Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Perbedaan Sumber Daya Manusia VS Software Akuntansi Di Perusahaan

Perbedaan Sumber Daya Manusia VS Software Akuntansi Di Perusahaan
Perbedaan Sumber Daya Manusia VS Software Akuntansi Di Perusahaan

Perbedaan Sumber Daya Manusia VS Software Akuntansi Di Perusahaan | Di era milenial seperti saat ini, perkembangan digital begitu pesat. Semua orang seperti dituntut untuk lebih mengenal dekat dengan dunia digital, online dan sejenisnya. Memang tidak bisa dipungkiri hal tersebut memberikan kemudahan. Namun tidak semua orang dapat dengan mudah menerima dan membiasakan diri dengan perubahan ini.

Begitu juga dalam sebuah perusahaan. Hal pertama yang perlu diperhatikan secara serius dalam sebuah perusahaan adalah SDM ( Sumber Daya Manusia ) nya. Sebaik apapun sistem yang diterapkan dalam sebuah perusahaan, tidak akan dapat berjalan lancar apabila SDM nya tidak mendukung. SDM merupakan salah satu sumber daya paling penting dalam sebuah perusahaan. SDM dapat dikatakan sebagai salah satu faktor penentu kesuksesan sebuah perusahaan.

Perusahan yang ingin tetap bertahan disaat seperti ini adalah perusahaan yang mampu dan mau beradaptasi. Banyak perusahaan-perusahaan yang omset bisnisnya sudah semakin besar namun cara mengelolanya masih menggunakan cara lama. Semuanya masih serba manual, berdasarkan pencatatan. Stock bahan baku, stock gudang, pengeluaran, pendapatan, laba, rugi, dan sebagainya masih dilakukan secara manual, yaitu pencatatan. Entah pencatatan dibuku atau sudah dilakukan secara komputerisasi. Apakah hal tersebut salah? Tentu tidak. Namun akan lebih memudahkan apabila mulai beralih ke software akuntansi.

Software akuntansi akan meminimalisir kesalahan dan kecurangan dalam sebuah perusahaan, Karena semua sudah by sistem. Namun nyatanya masih banyak perusahaan yang masih “merasa kecil” dan belum memerlukan software akuntansi. Yang perlu digaris bawahi adalah software akuntansi tidak menggantikan SDM sebuah perusahaan. Software akuntansi hanya membantu dan memudahkan pekerjaan SDM sebuah perusahaan. Untuk itu penting untuk memiliki SDM yang mau menerima perubahan tersebut, mau belajar dan tidak merasa tersaingi dengan adanya software akuntansi. Banyak perusahaan yang belum atau tidak memakai software akuntansi karena SDM nya belum siap.

Program sebaik dan secanggih apapun tidak akan dapat berjalan dengan baik apabila SDM nya tidak mampu menguasai. Dengan software akuntansi berarti kita lebih sedikit menghabiskan waktu untuk mengerjakan administrasi secara manual dan lebih banyak waktu untuk mengembangkan bisnis. Bukankah itu yang diinginkan oleh banyak perusahaan?

Artikel Menarik Lainnya :