Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Persiapan Awal Bagi Pebisnis Sebelum Pakai Software Akuntansi

Persiapan Awal Bagi Pebisnis Sebelum Pakai Software Akuntansi. Hubungi : Firdaus 081703354372

Persiapan Awal Bagi Pebisnis Sebelum Pakai Software Akuntansi

Bagi para pelaku bisnis sudah saatnya dalam menjalankan bisnisnya didukung oleh sistem yang dapat membantu proses kerja di perusahaan. Sudah jamannya untuk serba komputerisasi dan tinggalkan kebiasaan lama yang serba manual, dengan menjalankan bisnis menjadi bisnis auto pilot akan sangat membantu bagi pelaku bisnis dalam mengembangkan bisnis, berinovasi dan mencari terobosan baru untuk bisnisnya dengan jalan mengembangkan bisnis yang sudah ada atau memikirkan untuk bisnis baru.

Itu semua bisa dijalankan oleh perusahaan dengan menggunakan software akuntansi, dengan diterapkannya sistem pembukuan maka bisnis akan berjalan dengan sendirinya sesuai dengan jobdesk dan hak akses dari masing masing bagian.

Namun untuk menerapkan software akuntansi harus diperhatikan beberapa hal penting sebelum mengaplikasikan software akuntansi yang sudah dipilih perusahaan., hal ini bertujuan untuk memudahkan saat melakukan peralihan dariprogram lama manual ke sistem komputerisasi yaitu software akuntansi.

Berikut hal penting sebelum pakai software akuntansi:

Tentukan software akuntansi yang sesuai bisnis

Sebelum menentukan untuk menggunakan software akuntansi, para pelaku bisnis tentunya harus memilih software yang seusi dengan alur kerja perusahaan, jangan sampai sudah terlanjur membeli namun sia sia tidak dipakai karena tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Pastikan konsultasikan terlebih dahulu dengan marketingnya, yang lebih utama lagi pastikan tidak terjebak dengan harga murah karena tidak asli karena berkaitan dengan pengembangan software jadi pastikan harus produk resmi yang dibeli.

Persiapkan sumber daya manusia

Sumber daya manusia atau karyawan merupakan sebagai pengendali utama yang melakukan input transaksi, jadi harus dipersiapkan SDM yang memiliki nilai lebih terutama untuk dasar pengenalanakuntansi dan dasar pengenalan komputer.

Persiapkan data master

Tentunya data master ini harus disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, semakin lengkap kebutuhannya maka data master yang dibutuhkan juga akan semakin lengkap. Adapun data master yang harus disiapkan diantaranya adalah :

  1. Data pelanggan dan saldo piutangnya
  2. Data pemasok dan saldo hutangnya
  3. Data item dan saldo awalnya
  4. Data akun perkiraan dan saldo awalnya
  5. Data aktiva tetap serta saldo awalnya

Master data awal tersebut diperoleh dari data manual sebelumnya sebagai saldo akhir data lama untuk dijadikan sebagai saldo awal di software akuntansi yang sudah menjadi pilihannya.

Persiapkan perangkat operasional

Perangkat disini yang dimaksud adalah seperangkat komputer lengkap sesuai dengan speck yang sudah ditentukan oleh pihak penyedia software akuntansinya, selain itu juga tersedianya koneksi jaringan sesuai kebutuhan akan software akuntansinya. Sehingga saat software akuntansi sudah siap dipasang maka semua perangkat dan koneksinya sudah tersedia sehingga tidak mengganggu aktivitas saat software akuntansi sudah mulai diaplikasikan di perusahaan.

Persiapkan waktu dan SDM untuk pelatihan

Sebelum memulai penerapan software akuntansi sebaiknya pihak perusahaan melakukan pelatihan bagi SDM nya untuk memudahkan pemahaman dan jobdesk masing masing bagian, dan tentunya juga dipersiapkan waktu yang tepat sehingga tidak mengganggu aktivitas operasional perusahaan.

Demikian artikel ini Persiapan Awal Bagi Pebisnis Sebelum Pakai Software Akuntansi dengan persiapan diatas diharapkan penggunaan software akuntansinya secara maksimal tidak ada keraguan dalam menggunakan software akuntansi yang sudah menjadi pilihannya. Bagi para pebisnis baru yang baru terjun ke duania bisnis ataupun para pelaku bisnis yang sudah berjalan lama namun masih menggunakan pembukuan secara manual inilah saat yang tepat untuk menggunakan software akuntansi yang dapat menunjang kinerja perusahaan sesuai dengan perkembangan teknologi dan sesuai kebutuhan yang semakin kompleks dan butuh informasi data perusahaan yang cepat, tepat dan akurat untuk keperluan bisnis.

 

Baca Juga Artikel Berikut :

  1. 5 tips dalam berbisnis agar omset tetap aman
  2. Laporan Di Accurate Software Mencegah Omset Terjun Bebas
  3. Belajar Bisnis dari Film Chef
  4. Kontrol Persediaan Barang Dagang dalam Perusahaan
  5. Yang Harus Dihindari Pengusaha Pemula dalam Berbisnis
  6. Cara Mencegah Terjadinya Kecurangan dalam Bisnis Anda
  7. Kapan saatnya Perusahaan Butuh Software Akuntansi