Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Software Akuntansi Bedanya Dengan Software Point Of Sale

Software Akuntansi Bedanya Dengan Software Point Of Sale. Hubungi Firdaus 081703354372 Software akuntansi bedanya dengan software point Of sale. Software untuk kebutuhan perusahaan ada berbagai mcam dan fungsi menurut kebutuhannya. Software akuntansi kebutuhan untuk pembukuan perusahaan dengan modul yang lengkap dan software point of sale kebutuhan untuk bisnis retail. Artikel kali ini akan dibahas bagaimana software akuntansi dan software point of sale dimana letak perbedaannya.

Software akuntansi

Software akuntansi lebih dipahami sebuat perangkat system yang dirancang untuk mendukung aktivitas perusahaan disemua lini mulai dari penjualan, pembelian, persediaan, kas dan bank, aktiva dimana semua modulnya sudah terintegrasi sehingga menghasilkan laporan laporan keuangan secara lengkap mulai dari neraca, laba/rugi, penjualan dan piutang, pembelian dan hutang serta laporan laporan penunjang lainnya yang dibutuhkan oleh perusahaan. Jadi software akuntansi ini lebih ke arah pembukuan perusahaan dengan melakukan pencatatan transaksi secara lengkap disemua divisi yang secara otomatis terintegrasi di satu database dengan tujuan akhir adalah laporan keuangan perusahaan. Software akuntansi biasanya digunakan sebagai back office, dimana pekerjaannya lebih banyak untuk mengurus administrasi kantor untuk mencatat transaksi hingga menghasilkan laporan laporan keuangan untuk dianalisa oleh management perusahaan. Jadi tugas dari back office disini tidak langsung berinteraksi dengan customer.

Point of sale

Point of sale merupakan program kasir untuk melakukan pencatatan atas transaksi penjualan secara retail secara tunai baik secara cash ataupun nontunai. Program kasir atau dikenal dengan point of sale ini memfokuskan sebagai kasir front office jadi hanya transaksi penjualan saja, stok dan laporan penjualan. Point of sale atau kasir sebagai front office dimana tugas dari kasir berinteraksi langsung dengan pelanggan sesuai tugas utamanya adalah sebagai kasir.

Adapun perbedaan yang mendasar software akuntansi dan software kasir adalah:

Software akuntansi

  • Sebagai back office
  • Modul lengkap penjualan, pembelian, persediaan, aktiva, kas dan bank
  • Penjualan tunai dan piutang Laporan keuangan lengkap
  • Multi gudang
  • Nota sesuai ukuran setting
  • Tidak ada skema promo  

Software kasir

  • Sebagai front office
  • Modul kasir penjualan
  • Penjualan tunai
  • Hanya laporan penjualan
  • Satu gudang
  • Nota kasir sesuai jumlah item
  • Skema promo lebih variasi

Itulah sedikit perbedaan untuk software akuntansi dan software kasir point of sale, masih banyak lagi perbedaan perbedaan lainnya, perbedaan diatas merupakan hal utama sebagai dasar pembedanya.

Demikianlah artikel kali ini software akuntansi bedanya dengan software point Of sale, diharapkan dengan penjelasan singkat diatas dapat menjadikan masukan bagi pelaku bisnis dalam menentukan program apa yang akan diaplikasikan di perusahaannya sesuai kebutuhan apakah hanya sebatas software akuntansi saja atau hanya sebagai kasir point of sale, atau bahkan bisa diaplikasikan secara bersama software akuntansi dan software ponit of sale untuk menunjang kerja perusahaan.  

Baca Juga Artikel Berikut :

  1. Mengabaikan Laporan Keuangan Perusahaan Membuat Omset Terjun Bebas.
  2. Tips Langkah Dasar Memulai Bisnis Beras Bagi Pengusaha Baru
  3. Software akuntansi autoposting kelebihan dan kekurangannya.
  4. Belajar Bisnis dari Film Chef
  5. Kontrol Persediaan Barang Dagang dalam Perusahaan
  6. Yang Harus Dihindari Pengusaha Pemula dalam Berbisnis
  7. Cara Mencegah Terjadinya Kecurangan dalam Bisnis Anda
  8. Kapan saatnya Perusahaan Butuh Software Akuntansi