Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Software Akuntansi Autoposting Kelebihan dan Kekurangannya

Software Akuntansi Autoposting Kelebihan dan Kekurangannya Software akuntansi autoposting kelebihan dan kekurangannya.

Dalam kegiatan transaksi di perusahaan dalam pencatatan pembukuannya ada namanya jurnal umum, dimana pihak akuntan perusahaan memasukkan transaksi keuangan perusahaan sesuai transaksi keluar (kredit) atau transaksi masuk (debit) dan juga sekaligus saldo akhirnya. Proses jurnal tersebut biasanya dilakukan dalam proses pembukuan perusahaan secara manual.

Bagi para pelaku bisnis kebutuhan akan program pembukuan tentunya akan mencari program yang mudah diaplikasikan dan tidak menambah pekerjaan lagi, sehingga dengan menggunakan program pembukuan dapat mempermudah semua proses dan penggunaannya.

Berdasarkan kebutuhan akan pembukuan perusahaan dalam jurnal akuntansi ini ada 2 metode jurnal:

  1. Jurnal Autoposting. Autoposting dimana penjurnalan transaksi keuangan perusahaan otomatis secara program. Jadi semua transaksi baik dari biaya, penjualan, pembelian secara jurnal sudah otomatis by system.
  2. Jurnal Manual Posting. Jurnal keuangannya dilakukan secara manual dan harus melalui posting berkala.

Artikel kali ini akan membahas mengenai software akuntansi atau program pembukuan yang autoposting dimana maksud dari autoposting disini adalah semua proses transaksi keuangan perusahaan yang penjurnalannya sudah otomatis scecara program, sehingga bagi pengguna program akuntansi tersebut tidak perlu lagi melakukan jurnal secara manual.

Adapun keuntungan dari software akuntansi autoposting adalah :

  • Pengguna program tidak harus repot untuk menjurnal transaksinya dan menjurnal ke buku besar, karena secara program sudah dibuat otomatis
  • Tidak membutuhkan karyawan yang alhi akuntansi, cukup pengetahuan dasar akuntansi saja karena semua sudah terjurnal otomatis.
  • Laporan laporan sudah langsung jadi secara realtime.
  • Tidak diperlukan operator program harus ahli akuntansi, karena secara program sudah terjurnal akuntansinya secara otomatis.
  • Tidak perlu adanya tutup buku bulanan atau tahunan.

  Namun ada juga kelemahan dari software akuntansi yang autoposting, diantaranya:

  • Diawal setting akun nya sudah harus tepat
  • Transaksi disave sudah otomatis posting jadi tidak ada proses approv atas transaksinya, karena ada beberapa perusahaan yang membutuhkan transaksi harus melalui appruval terlebih dahulu.
  • Dalam pencatatan transaksi harus teliti dan benar, karena transaksi jika ada kesalahan pencatatan maka akan mempengaruhi laporan yang dihasilkan. Tentunya dalah hal edit transaksi harus menginformasikan kesalahan tersebut pada pihak yang memiliki otoritas melakukan edit transaksi.

Demikian software akuntansi autoposting kelebihan dan kekurangannya. Dalam pemelihan program pembukuan seperti apa yang dibutuhkan oleh perusahaan haruslah lebih selektif apakah sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dengan adanya artikel ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi pengusaha dalam menentukan pilihan akan program pembukuan yang seperti apa yang cocok untuk diaplikasikan diperusahaannya.

 

Baca Juga Artikel Berikut :

  1. Jurnal Autoposting Merupakan Keuanggulan Accurate Versi 5
  2. Laporan Di Accurate Software Mencegah Omset Terjun Bebas
  3. SOP (Standard Operating Procedure) Penerapannya di Accurate Versi 5
  4. Belajar Bisnis dari Film Chef
  5. Kontrol Persediaan Barang Dagang dalam Perusahaan
  6. Yang Harus Dihindari Pengusaha Pemula dalam Berbisnis
  7. Cara Mencegah Terjadinya Kecurangan dalam Bisnis Anda
  8. Kapan saatnya Perusahaan Butuh Software Akuntansi