Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Perkembangan Industri Fashion Meningkat Tiap Tahunnya

Perkembangan Industri Fashion Meningkat Tiap Tahunnya
Perkembangan Industri Fashion Meningkat Tiap Tahunnya

Perkembangan Industri Fashion Meningkat Tiap Tahunnya | Produk fashion merupakan produk terlaris setiap tahunnya. Hal ini menunjukkan kebutuhan akan produk fashion di Indonesia semakin tinggi. Selain itu fashion juga merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia ( sandang ). Namun walaupun peluang sukses untuk berbisnis fashion terbuka luas, bukan berarti bisnis ini tidak bisa mengalami kegagalan. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan bisnis fashion mengalami hambatan. Untuk itu, sebelum memutuskan untuk terjun ke bisnis fashion, penting sekali untuk melalukan persiapan yang matang. Kebutuhan akan produk fashion terjadi disemua lapisan umur dan tidak memandang gender laki-laki ataupun perempuan mulai dari bayi, anak, dewasa hingga orang tua. Meski menjalankan bisnis fashion tergolong mudah, namun untuk memulai bisnis ini tidak boleh asal-asalan.

Baca Juga : Tips Untuk Memulai Usaha Dibidang Bisnis Import

Sebagai langkah awal, berikut hal-hal yang harus dilakukan sebelum memulai bisnis fashion, yaitu :

  1. Mengenali dan menentukan target pasar. Karena pasar untuk produk fashion begitu luas,mulai dari bayi, anak, dewasa hingga orang tua. Maka kita harus menentukan terlebih dahulu akan menjual produk fashion untuk siapa. Apakah produk fashion bayi, anak, dewasa, orang tua, atau bahkan mengkhususkan diri untuk menjual produk fashion laki-laki atau perempuan.
  2. Menentukan cara penjualan. Dewasa ini perkembangan digital cukup pesat, sehingga penjualan onlinepun ikut meningkat. Setelah menentukan produk apa yang akan dijual, kita perlu memutuskan akan berjualan secara offline, online atau keduanya. Jika memutuskan untuk berjualan secara offline, maka kita perlu menentukan lokasi yang strategis. Jika memutuskan berjualan secara online, maka kita perlu memutuskan marketplace dan metode online apa yang akan kita gunakan.
  3. Mempersiapkan modal. Setiap memulai bisnis apapun, modal merupakan hal yang sangat penting. Namun modal sedikit atau banyak bukanlah faktor penentu keberhasilan. Yang terpenting adalah kemampuan untuk mengelola dan mengatur modal untuk memulai bisnis. Untuk itu diperlukan rincian anggaran yang tepat dan terstruktur.
  4. Mempersiapkan produk. Produk fashion yang dijual haruslah mampu bersaing dengan kompetitor, baik dari segi harga maupun kualitas. Mengingat bahwa bisnis fashion memiliki persaingan yang sangat ketat. Apakah kita memutuskan untuk membuat brand clothing sendiri, menjual fashion import ataupun mengambil dari supplier lokal.
  5. Menentukan harga jual. Hal ini berkaitan dengan target market yang telah dipilih. Setelah menentukan target market, maka perlu ditentukan pula golongan target marketnya, apakah middle up atau middle down. Sehingga kita dapat menyediakan produk yang sesuai dengan target market dan golongannya. Serta lakukan analisis harga dengan cara membandingkan harga produk dengan semua kompetitor. Berapa kisaran harga untuk produk yang sama dipasaran.

Baca Juga : Mengenal Perbedaan Antara Pembukuan Dan Akuntansi

 

Faktor penentu kesuksesan bisnis fashion lainnya adalah strategi pemasaran yang efektif. Pilih jalur promosi yang tepat dan sesuai kebutuhan. Memasarkan produk secara online juga merupakan salah satu keharusan, karena dunia usaha sekarang semakin online dan digitalisasi. Buat social media untuk clothing brand atau store dan gunakan marketplace yang ada untuk menjangkau calon pembeli yang lebih luas. Strategi pemasaran lainnya yang dapat dicoba adalah dengan memberikan banyak promo menarik, seperti free delivery, diskon, voucher, member dan lain sebagainya.

Bisnis fashion merupakan bisnis yang menjanjikan karena Industri fashion merupakan industri yang berkembang pesat dan cepat. Bisa dikatakan bisnis fashion merupakan bisnis yang sangat kompetitif, maka dari itu pengusaha bisnis fashion akan selalu dituntut untuk selalu mengikuti tren yang sedang berkembang agar dapat bertahan dalam bisnis fashion.