Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

PERHITUNGAN HPP PRODUKSI SECARA AKTUAL COSTING

PERHITUNGAN HPP PRODUKSI SECARA AKTUAL COSTING — Harga Pokok Produksi adalah total keseluruhan biaya yang dikeluarkan untuk membentuk atau menghasilkan suatu produk yang nantinya akan dijual. Mengacu pada pengertian itu, maka bisa kita simpulkan bahwa HPP Produksi merupakan variabel yang penting dalam menilai kemampuan keuangan suatu perusahaan karena jika kita tidak memiliki HPP Produksi, kita tidak akan mengetahui laba atau rugi dalam menjual suatu produk.

PERHITUNGAN HPP PRODUKSI MENGGUNAKAN AKTUAL COSTING

Nah, di dalam HPP Produksi terdapat berbagai macam unsur yang mendukung terjadinya HPP Produksi itu sendiri seperti biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya overhead pabrik. Yang dimaksud dengan biaya bahan baku adalah biaya yang kita keluarkan untuk membeli bahan baku yang kemudian akan dirubah bentuk dan fungsinya menjadi barang baru. Sedangkan biaya tenaga kerja adalah biaya yang kita keluarkan dalam bentuk upah kepada tenaga kerja atau pekerja yang memproduksi suatu produk ( biasanya lebih kita kenal sebagai tim produksi ). Dan biaya overhead pabrik adalah biaya di luar biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja seperti biaya perbaikan mesin produksi dan lain-lain.

Untuk apa sih kita melakukan perhitungan HPP Produksi? Tujuannya adalah agar kita bisa menetapkan harga jual dari suatu produk dan mengetahui keuntungan dari penjualan produk tersebut. Selain itu kita juga bisa mengevaluasi hasil suatu pekerjaan ( untuk efisiensi kerja khususnya pada biaya yang timbul ketika produksi sedang berjalan ).

Kalau begitu bagaimana cara kita menghitung HPP Produksi? Ada beberapa tahap dalam menghitung HPP Produksi suatu produk. Yang pertama adalah dengan menghitung bahan baku yang digunakan untuk memproduksi dan menghasilkan suatu produk baru. Kemudian yang kedua adalah menghitung biaya-biaya yang timbul akibat proses produksi tersebut. Ketiga, saatnya menentukan HPP Produksi dengan cara ( total biaya bahan baku + total biaya produksi ) menjadi total HPP Produksi. Jika sudah, maka kita berlanjut ke tahap yang keempat yaitu menentukan harga jual dari suatu produk yang sudah jadi. Maksud dari penentuan harga jual ini adalah sebagai acuan kita untuk menilai keuntungan yang dihasilkan dari produk yang telah diproduksi tadi.

PERHITUNGAN HPP PRODUKSI SECARA AKTUAL COSTING — Jika anda ingin melihat-lihat artikel kami yang lain silahkan klik link yang ada di bawah ini.