Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Perbedaan Metode Persediaan Fifo Atau Average

Perbedaan Metode Persediaan Fifo Atau Average Metode Persediaan Fifo Average | Dalam akuntansi persediaan barang bisa dihitung dama 2 metode, dimana metode ini bisa disesuaikan dengan jenis perusahaan dan juga kepentingan perusahaan. 2 metode yang populer di gunakan di Indonesia adalah metode fifo ( first in first out) dan metode everage. Dalam praktiknya banyak perusahaan yang membuat asumsi tentang mekanisme cost persediaan masuk ke dalam dan keluar perusahaan, asumsi aliran cost persediaan tentunya harus sesuai dengan standart dan prinsip akuntansi yang berterima umum (PABU). Berikut adalah metode cost atau biaya persediaan dan perbedaannya yang penting untuk Anda ketahui. 

Metode Fifo 

Metode ini berprinsip ketika Anda membeli barang atau produk maka harga pokok barang itu akan menjadi barang pertama yang akan dijual, begitu pula dengan barang terakhir yang Anda beli akan menjadi barang terkahir yang akan Anda jual. Metode ini juga berpengaruh pada penetapan harga jual suatu produk, penentuan harga barang yang dijual pertama mengikuti penentuan harga pokok pembelian barang yang pertama. Metode fifo ini cocok di terapkan pada perusahaan yang menjual produk yang memiliki kadarluasa, seperti makanan, minuman, obat dan lain sebagainnya.  Metode fifo ini yang paling umum digunakan dalam penilaian persediaan, hal tersebut tentu saja karena ada kelebihan dan kekurangan yang dipertimbangkan. Berikut kelebihan dan kekurangan dari metode fifo; Perbedaan Metode Persediaan Fifo Atau Average

Metode Average 

Cara kerja dari metode average ini yaitu dengan membagi antara biaya barang yang tersedia untuk dijual dengan jumlah barang yang tersedia, perhitungan ini melahirkan harga rata – rata suatu barang atau produk. Pada metode ini Anda tidak perlu lagi menghitung lebih detail mengenai biaya pembelian barang pertama dan pembelian barang selanjutnya. Anda hanya perlu menjumlah harga barang dari pertama hingga terakhir dan kemudian membaginya dengan jumlah barang yang Anda miliki. Dalam penerapan metode average berarti perusahaan akan menggunakan persediaan barang yang ada di gudang untuk dijual tanpa memperhatikan barang mana yang masuk lebih awal atau terakhir.  

Ingin Mengetahui Bagaimana ACCURTAE 5 Membantu dan Merapikan Pembukuan Bisnis Anda ?

Hubungi Kami via Telp/Email

031-5912996 / galaxy@myabcshop.com

Untuk mendapatkan Free Demo Presentasi Accurate Accounting Software Dekstop versi 5

Baca Juga