Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Perbedaan,Rumus Laba Kotor dan Laba Bersih

Perbedaan,Rumus Laba Kotor dan Laba Bersih Laba Kotor Laba Bersih | Laba adalah uang yang di dapatkan dalam bisnis, membandingkan laba saat ini dengan laba periode akuntansi sebelumnya membantu Anda memahami pertumbuhan bisnis dengan jelas. Untuk membuat laporan keuangan yang akurat dan memantau kesehatan keuangan bisnis Anda, Anda harus memahami kedua jenis laba yaitu laba kotor atau bisa dikatakan gross profit dan laba bersih atau bisa dikatakan net profit. 

Pengertian Laba Kotor ( Gross Profit )

Laba kotor adalah laba yang dihasilkan oleh bisnis setelah mengurangi semua biaya yang terkait dengan pembuatan dan penjualan produk atau barang, Anda dapat menghitung gross profit dengan mengurangi harga pokok penjualan (HPP) dari total penjualan bisnis Anda. Saat menghitung total penjualan sertakan semua barang yang dijual selama periode keuangan, tetapi tidak termasuk penjualan aset tetap seperti bangunan dan peralatan.

Rumus Laba Kotor

 

Pendapatan Anda adalah jumlah total yang Anda hasilkan dari penjualan, sekali lagi HPP Anda adalah biaya untuk membuat produk Anda. 

Pengertian Laba Bersih ( Net Profit )

Laba bersih adalah jumlah uang yang dihasilkan oleh bisnis Anda setelah dikurangi semua biaya operasi, bunga, dan pajak selama periode waktu tertentu, untuk sampai pada nilai ini Anda perlu mengetahui laba kotor pada bisnis Anda. Jika nilai laba bersih negatif maka itu disebut rugi bersih.

Rumus Laba Bersih 

Pengeluaran operasional, bunga, dan pajak membentuk total pengeluaran bisnis Anda, contoh – contoh biaya operasi termasuk biaya seperti sewa, depresiasi, dan gaji karyawan.

Pentingnya Mengetahui Perbedaan Gross Profit dan Net Profit

Ketika Anda baru memulai berbisnis atau bisnis Anda masih kecil, Anda perlu mengetahui gross profit dan net profit karena investor atau pemberi pinjaman ingin mengetahui kesehatan laporan keuangan bisnis Anda. Untuk membuat keputusan bisnis pun Anda perlu mengetahui gross profit dan net profit. Mengetahui gross profit juga membantu Anda mengurangi harga pokok penjualan atau meningkatkan harga pokok, dan jika net profit Anda jauh rendah dari gross profit Anda dapat menentukan pemotongan biaya.

Ingin Mengetahui Bagaimana ACCURTAE 5 Membantu dan Merapikan Pembukuan Bisnis Anda ?

Hubungi Kami via Telp/Email

031-5912996 / galaxy@myabcshop.com

Untuk mendapatkan Free Demo Presentasi Accurate Accounting Software Dekstop versi 5

Baca Juga