Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Strategi Penetapan Harga Jual Barang untuk meningkatkan Penjualan

Strategi Penetapan Harga Jual | Menetapkan Harga Jual Barang terkadang Memang Tidak sulit. Anda hanya perlu mengetahui HPP produk tersebut lalu mengambil prosentase margin atas satuan barang tersebut. Namun hal ini adalah contoh kasus yang sangat sederhana. Nyatanya dalam menjalankan Bisnis terkadang kita tidak dapat menduga pergerakan dan Kondisi Pasar pada saat itu. Bagi anda yang sudah lama menjalankan usaha baik itu Distributor maupun Produksi barang terkadang sering mengalami hambatan dan kendala seperti Beberapa barang yang tidak laku karena beberapa Kondisi tertentu. Sedangkan dalam Kondisi keuangan usaha anda, Anda perlu segera meningkatkan Omset penjualan anda untuk menutup biaya- biaya yang timbul di operasional anda.

Lalu Bagaimana solusinya ? Dalam kondisi ini anda harus jeli dan membuat langkah strategis untuk meningkatkan Penjualan anda dengan segera. Ada beberapa penggolongan untuk menetapkan Suatu Harga barang demi meningkatkan Penjualan. Jangan sampai anda salah dalam menentukan Harga Barang anda. 

Strategi Penetapan Harga

mempertahankan standard harga pada barang tertentu

Beberapa Barang dengan Kondisi Penjualan yang baik hanya perlu anda pertahankan dengan meningkatkan Promosi dan pemasaran. Anda mungkin belum perlu mengubah Pola Harga pada barang yang masuk pada golongan ini. Standard Harga barang ini berlaku pada beberapa Produk yang memiliki Histori Penjualan yang baik dengan perputaran Barang yang lancar. Produk dalam golongan ini biasanya adalah barang yang selalu dibutuhkan konsumen dan Merupakan Produk yang dapat bertahan lama. Produk dan barang yang dimaksud memiliki beberapa indikator seperti :

  • Barang yang memiliki Pergerakan yang cepat
  • Barang banyak diminati Konsumen
  • Barang dan Produk yang kualitas nya sudah dipercaya

memberikan potongan harga dan diskon

Terkadang dalam suatu proses pemasaran Potongan harga atau diskon tidak bisa dihindarkan. Hal ini tentunya dapat menarik Konsumen serta untuk mempengaruhi Minat pasar terhadap Barang atau produk yang kita jual. Pemberian Harga diskon pada setiap Barang dapat anda lakukan pada barang- barang yang memiliki Indikator sbb :

  • Barang dengan histori penjualan kurang baik
  • Barang dengan Stock yang masih Menumpuk sedangkan umur Barang tidak bertahan lama
  • Persaingan Pasar yang ketat atas barang atau produk tersebut yang sejenis
  • Barang dengan kondisi Reject yang cenderung menurunkan kualitas

diferensiasi harga pada level pelanggan

Menggunakan Multi Harga pada setiap Level pelanggan adalah salah satu cara yang bisa anda coba. Pelanggan Merupakan salah satu Elemen penting dalam suatu Bisnis yang dijalankan. Anda dapat memberikan skema Harga yang berbeda pada masing- masing pelanggan. Anda juga dapat menggolongkan pelanggan dengan beberapa level menurut Intensitas interaksi bisnis. Level Pelanggan dapat di analisa melalui beberapa indikator seperti :

  • Intensitas pembelian Pelanggan pada produk anda
  • Jumlah Pembelian Pelanggan dengan Partai besar
  • Kelancaran Piutang Pelanggan
  • Dsb.

Membuat Barang Bundling dengan Harga terjangkau

Konsep Penjualan Bundling atau barang paket dapat menjadi Solusi untuk beberapa Produk yang kurang laku dipasaran. Anda perlu Mengamati pergerakan beberapa Produk mana saja yang paling diminati hingga Produk yang paling sulit untuk dijual.  

  • Bundling Produk terlaris dengan produk yang kurang laris
  • Bundling Produk dengan umur persediaan yang lama menggunakan Harga yang lebih rendah

perlunya informasi stock dan transaksi

Untuk dapat menarik kesimpulan terhadap barang mana yang harus di diskon, yang harus dibundling dan lainnya, Tentunya anda perlu mengantongi Sejumlah Informasi yang lengkap mengenai data- data penjualan dan pembelian anda setiap periode berjalan. Selain itu Laporan Mutasi Stock juga penting untuk mengetahui pasti stock barang masuk dan keluar. Apalagi Jika usaha anda termasuk dalam kegiatan Produksi Barang. Perhitungan Sisa bahan baku dan barang jadi masih memiliki peranan penting dalam penentuan haga jual.  Analisa tentang beberapa Laporan transaksi dapat membuat anda memiliki pertimbangan Langkah dan kebijakan yang harus anda ambil terkait dengan penentuan Harga jual barang anda. Untuk itu pastikan anda melakukan Pembukuan yang Akurat dan sistematis. 

Demikian Pembahasan Artikel tentang Strategi Penetapan Harga Jual Barang. Semoga dapat bermanfaat dan menginspirasi anda. Sampai Jumpa di artikel selanjutnya.