Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Persiapkan Pembukuan Awal Untuk Memulai Bisnis Anda

Persiapkan Pembukuan Awal Untuk Memulai Bisnis Anda. Hub: Firdaus 081703354372 Persiapkan pembukuan awal untuk memulai bisnis anda. Berbisnis merupakan keinginan setiap manusia namun dalam berbisnis tidak semudah membalikkan telapak tangan, banyak persiapan yang harus dilakukan sebelum memulai bisnisnya. Masih banyak pelaku bisnis yang menganggap remeh dalam memperiapkan pembukuan perusahaan, alasan yang umum diantaranya adalah :

  • membuat pembukuan memusingkan dan menunda pekerjaan
  • tidak memiliki karyawan yang bisa pembukuan
  • pekerjaan dikelola sendiri oleh pemilik
  • ada yang beranggapan pembukuan tidak penting

Jika hal kendala diatas dibiarkan dan tetap dijalankan maka sama halnya anda menyiapkan kegagalan sebagai pebisnis pemula. Oleh karena itu membuat persiapan pembukuan bagi pebisnis baru sangatlah penting karena sebagai tujuan akhir sebagai bahan evaluasi dan penyusunan anggaran berikutnya. Bagi pengusaha yang baru memulai bisnis kegiatan pembukuan harus sudah ditata sebelum memulai bisnisnya. Pembukuan merupakan pencatatan semua transaksi secara teratur untuk mendapatkan informasi dan data keuangan perusahaan yang meliputi harta, kewajiban, modal, pendapatan, biaya biaya dan ditutup dengan menghasilkan laporan laporan keuangan neraca, laba/rugi, hutang, piutang dan laporan laporan lainnya.

Berikut persiapan pembukuan awal untuk memulai bisnis adalah :

Pahami pembukuan dasar dan persiapkan pencatatannya

  • Pengeluaran. Pencatatan segala bentuk transaksi pengeluaran operasioanal perusahaan mulai dari biaya operasional harian perusahaan sampai pemenuhan kebutuhan persediaan.
  • Pemasukan. Pencatatan segala bentuk pemasukan sehari hari perusahaan.
  • Buku kas perusahaan. Buku kas disini sebagai kontrol atas uang masuk dan uang keluar untuk mengetahui cash flow perusahaan jangan samapai tidak terkontrol bahkan sampai tidak memiliki dana perusahaan untuk kegiatan operasionalnya.
  • Buku catatan stok. Pencatatan keluar masuknya barang harus dicatat dengan rapi agar kontrol dan historinya mudah untuk diketahui.
  • Inventaris perusahaan. Mencatat secara rapi inventaris yang dimiliki perusahaan baik itu inventaris lama maupun inventaris yang baru.
  • Laba/rugi perusahaan. Akhir periode harus ada perhitungan pendapatan, biaya biaya untuk mengetahui apakah perusahaan untung atau rugi dalam periode tertentu.

Membuat SOP.

Tujuan adanya SOP ini adalah untuk membuat system alur kerja perusahaan, agar jelas dari masing masing user apa yang harus dikerjakan dan tanggung jawabnya atas pekerjaan yang menjadi aktivitas kesehariannya. Dengan demikian agar tidak sampai terjadi saling tuding jika sampai terjadi kesalahan dalam prosedur kerja dan sudah jelas jobdesk nya.

Mencoba program pembukuan. 

Untuk mempermudah semua pencatatan transaksi hingga menghasilkan laporan keuangan mulailah berinvestasi untuk menggunakan program pembukuan, carilah program pembukuan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, mudah dalam penggunaannya, modul lengkap. Carilah referensi dari rekan kerja, browsing di google akan kebutuhan program pembukuan perusahaan.

Demikianlah artikel kali ini Persiapkan pembukuan awal untuk memulai bisnis anda. Dengan penjabaran diatas semoga dapat menginspirasi bagi pelaku bisnis terutama bagi pengusaha pemula dalam menjalankan bisnis barunya.  

Baca Juga Artikel Berikut :

  1. Persiapkan pembukuan awal perusahaan dengan accurate versi 5
  2. Penerapan Accurate Versi 5 Untuk Pengusaha Beras
  3. Jurnal Autoposting Merupakan Keuanggulan Accurate Versi 5
  4. Laporan Di Accurate Software Mencegah Omset Terjun Bebas
  5. Belajar Bisnis dari Film Chef
  6. Kontrol Persediaan Barang Dagang dalam Perusahaan
  7. Yang Harus Dihindari Pengusaha Pemula dalam Berbisnis
  8. Cara Mencegah Terjadinya Kecurangan dalam Bisnis Anda
  9. Kapan saatnya Perusahaan Butuh Software Akuntansi