Furniture, maka anda harus mencari orang yang berpengalaman dan handal dibidangnya. baik itu dalam menangani Hal- hal yang berkaitan dengan proses produksi maupun dalam hal administrasi operasional. 

Baca Juga : 5 Tips Praktis Meningkatkan Efektivitas Kinerja Karyawan di Perusahaan Anda 

miliki pencatatan dan pembukuan bisnis

Pencatatan dan Pembukuan Bisnis adalah hal penting yang tidak boleh anda lupakan. Pembukuan akan memudahkan anda dalam pengarsipan dan mengidentifikasi setiap pekerjaan yang telah anda lakukan. Selain itu, melakukan Pencatatan dan pembukuan dapat membuat anda mengetahui informasi mengenai biaya dan pendapat yang timbul yang nantinya akan mempengaruhi proses pemasaran yang berlangsung. 

Proses pencatatan dapat anda lakukan secara manual maupun dengan bantuan Software. Di Era digital ini sudah banyak software dipasaran yang dapat membantu anda dalam hal mencatat transaksi- transaksi yang berhubungan dengan Stock, dagang, dan operasional lainnya. Dalam Bisnis Mebel dan Furniture, Penting untuk anda dalam melakukan aktifitas Pencatatan seperti : 

  • Mencatat Bahan Baku yang akan anda jadikan stock 
  • Mencatat Pesanan pelanggan dengan Spesifikasi yang ditentukan 
  • Mencatat Komponen- komponen bahan baku produksi 
  • Mencatat Harga beli Bahan Baku 
  • Mencatat Transaksi Penjualan 
  • Mencatat Aset seperti Mesin- mesin, dsb.

INOVASI DAN EVALUASI SECARA BERKALA

Melakukan Inovasi harus diimbangi juga dengan evaluasi. Anda dapat mengeksplore kreatifitas anda sebagai pengusaha Mebel dan Furniture untuk dapat menghasilkan Produk jadi yang Berkualitas dan bernilai tinggi dengan beberapa improviasasi dalam hal model dan design produk. Rutin melakukan analisa terhadap minat pasar di era modern dan mengimplemntasikannya menjadi kunci untuk terus menjaga eksistensi bisnis furnitur anda. 

Namun jangan lupa juga untuk selalu melakukan evaluasi pada setiap periode tertentu untuk mengetahui apakah bisnis yang anda jalankan sudah maksimal dan sesuai dengan target dan rencana yang sudah anda tentukan. Evaluasi ini tentunya dapat anda lakukan jika anda memiliki Pencatatan dan pembukuan yang jelas mengenai semua proses operasional yang telah berjalan. itulah sebabnya pada poin sebelumnya kita membahas pentingnya pembukuan untuk bisnis mebel dan furniture. lebih bagus lagi jika anda telah menerapkan pencatatan akuntansi yang akurat. Hasil dari pencatatan tersebut dapat anda gunakan sebagai bahan pertimbangan untuk mengambil kebijakan maupun keputusan penting dalam bisnis anda. 

Baca Juga : 5 Tips Menjaga Arus Kas Bisnis Secara Efektif

kesimpulan

Demikian lah informasi mengenai Strategi Sukses Bisnis Mebel dan Furniture untuk Pemula. Tentunya Sebagai Pengusaha anda dapat memutuskan akan membuat strategi dalam menjalankan bisnis seperti yang anda inginkan. Semoga informasi diatas dapat menambah Referensi dan inspirasi untuk anda anda dalam memulai bisnis Mebel dan Furniture. Jangan Lupa untuk tetap semangat dan Berkarya ! Sampai jumpa di Artikel Selanjutnya.