Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

PROSES REKONSILIASI BANK SEBAGAI KONTROL KEUANGAN DI ACCURATE VERSI 5

Proses rekonsiliasi bank sebagai kontrol keuangan di accurate Versi 5. Hub: Firdaus 081703354372

Proses rekonsiliasi bank sebagai kontrol keuangan di accurate Versi 5. Hub: Firdaus 081703354372

Rekonsiliasi bank merupakan salahsatu cara untuk kontrol keuangan perusahaan sebagai alat untuk membantu audit keuangan dengan cara menyesuaikan transaksi buku bank perusahaan dengan buku bank rekening koran.

Bagaimana penerapan rekonsiliasi bank di accurate?

Artikel terkait sebelumnya Rekonsiliasi bank Membantu kontrol keuangan perusahaan kali ini akan dijelaskan secara singkat bagaimana penerapannya di accurate versi 5.

Accurate software memiliki modul Kas dan Bank, dimana didalamnya terdapat transaksi penerimaan, pembayaran, buku bank dan rekonsil bank.

Transaksi penerimaan ataupun pembayaran akan berkaitan dengan kas dan bank, dengan demikian akan terekam di buku bank keluar masuknya dan saldo akhir keuangan perusahaan. Selain modul kas dan bank penerimaan penjualan dan pembayaran pembelian juga berkaitan dengan kas dan bank.

Disinilah fungsi dari fitur rekonsiliasi bank.

Langkah yang dilakukan di accurate untuk rekonsiliasi bank :

  • Persiapkan data bank statemen (rekening koran bank)
  • Klik Kas dan Bank -> Rekonsil bank

Dari gambar diatas terlihat berdasarkan sumber transaksi, tanggal transaksi, terima, keluar dan kolom beres data tersebut yang akan disesuaikan dengan rekening koran dengan demikian akan membantu pihak keuangan apakah transaksi tersebut sudah seusai.

Ada yang membedakan antara buku bank accurate software dengan rekening koran, diantaranya adalah :

  • Bunga bank, biaya administrasi bank. Dengan demikian perlunya dilakukan pencatatan transaksi di accurate software atas transaksi bank abik sebagai biaya ataupun sebagai pendapatan.
  • Adanya cek beredar yang belum dicairkan, dengan tercatatnya di accurate karena cek sudah jatuh tempo namun lupa tidak disetorkan ke bank untuk dicairkan sehingga menyebabkan adanya pencatatan yang berbeda di buku bank accurate dan buku rekening koran bank.

Itulah sekilas mengenai proses rekonsiliasi bank sebagai kontrol keuangan di accurate Versi 5. Dengan melakukan rekonsiliasi bank secara rutin berkala maka akan membantu perusahaan dalam kontrol keuangan dan mencegah terjadinya kecurangan kecurangan berkaitan dengan keuangan perusahaan.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Accurate Software dan pembelian produk accurate software yang tepat bagi perusahaan Anda silahkan hubungi

Firdaus Yunianto

081703354372

Firdaus merupakan salah satu marketing accurate software yang sudah berpengalaman 10 tahun menghandle perusahaan yang membutuhkan software accurate, baik perusahaan yang bergerak dibidang jasa, dagang, distributor, kontrktor, property, manufaktur dan toko retail

Atau

recurring dan memorize transaksi fitur unggulan accurate software. Hub: Firdaus 081703354372

BACA JUGA ARTIKEL BERIKUT :