Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Perhatikan Cara Mengelolah Persediaan Barang Dagang Dengan Benar dan Tepat

Perhatikan Cara Mengelolah Persediaan Barang Dagang dengan Benar dan Tepat | Persediaan Barang, Merupakan salah satu Faktor penting dalam Menunjang keberhasilan bisnis anda. Persediaan barang dagang harus anda atur dan kelolah dengan baik karena stock tersebut berhubungan langsung dengan transaksi jual beli yang menghasilkan omzet dan profit dalam sebuah Bisnis. Jangan sampai karena adanya kesalahan dan kelalaian manajemen stock membuat anda harus kehilangan pelanggan anda. 

Lalu apa saja hal yang harus andap perhatikan dalam mengelolah Persediaan barang dagang ? Yuk simak selengkapnya. 

MELAKUKAN PENCATATAN KELUAR MASUK BARANG

Hal pertama yang sangat penting untuk anda perhatikan dalam mengelolah persediaan barang adalah mencatat Setiap Barang yang masuk dan keluar. Anda harus menyediakan catatan file khusus untuk mencatat detail barang yang masuk, dari mulai nama, kuantitas, kategori, dan lain sebagainya selain itu anda juga harus mencatat darimana barang tersebut berasal, apakah dari pembelian atau mutasi gudang lain. Pastikan anda tidak melewatkan proses ini, karena proses pencatatan barang ini akan mempengaruhi pencatatan transaksi dagang anda nantinya. 

mENYEDIAKAN TEMPAT PENYIMPANAN / GUDANG YANG BAIK

Menyediakan tempat khusus untuk menyimpan barang dagang anda menjadi sangat penting untuk anda perhatikan. Sebenarnya tergantung barang apa yang sedang anda perjualbelikan. hal ini nantinya berkaitan dengan perawatan pada gudang tersebut. beberapa hal yang perlu anda perhatikan adalah sbb : 

  • Tata letak barang berdasarkan Tipe, jenis, atau kategori membuat barang lebih Rapi dan mudah ditemukan 
  • Memperhatikan keadaan gudang, temparatur, dan lokasi untuk kualitas barang tetap terjaga 
  • Memiliki Staff khusus gudang untuk melakukan manajemen gudang dapat memudahkan bisnis anda

MENENTUKAN METODE PERSEDIAAN YANG TEPAT

Selanjutnya, berkaitan dengan metode pencatatan persediaan. Di Negara kita Indonesia, terdapat 2 macam metode yang diperbolehkan yaitu FIFO dan Avarage. Ini akan berhubungan dengan pembelian dan penjualan. Anda perlu melakukan analisa yang tepat terkait plus minus menggunakan ke 2 metode tersebut. Seperti contohnya jika anda bergerak dibidang Farmasi, mungkin metode FIFO lebih tepat dikarenakan barang yang masuk kegudang terlebih dahulu akan dikeluarkan di awal pada saat penjualan. hal ini akan menjaga kualitas produk agar tidak terlalu tersimpan lama digudang. apalagi jika produk tersebut memiliki masa kadaluarsa. 

 

MELAKUKAN STOCK OPNAME SECARA RUTIN

Jangan lupa untuk melakukan stock Opname secara rutin. Buatlah jadwal internal dimana anda dan staf anda haru dan wajib melakukan Stock Opname tanpa terkendala adanya keluar masuk barang. Stock Opname berfungsi untuk memastikan barang sesuai dengan hasil catatan yang selama ini kita buat. selain itu, kita juga dapat mendata barang yang kemungkinan mengalami kerusakan, penurunan kualitas, ataupun bahkan hilang. Dengan demikian anda dapat segera mengambil langkah dan kebijakan terkait hal tersebut. 

MEMBUAT LAPORAN PERSEDIAAN SECARA REALTIME

Laporan persediaan tersusun berdasarkan catatan persediaan yang diolah secara sistematis sesuai dengan terjadinya mutasi barang. Membuat Laporan Persediaan secara realtime sebenarnya hampir tidak mungkin dilakukan sengan cara manual atau metode konvensional. Namun anda tetap dapat menjadwalkan laporan persediaan pada setiap harinya setelah semua transaksi dagang selesai agar catatan persediaan anda menjadi update. Alternatif lain, jika anda menginginkan Pencatatan secara Realtime, maka anda dapat menggunakan Sebuah Software seperti Software Akuntansi. 

Demikianlah Artikel mengenai “Perhatikan Cara Mengelolah Persediaan Barang dengan Benar dan Tepat” Semoga dapat bermanfaat untuk anda. Sampai Jumpa pada Artikel selanjutnya.