Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Solusi Mengatur Persediaan Barang Dagang usaha anda dengan Mudah

mengatur stock

solusi mengatur persediaan barang

Di dalam suatu Bisnis, Mengatur Stock atau persediaann termasuk dalam kegiatan manajemen persediaan. Manajemen Persediaan Penting dilakukan untuk memudahkan sistem Operasional Perusahaan. Jika selama ini anda masih kesulitan dalam menerapkan manajemen persediaan, berikut kami berikan solusi untuk dapat mengatur persediaan dengan mudah.

Melakukan Pencatatan Barang masuk dan keluar

Hal yang paling utama dan termasuk yang paling penting dalam manajemen persediaan Barang adalah pencatatan Barang Keluar dan Masuk. Anda perlu melakukan pembukuan pada setiap barang yang anda terima dari supplier, yang anda kirim kepada pelanggan, dan ada nya mutasi atau perpidahan barang pada tiap gudang atau cabang. Hal ini di maksudkan agar Barang yang tercatat di database anda akurat dan Up to date

Mencatat Keterangan barang dengan Detail

Selain mencatat Barang yang masuk dan keluar, anda juga wajib mencatat keterangan barang dengan detail, apa saja ? Keterangan itu bisa termasuk , Kode Barang, Warna Barang, Tipe barang, termasuk juga Letak barang pada tiap gudang, Mencatat Kode Produksi atau serial number. dan jika Barang anda termasuk dalam barang yang memiliki waktu kadaluarsa pendek, anda juga perlu mencatat detail waktu kadaluarsa Barang tersebut.

Melakukan Stock Opname Secara Berkala

Jangan Lupa untuk melakukan Stock Opname secara Berkala pada tiap periode. Barang yang secara rutin anda catat juga perlu anda cek ulang di gudang. Hal ini untuk memastikan kesesuaian kuantitas real dengan catatan barang yang telah anda bukukan. Jika terdapat selisih antara pencatatan dan nilai ril barang maka anda perlu melakukan penyesuaian persediaan.

Menganalisis Pergerakan Barang

Jangan hanya mengandalkan Pencatatan stock harian anda. Anda perlu melakukan analisis mengenai pergerakan barang yang dapat anda gunakan untuk membantu anda dalam mengambil keputusan terkait pengadaan barang. Beberapa barang mungkin saja menjadi barang yang paling diminati oleh konsumen atau mungkin Barang yang sering dibeli oleh pelanggan dalam jumlah besar yang tentunya barang ini sangat rawan kehabisan stock. Anda dapat melakukan pengecekkan melalui data penjualan dan pembelian pada periode sebelumnya maupun periode yang sedang berjalan. Dengan begitu anda tidak perlu khawatir kekurangan stock ataupun terlalu banyak membeli stock barang dagang. 

Gunakan Metode Persediaan yang berlaku di indonesia

Banyak Metode persediaan seperti fifo , avarage, lifo, dsb. Namun Metode Pencatatan Persediaan yang diperbolehhkan di indonesia hanya ada 2 yaitu FIFO dan Avarage. Metode persediaan ini akan berhubungan dengan nilai biaya atau hpp yang dibebankan atas barang tersebut pada saat keluar masuk. Pilihlah metode persediaan sesuai dengan kondisi Barang yang anda jual.

menggunakan software untuk membantu manajemen persediaan

Anda masih kesulitan dengan beberapa cara diatas ? Ada kemungkinan masalah tersebut timbul karena anda masih menggunakan pencatatan manual, sehingga anda harus melakukan banyak sekali step pencatatan barang yang menyita banyak waktu anda ataupun pegawai anda. Hal ini juga menyebabkan Setiap pencatatan anda tidak terintegrasi dan tercatat secara sistematis. Untuk masalah ini, Solusi terbaik adalah mengandalkam sistem komputerisasi berbasis software. Pilihlan Software yang mampu memenuhi kebutuhan manajemen persedian anda. Salah satu nya adalah software akuntansi. Software akuntansi biasanya akan otomatis melakukan pembukuan transaksi serta pencatatan stock hingga menjadi sebuah laporan keuangan yang siap disajikan. Anda tertarik menggunakan Software Akuntansi ? Simak Tips memilih Software akuntansi terbaik untuk bisnis anda 

Solusi mengatur Persediaan Barang