Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

SEBAGAI PENGUSAHA MEMILIH CASH FLOW ATAU PROFIT

sebagai pengusaha memilih cash flow atau profit. Hub : Firdaus 081703354372

Sebagai pengusaha memilih cash flow atau profit.

Tujuan utama dari pengusaha dalam melakukan bisnisnya adalah mencari untung dan mengembangkan bisnis nya secara luas. Namun dalam hal ini masih banyak para pelaku bisnis yang salah kaprah akan maksud dan tujuan mendirikan bisnis, karena tujuanutamanya adalah mencari untung atau profit yang sebesar besarnya maka kadang kala para pelaku bisnis melalaikan banyak hal yang menjadi bahan penunjang dalam mengembangkan bisnis dan menunjang untuk mendapatkan profitnya, tanpa mempertimbangkan seperti cash flow perusaaan.

Sekilas akan dijabarkan lebih penting mana profit atau cash flow ?

Profit atau laba perusahaan merupakan hal yang penting dalam menjalankan sebuah bisnis, dimana diperoleh angka hasil dari pembelian dan pendapatan penjualan dikurangi hpp serta biaya biaya lainnya. Sehingga didapatkan nilai profit perusahaan.

Cash flow merupakan pergerakan uang kas baik itu kas masuk ataupun kas keluar pada sebuah bisnis dalam periode tertentu.

Cash flow atau biasa dikenal dengan istilah arus kas. Arus kas disini ibaratnya darah yang mengalir dalam tubuh manusia yang sangat penting keberlangsungannya. Demikian halnya dengan cash flow yang memiliki peran yang sangat vital dalam menjalankan sebuh bisnis.

Komponen Cash flow adalah :

  • Kas Masuk. Pada umumnya kas masuk terdiri dari penerimaan-penerimaan, antara lain penjualan tunai, penerimaan pelunasan piutang dagang dan piutang lainnya serta penerimaan pinjaman lain-lain.
  • Kas Keluar. Terdiri dari pengeluaran-pengeluaran atau pembayaran-pembayaran, antara lain pembayaran supplier, pembayaran pajak, pembayaran cicilan/angsuran dan pengembalian pinjaman, pengeluaran biaya operasi dan biaya-biaya lainnya.

Dari ilustrasi diatas sebagai pengusaha memilih cash flow atau profit, mana yang lebih penting.

Cash flow dan profit merupakan hal utama dalam menjalankan sebuah bisnis namun para pelaku bisnis harus cermat dalam menyikapi nya. Jika yang dikejar hanya profit semata tanpa mempertimbangkan faktor faktor lainnya misalkan profit besar namun piutang ternyata besar bahkan ada indikasi kredit macet, tentunya hal ini akan sangat bermasalahbagi perusahaan. Bagaimanapun juga perusahaan harus memiliki dana tunai yang cukup untuk kelangsungan bisnisnya.

Mana yang lebih penting tentunya adalah Cash Flow.

Alasannya adalah mengapa memilih cash flow jika dengan adanya cash flow meskipun profit perusahaan rendah maka perusahaan masih bisa berjalan dan beroperasional dengan baik. Tinggal mengatur strategi bagaimana meningkatkan proforma perusahaan dengan meningkatkan profit kedepannya.

Namun dilapangan para pelaku bisnis tetapkan menjalankan profit laba perusahaan dan cash flow perusahaan dengan baik. Laporan keuangan laba/rugi perusahaan dan laporan cash flow perusahaan tetap menjadi acuan dalam peningkatan kinerja sebuah perusahaan.

Demikian sekilas mengenai profit dan cash flow perusahaan dimana cash flow sangat perlu diperhatikan namun tidak juga meninggalkan laporan profit perusahaan.

Dari narasi diatas, hal apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dipersiapkan untuk menunjang profit dan cash flow, lebih lanjut Bisa Hubungi

FIRDAUS YUNIANTO

081703354372

recurring dan memorize transaksi fitur unggulan accurate software. Hub: Firdaus 081703354372

BACA JUGA ARTIKEL BERIKUT :