Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Rahasia Menjalankan Bisnis Minuman Kopi Kekinian

Rahasia Menjalankan Bisnis Minuman Kopi Kekinian
Rahasia Menjalankan Bisnis Minuman Kopi Kekinian

Rahasia Menjalankan Bisnis Minuman Kopi Kekinian | Setiap orang mempunyai kesempatan untuk membangun kedai kopi impiannya, hanya saja dibutuhkan kerja keras dan tekad yang kuat untuk mewujudkan impiannya. Siapapun bisa memiliki kedai kopi, membekali diri dengan wawasan mengenai seluk beluk industri kopi menjadi hal utama yang harus dimiliki oleh setiap pengusaha kopi. Membuka kedai kopi sederhana bisa dibilang susah susah gampang. Dalam bisnis kedai kopi, menentukan konsep dasar merupakan hal yang harus dipikirkan sejak awal, seperti apakah kedai kopi yang diinginkan berbentuk kios, gerobak, coffe shop, ataupun coffee roaster.

Sebagai langkah awal dalam memulai bisnis kedai kopi, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan selain konsep dasar, antara lain :

Baca Juga : Pentingnya Mengarsipkan Data Pembukuan Dengan Software Accurate

TIPS – TIPS UNTUK MENJALANKAN USAHA

  1. Modal usaha yang ada. Modal usaha akan mempengaruhi konsep dasar, apakah akan membuat kedai kopi berupa kios, gerobak,coffee shop, ataupun coffee roaster.
  2. Lahan atau tempat yang akan digunakan untuk membuka kedai kopi. Apakah terletak ditempat yang memiliki potensi pasar yang bagus.
  3. Pasar yang akan dijangkau. Penikmat kopi yang disasar apakah anak muda, mahasiswa ataupun yang sudah bekerja. Karena akan berpengaruh dengan harga jual.
  4. Menu yang akan dijual. Memutuskan hanya akan menjual kopi saja atau diselingi dengan kudapan ringan. Dengan begitu dapat menentukan peralatan apa saja yang dibutuhkan, untuk menghindari membeli peralatan yang kurang dibutuhkan atau bahkan tidak terpakai.
  5. Strategi pemasaran yang akan dipakai. Jika memiliki budget lebih, memilih menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan kedai kopi adalah pilihan yang baik mengingat saat ini perkembangan digital sangat melesat. Media sosial seperti akun instagram, facebook dan sebagainya merupakan media yang tepat untuk promosi serta membagikan informasi mengenai kedai kopi yang dibuka.
  6. Mencari supplier yang tepat. Supplier memiliki hubungan yang erat dengan menu yang akan dijual. Misal bahan baku yang dipakai sulit didapat atau tidak. Selain itu memilih supplier yang tepat menghindari resiko kekurangan bahan baku atau mendapat bahan baku dengan kualitas yang rendah. Dengan memiliki supplier yang tepat diharapkan pula kita dapat mengambil bahan baku dengan harga grosir tentu saja tanpa mengurangi kualitas bahan baku.

Baca Juga : Software Accurate Membantu Macam – Macam Metode Penjualan

Memulai bisnis kedai kopi sederhana, bukan berarti tidak berpotensi untuk dikembangkan menjadi kedai kopi besar. Kedai kopi yang memiliki ciri khas dan pemasaran yang baik sangat mudah untuk berkembang kepasar yang lebih luas lagi. Seperti membuka cabang pribadi atau membuka franchise dengan menyewakan nama kedai kopi dengan prosedur operasional yang telah dipatenkan. Oleh sebab itu, meskipun membuka kedai kopi sederhana adalah penting untuk memiliki ijin legalitas usaha. Selain untuk mendukung perkembangan bisnis ini, saat ini keberadaan cafe ataupun kedai kopi semakin banyak sehingga bisnis kedai kopi relatif bersaing. Dengan memiliki ijin usaha dapat menjadi salah satu point penting untuk dapat bersaing dengan kedai kopi lainnya.

Dengan menjamurnya kedai kopi seperti saat ini, orang-orang mulai menganggap kopi sebagai bagian dari gaya hidup. Sehingga cita rasa dari kopi yang sesungguhnya menjadi alasan yang kesekian bagi orang-orang yang meminumnya. Untuk itu memiliki ciri khas tersendiri dengan menyajikan sesuatu yang berbeda dapat menjadi salah satu cara untuk bertahan ditengah gempuran pasar yang semakin kompetitif. Namun bisnis kedai kopi tetap saja dapat mengalami kegagalan karena beberapa alasan. Bahkan kedai kopi yang memiliki SDM yang terlatih dengan baik pun dapat mengalami kegagalan. Berikut beberapa kesalahan yang harus dihindari saat membangun sebuah kedai kopi, yaitu:

  1. Kesalahan dalam membuat perencanaan. Perencanaan yang tepat dan menyeluruh dapat menghindari resiko kegagalan bisnis seperti sortir uang pribadi dan uang bisnis, menulis rencana bisnis, menentukan kapan waktu yang tepat untuk mengembangkan anggaran untuk mempeluas bisnis kedai kopi, dan sebagainya.
  2. Tidak mengetahui konsep kedai kopi yang dibuat. Membuka kedai kopi dengan konsep yang tidak jelas hanya akan menghabiskan waktu dan uang. Tentukan bisnis kedai kopi yang diinginkan, sesuaikan dengan anggaran, lokasi dan persaingan. Dengan memiliki konsep bisnis yang jelas membantu usaha kedai kopi yang dirintis tetap berada dijalurnya.
  3. Terlalu banyak hutang atau tagihan. Selain tabungan sendiri, pinjaman dari bank, pinjaman dari teman atau keluarga adalah cara umum untuk mendapatkan modal usaha. Namun jika terlalu banyak hutang untuk modal usaha justru akan dapat menjadi masalah yang sulit diatasi.
  4. Tidak membuat anggaran atau budgeting plan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Dengan membuat anggaran yang akurat dan memutar keuangan sesuai dengan apa yang sudah dianggarkan dapat mengurangi resiko mengalami masalah financial dikemudian hari.
  5. Mengabaikan arus kas dan akuntansi. Memiliki arus kas adalah sebuah kewajiban bagi setiap pelaku usaha. Memperkirakan arus kas dapat dimulai dari memproyeksikan penjualan harian hingga mempertahankan inventaris yang dapat dikembangkan menjadi laporan untung rugi. Dengan memiliki laporan keuangan sejak awal dapat membantu merencanakan anggaran dengan lebih baik.
Rahasia Menjalankan Bisnis Minuman Kopi Kekinian
Rahasia Menjalankan Bisnis Minuman Kopi Kekinian

Baca Juga : Manajemen Karyawan Agar Bekerja Secara Efektif Dan Produktif

Sebuah bisnis yang sedang dijalankan, apapun itu termasuk kedai kopi tidak dapat menuju sebuah kesuksesan secara instant. Dibutuhkan manageman yang baik sejak awal didirikannya sebuah usaha. Karena managemen yang buruk dapat dengan cepat memperburuk bisnis kedai kopi ini. Seseorang yang terampil dalam managemen diharapkan dapat melakukan beberapa hal dibawah ini untuk dapat membantu bisnis kedai kopi ini dapat terus bertahan bahkan berkembang dengan baik. Antara lain:

Baca Juga : Mengelola Persediaan Barang Dagangan Dengan Software Accurate

  • Inventory managemen.
  • Mengelola karyawan. Termasuk berhubungan dengan pengelolan gaji maupun berhubungan dengan SDM.
  • Menjaga dan mengelola hubungan yang baik dengan supplier.
  • Manageman anggaran.

Tidak ada bisnis yang benar-benar aman dari resiko kegagalan, namun dengan memiliki managemen yang baik dan terus belajar mengenai bisnis kedai kopi ini, diharapkan dapat meminimalisir resiko kegagalan.

Baca Juga : Penjualan Software Akuntansi Accurate – 24 Jam / 7 Hari