Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Persiapan Menggunakan Software Akuntansi – Hub Dekky 081357733333

Persiapan Menggunakan Software Akuntansi - Hub Dekky 081357733333
Persiapan Menggunakan Software Akuntansi – Hub Dekky 081357733333

Persiapan Menggunakan Software Akuntansi – Hub Dekky 081357733333 | Seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan digital seperti saat ini, mengharuskan para pelaku usaha untuk bermigrasi dari sistem pembukuan secara manual untuk beralih ke sebuah program. Dengan adanya software akuntansi yang menjamur seperti saat ini merupakan salah satu solusi bagi para pelaku usaha. Software akuntansi memungkinkan untuk membantu segala permasalahan bisnis serta mempermudah kinerja perusahaan dari segala kegiatan bisnisnya, seperti pencatatan pembukuan hingga laporan keuangan. Sehingga perusahaan dapat bekerja secara efektif dan efisien, karena dengan menggunakan software akuntansi selain dapat menghemat waktu juga dapat meminimalisir kesalahan yang disebabkan oleh human error.

Salah satu sebab dari kebanyakan bisnis yang tidak dapat bertahan adalah karena tidak adanya suatu sistem penunjang dalam hal pembukuan. Sebuah laporan keuangan merupakan salah satu reminder bagi para pelaku bisnis yang dapat menjelaskan kondisi keuangan perusahaan. Sehingga apabila laporan keuangan menunjukkan tanda-tanda kritis, perusahaan dapat segera mengambil tindakan yang tepat dan cepat. Inilah pentingnya menggunakan software akuntansi yang tepat, software akuntansi yang baik dapat membantu para pelaku usaha untuk menjalankan perusahaannya menuju kearah kesuksesan. Software akuntansi yang baik adalah software akuntansi yang memenuhi persyaratan hukum dari wilayah atau negara dimana bisnis tersebut dijalankan.

Dengan menggunakan software akuntansi, perusahaan dapat memperkirakan pengeluaran dan mengembangkan strategi investasi yang sesuai dengan misi dan visi perusahaan. Selain itu software akuntansi dapat memberikan informasi keuangan secara mendalam dan menyeluruh, sehingga perusahaan dapat bergerak dengan cepat untuk mengambil tindakan guna melakukan efisiensi biaya dan mendorong produktifitas perusahaan. Berikut beberapa manfaat yang didapat apabila perusahaan menggunakan software akuntansi:

  1. Menghemat biaya dan waktu. Software akuntansi akan melakukan tugasnya secara sistem. Jadi perusahaan tidak perlu mempekerjaan staf khusus untuk melakukan tugas dasar administrasi. Karena software akuntansi bekerja secara sistem maka dapat meminimalisir kesalahan serta menghemat waktu.
  2. Transparansi keuangan. Software akuntansi meminimalisir kesalahan perhitungan yang disebabkan oleh human error. Selain itu software akuntansi dapat menyajikan perhitungan yang diminta secara tepat waktu dan transparant.
  3. Dapat melihat pola dan trend keuangan perusahaan secara menyeluruh dan berkesinambungan.

Akan tetapi, sebelum memutuskan untuk menggunakan software akuntansi ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Antara lain:

  1. Memilih software akuntansi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Pahami terlebih dahulu sistem seperti apa yang diperlukan oleh perusahaan, misal fitur apa saja yang dibutuhkan, cara mengoperasikannya serta alur yang diinginkan.
  2. Software custom atau software paket. Jika ingin menghemat biaya, software paket merupakan pilihan yang tepat. Karena dari segi harga jauh lebih murah dibandingkan dengan software custom. Software custom memiliki harga yang lebih mahal karena isi dan fitur yang dibuat sesuai dengan permintaan. Masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing.
  3. Memilih SDM yang tepat. Karena proses transisi pencatatan dari manual kesistem membutuhkan skill yang baru dan pembiasaan dari SDM terkait untuk mampu mempelajari penggunaan software akuntansi.
  4. Mengumpulkan dan mempersiapkan seluruh catatan transaksi ataupun data ( misal data penjualan atau pembelian, stok barang, dan sebagainya) dari bulan-bulan sebelumnya untuk diinput kedalam software.
  5. Mempersiapkan perangkat dan jaringan yang memadai.

Software akuntansi yang tepat, hardware yang memadai serta SDM yang konsisten dalam melakukan pencatatan keuangan serta didukung oleh software developer dan manajemen akan menjadi salah satu kunci kesuksesan dan keberhasilan sebuah perusahaan.

 

Baca Artikel Menarik Lainnya :