Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Software Akuntansi Paket VS Custom. Mana yang lebih Baik ?

Software Akuntansi Paket vs custom

Software Akuntansi Paket vs Custom

apa itu Software akuntansi ?

Software Akuntansi merupakan Suatu Software atau program komputer yang dibuat untuk melakukan pencatatan Transaksi secara Terintegrasi untuk menghasilkan Jurnal akuntansi dan Laporan keuangan yang sistematis. Software Akuntansi telah banyak digunakan Baik itu oleh UMKM maupun Oleh Perusahaan berskala Besar. Tujuan adanya Software Akuntansi diharapkan dapat memudahkan dan mengganti proses Pencatatan Manual ke Pencatatan otomatis yang lebih efektif dan Efisien. Banyak Software akuntansi yang beredar di Pasaran dengan berbagai Merk dan keunggulan masing- masing. 

Tentunya jika anda membutuhkan Software Akuntansi, anda harus jeli dalam melihat setiap perbedaan Fitur yang ada di berbagai Merk Software Akuntansi. Selain perbedaan Fitur, Software akuntansi juga terbagi atas 2 Tipe. Software Akuntansi Paket dan Software Akuntansi Custom. Lalu apa Perbedaan diantara keduanya ? Yuk kita bahas lebih lanjut Pengertian Software Akuntansi Paket dan Custom, Kelebihan dan kekurangannya serta Tips memilih Software Akuntansi. 

Software Akuntansi Paket merupakan Software Akuntansi yang telah dibuat dan dikembangkan oleh Perusahaan developer yang mana berbagai Fitur yang ada di dalam software tersebut sudah Baku. Bisa diartikan Bahwa Software akuntansi Paket tidak menerima permintaan penambahan Fitur lain diluar paket yang ditawarkan. Fitur yang disediakan biasanya telah memenuhi dan dapat mengcover proses akuntansi dan keuangan Standard pada perusahaan secara umum. Software ini 

Sementara Software Akuntansi Custom, Merupakan Software Akuntansi yang memiliki Keutamaan untuk memenuhi Pesanan sesuai permintaan Pembeli. Fitur yang ditawarkan pun akan mengikuti alur SOP yang ada di Perusahaan yang menggunakan. Software Akuntansi Custom pasti memiliki Perbedaan Fitur antara Pengerjaan di Perusahaan satu dan lainnya. 

Berikut dibawah ini adalah beberapa Poin mengenai Kelebihan dan Kekurangan Software Akuntansi Paket maupun Custom. 

software akuntansi

paket (fixed software)

Kelebihan : 

  • Harga Cenderung Lebih Terjangkau
  • Dapat langsung digunakan setelah Membeli
  • Bebas Biaya Maintanance
  • Cenderung Lebih Stabil

Kekurangan :

  • Baku, mengikuti Alur standard Software tersebut
  • Biasanya hanya terbatas Pada beberapa Divisi / Bagian pekerjaan

Customize Software

Kelebihan :

  • Fleksibel. Dapat disesuaikan dengan SOP Perusahaan
  • Ruang lingkup divisi Lebih luas karena sesuai permintaan pembeli
  • Lebih cocok digunakan di Perusahaan yang memiliki alur kerja khusus

Kekurangan :

  • Harga cenderung lebih Tinggi
  • membutuhkan waktu lebih lama untuk Trial Error
  • Biaya Maintanance yang cukup Mahal

Kesimpulan 

Software Akuntansi Paket maupun Custom memiliki Keunggulan dan kelemahan Masing- masing. Tentunya dalam memilih anda perlu menyesuaikan dengan kebutuhan Perusahaan anda. Jika Perusahaan anda sebelumnya memiliki Sistem pencatatan Manual, dan ingin beralih ke otomatisasi software maka ada baiknya menggunakan Software Akuntansi Paket. Karena dengan Software Akuntansi Paket anda tidak perlu repot untuk merancang alur software yang membutuhkan Waktu lebih lama untuk dapat anda gunakan. Selain itu anda akan dapat mencoba membiasakan diri dengan cara kerja software dari yang sebelumnya manual. Namun Jika anda memiliki Perusahaan yang memiliki Alur dan proses bisnis yang lebih Rumit dan ingin memiliki Software yang sesuai dengan detail pekerjaan anda maka Software Akuntansi Custom mungkin akan lebih membantu anda. Software Akuntansi Custom akan memudahkan anda membuat detail pekerjaan yang sesuai dengan tiap divisi di perusahaan anda.

Tips memilih Software Akuntansi 

  • Sesuai dengan Standard Akuntansi dan Keuangan di Indonesia
  • Pilih Perusahaan Penyedia Software yang kredibel dan berpengalaman 
  • Jangan Lupa meminta Demo Software tersebut 
  • Lakukan Percobaan singkat pada software yang akan anda beli 

Bagaimana ? Anda memilih yang mana ?

Software Akuntansi Paket vs Custom