Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Setelah Krisis Keuangan Berakhir, Segera Lakukan 5 Tips ini

Setelah Krisis Keuangan Berakhir, Segera Lakukan 5 Tips ini

Setelah Krisis Keuangan Berakhir |Krisis keuangan merupakan mimpi buruk bagi setiap pelaku bisnis. Tidak ada yang berharap krisis keuangan di kala pandemi ini terus berlanjut, sebagai pengusaha atau pebisnis Anda harus siap menghadapi berbagai risiko, kendala dan rintangan. Setiap pengusaha atau pebisnis tentu dituntut untuk selalu siap dan sigap menghadapi berbagai perubahan. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan ketika krisis keuangan berakhir.

Atur Ulang Arus Kas

Arus kas adalah kunci di segala kondisi. Maka, jangan bosan-bosan untuk selalu mengecek kelancarannya di segala situasi. Saat Anda mulai menghadapi krisis keuangan–dengan penyebab apa pun cek kelancaran arus kas harus dilakukan pertama kali. Demikian pula, ketika akhirnya krisis keuangan berakhir, arus kas adalah hal pertama yang harus dilihat dan diamati.

Perhatikan pos-pos pengeluaran yang ada. Mungkin proporsinya sudah sempat berubah kemarin di awal masa krisis. Lalu, bagaimana dengan setelah krisis keuangan berakhir? Apakah pembagian pos pengeluarannya masih sama, atau adakah yang berubah lagi? Supaya Anda tahu dengan pasti, lakukan pencatatan harian lagi dengan membuat catatan pengeluaran, catatan pendapatan, dan anggaran. Dengan demikian, polanya akan terlihat lagi.

Cek Posisi Dana Darurat

Setelah Krisis Keuangan Berakhir, Segera Lakukan 5 Tips ini

Apakah Anda sempat menggunakan tabungan dana darurat untuk keperluan ini itu selama krisis keuangan berlangsung? Berapa banyak? Setelah mengetahui jumlah dana darurat yang terpakai, segera buat rencana untuk memulihkannya lagi begitu krisis keuangan berakhir. Anda bisa mengalokasikannya langsung di depan begitu Anda mendapatkan penghasilan lagi. Buatlah pemulihan dana darurat ini sebagai tujuan keuangan yang utama, sebelum beranjak ke tujuan keuangan yang lain.

Cek posisi utang

Bagaimana posisi utang Anda? Apakah ada yang sempat tertunda cicilannya saat krisis keuangan terjadi? Kalau iya, sekaranglah waktunya untuk mengalokasikan ulang semua tagihan dan cicilan. Pertimbangkan langkah-langkah yang perlu atau bisa Anda lakukan untuk membayar tunggakan. Tetap tenang, dan tak perlu panik. Meski mungkin pemerintah memberikan instruksi kepada semua pemberi pinjaman untuk dapat menunda penagihan, tetapi bukan berarti Anda lantas bisa seenaknya tidak membayar utang.

Genjot Penghasilan

Yang pastinya, setelah keluar dari karantina, harapannya Anda bisa beraktivitas dengan lancar. Maka, ini waktunya untuk bounce back, dan menggenjot lagi penghasilan.

Rencanakan Waktu Untuk Berlibur

Jika semua hal sudah aman sekarang saatnya Anda merencanakan liburan. Entah itu pergi keluar kota, atau main ke mall dan nonton bioskop bersama keluarga, boleh saja. Pastikan semua tetap aman, asalkan semua sudah terencana dengan baik. Yang pasti, kendalikan diri ya. Ingat, selain bersenang-senang, Anda juga harus meneruskan hidup beberapa lama lagi ke depan.

Nah, itu dia beberapa langkah yang bisa Anda lakukan saat krisis keuangan sudah berakhir. Anda dapat mengambil banyak pelajaran dan hikmah dari krisis yang sekarang terjadi kan? Salah satunya betapa pentingnya Anda menjaga kesehatan, baik kesehatan raga, jiwa, dan tentunya, keuangan Anda.

Cari tahu selengkapnya mengenai produk ACCURATE 5 di ACCURATE BUSINESS CENTER atau Permintaan Demo Presentasi ACCURATE Accounting Software klik disini.

Ingin Tahu Bagaimana ACCURATE Versi 5 Dapat Membantu Meningkatkan Performa Bisnis Anda ?

Hubungi Kami via Telp/Email

031-5912996 / galaxy@myabcshop.com

Untuk mendapatkan Free Demo Presentasi Accurate Accounting Software Dekstop versi 5

Baca Juga