Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Sistem ERP dan Peranannya Pada Suatu Perusahaan

erp

Sistem ERP dan peranannya di suatu perusahaan

Apa itu erp ?

ERP merupakan gabungan dari 3 elemen kata yaitu Enterprise (Organisasi/ Perusahaa) Resource (Sumber daya) Planning (Perencanaan). Sistem ERP sendiri lebih sering dikaitkan sebagai suatu program Teknologi berbasis software yang memiliki Tujuan untuk mengotomatisasikan dan mengintegrasikan setiap bagian operasional perusahaan hingga tercipta alur bisnis yang sistematis untuk kemudahan Informasi dalam manajemen. Sistem ERP akan membantu dalam hal perencanaan, pengelolahan data, dan pengambilan keputusan peting di suatu perusahaan.

karakteristik erp

ERP Sering dikatakan sebagai sistem back office yaitu sistem yang menangani kegiatan yang berhubungan dengan operasional manajemen di lingkup internal. Namun seiiring perkembangannya, Sistem ERP Juga dapat terhubung oleh Sistem CRM seperti E- Commerce yang berkaitan dengan penjualan dan pelanggan di lini depan. Sistem ERP memiliki 2 variasi baik itu yang berbasis Desktop maupun berbasis Web (Cloud). Suatu sistem ERP biasanya terdiri dari berbagai modul dan submodul yang mewakili berbagai komponen bisnis perusahaan sehingga perusahaan bisa memilih modul sesuai dengan kebutuhan. Berikut beberapa Modul yang ada di sistem ERP :

  • Manajemen Inventory 
  • Sales and Purchase
  • Human Resource Management (HRM)
  • Finance And Accounting 
  • Manufacturing
  • Customer Relathionship Management (CRM)
  • Distribution
  • Etc

tujuan penggunaan sistem erp

  1. Mengkoordinasikan bisnis atau organisasi secara lengkap dan menyeluruh
  2. Menghasilkan data dan informasi yang real-time
  3. Memungkinkan perpaduan proses transaksi dan kegiatan perencanaan
  4. Mengurangi proses kinerja yang banyak memakan waktu 
  5. Mencegah terjadinya duplikasi data
  6. Membantu meningkatkan penjualan karena membantu mengelola barang atau jasa lebih cepat

Manfaat, keunggulan dan kelemahan sistem erp

Manfaat dan keunggulan Sistem ERP 

Dengan terus berkembangnya software atau aplikasi ERP, tentu membuktikan bahwa semakin banyak minat masyarakat dalam menggunakan ERP. Di zaman yang serba digital ini, tentu selain memudahkan penggunanya, ERP juga memiliki manfaat dan keunggulan yang patut menjadi bahan pertimbangan bagi Anda dalam memutuskan untuk menggunakannya atau tidak. Berikut ini adalah beberapa manfaat dan keunggulan sistem ERP dalam perusahaan Anda:

  1. Integrasi data dan Informasi Lebih akurat
  2. Terbentuknya Strandard Operasional dan Prosedur Perusahaan
  3. Mendukung kemudahan Perencanaan dan Pengambilan keputusan
  4. Menciptakan sistem Keamanan Data yang lebih efektif
  5. Meningkatkan efisiensi dan produktifitas

kelemahan Sistem ERP

Selain Manfaat dan keunggulannya, Sebuah sistem juga pasti memiliki kelemahan dalam penerapannya. Berikut ini beberapa kelemahan sistem ERP yang digunakan diperusahaan :

  1. Membutuhkan sejumlah Modal yang Tinggi dikarenakan harga nya Relatif Mahal
  2. Sistem ERP biasanya Cukup Kompleks dan Rumit 
  3. Membutuhkan Proses Adaptasi dengan alur Operasional sebelumnya
  4. ERP Custom terkadang memerlukan waktu yang lebih lama untuk Trial Error 

Alternatif Software pendukung Sistem ERP

Setelah kita membaca beberapa konsep ERP yang telah dijelaskan. Tentunya kita telah memahami seberapa besar peranan sistem terintegrasi seperti ERP pada suatu perusahaan. Dibalik manfaat dan kelebihan Sistem ERP, terdapat juga kelemahan atau keurangan sistem tersebut. Pada dasarnya Peranan ERP juga sangat tergantung pada bagaimana karakteristik perusahaan anda masing- masing. Beberapa perusahaan mungkin perlu menggunakan sistem terintegrasi namun lebih sederhana dalam fitur dan penggunaanya, nah berikut ini merupakan bagian dari sistem/ program ERP yang dapat anda jadikan sebagai alternatif lain sesuai kebutuhan bisnis anda.

  • Software Akuntansi, Seperti Namanya, software ini akan sangat bermanfaat untuk manajemen keuangan dan akuntansi anda. Beberapa Merk Software akuntansi bahkan telah menyediakan berbagai fitur lengkap Penjualan dan pembelian yang saling terintegrasi. 
  • Software HRM, Mungkin jika selama ini mengalami kesulitan terkait manajemen sumber daya manusia di perusahaan anda, alternatif software ini dapat sedikit membantu anda. Biasanya software ini berhubungan dengan absensi, Payroll, dsb
  • Software CRM, Software ini mungkin berguna untuk anda yang ingin mengelolah Penjualan produk anda secara online hingga menjadi data dan informasi yang dapat anda kelolah untuk kepentingan penjualan produk anda. 

Sistem ERP dan peranannya