Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Perbedaan Software Paket VS Software Custom Untuk Bisnis

Perbedaan Software Paket VS Software Custom Untuk Bisnis
Perbedaan Software Paket VS Software Custom Untuk Bisnis

Perbedaan Software Paket VS Software Custom Untuk Bisnis|Software adalah suatu data yang diprogram dan disimpan secara digital untuk menjalankan suatu perintah, tidak memiliki bentuk fisik dan dapat dioperasikan menggunakan perangkat komputer. Jadi dapat dikatakan fungsi utama software adalah untuk membuat komputer dapat menjalankan perintah dari penggunanya. Contoh software yang digunakan sehari-hari oleh penggunanya antara lain adalah Microsoft Word, Excel, Power Point, Google Chrome, dan masih banyak lagi. Software sendiri memiliki banyak jenis dan klasifikasi serta fungsi yang berbeda-beda. Saat ini yang akan kita bahas secara khusus adalah mengenai sofware akuntansi.

Saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan software akuntansi. Mulai dari perusahaan berskala menengah hingga berskala besar. Penggunaan software akuntansi menawarkan banyak kemudahan. Tujuan dari software akuntansi dalam sebuah perusahaan adalah mendukung semua kegiatan pencatatan, mulai dari stok, hutang-piutang sampai dengan laporan keuangan perusahaan. Beberapa keuntungan dalam menggunakan software akuntansi:

  1. Memberikan kemudahan serta mempersingkat waktu pengerjaan laporan.
  2. Software akuntansi dikerjakan secara real time.
  3. Menghindari terjadinya kesalahan penghitungan.

Software akuntansi sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu:

  1. Software akuntansi paket. Software akuntansi paket adalah software akuntansi yang sudah terpaket. Fitur-fitur yang terdapat didalamnya tidak dapat diubah-ubah karena sudah disetting dan dipatenkan oleh pabriknya. Software akuntansi paket memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan software akuntansi custom. Penggunaanya juga lebih mudah dan relatif stabil.
  2. Software akuntansi custom. Software akuntansi custom adalah software yang dapat dimodifikasi sesuai dengan permintaan penggunanya. Harganya tentu lebih mahal jika dibandingkan dengan software akuntansi paket. Karena software custom ini tidak dibuat secara massal. Tanpa software akuntansi perusahaan akan lebih banyak menghabiskan waktu dalam membuat laporan keuangan, pencatatan stok, dan sebagainya. Dengan software akuntansi para pengusaha dapat melihat dengan jelas kondisi perusahaannya. Namun tentunya software akuntansi ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan peran manager akuntansi atau keuangan dalam sebuah perusahaan. Namun membantu dan mempermudah kinerjanya.

Memilih software akuntansi yang tepat akan membantu perusahaan bekerja lebih optimal. Software akuntansi membantu melihat kondisi perusahaan secara real yang dapat terlihat dari berbagai macam laporan dan pencatatan yang dikerjakan, karena laporan dalam software akuntansi ini terjadi secara berkesinambungan. Hal ini dapat membantu perusahaan mengambil keputusan atau langkah-langkah yang tepat dimasa yang akan datang.

Baca Artikel Menarik Lainnya :