Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Perbedaan Laba Kotor Dan Laba Bersih Suatu Usaha

Perbedaan Laba Kotor Dan Laba Bersih Suatu Usaha

Perbedaan Laba Kotor Dan Laba Bersih Suatu Usaha | Laba merupakan selisih harga penjualan dengan biaya produksi. Istilah lain yang lebih sering digunakan adalah keuntungan atau profit. Pada umumnya laba sering digunakan untuk menjadi tolak ukur dalam mengukur keberhasilan sebuah perusahaan. Unsur-unsur pembentuk terjadinya laba, yaitu:

  1. Pendapatan. Aliran masuk perusahaan yang berasal dari penjualan barang yang merupakan unit usaha pokok perusahaan.
  2. Beban. Aliran keluar perusahaan pada satu periode waktu tertentu yang berasal dari aktifitas operasional perusahaan.
  3. Biaya. Kas yang diperuntukan untuk barang atau jasa yang diharapkan dapat menjadi keuntungan.

Laba sendiri dibedakan menjadi dua, yaitu:

  1. Laba bersih. Laba bersih adalah nilai keuntungan atau kelebihan pendapatan dari aktifitas perdagangan dalam periode waktu tertentu setelah dikurangi oleh beban pajak.
  2. Laba kotor. Laba kotor adalah nilai keuntungan atau kelebihan pendapatan dari aktifitas perdagangan dalam periode waktu tertentu yang belum dikurangi oleh beban pajak.

Pengukuran laba bukan hanya untuk menentukan prestasi perusahaan, namun juga sebagai informasi penting dalam menentukan kebijakan investasi. Dalam dunia usaha laba digunakan untuk menunjukkan rasio keuangan dan margin profit. Laba usaha menggambarkan sejauh mana perusahaan dapat menekan biaya, hal ini menunjukkan apakah perusahaan mampu mengelola biaya dengan baik atau tidak. Karena bisa saja penjualan perusahaan naik, namun biaya operasionalnya juga ikut naik.

Berikut perbedaan laba kotor dan laba bersih dalam suatu usaha:

  1. Definisi. Laba kotor adalah nilai keuntungan perusahaan dalam satu periode tertentu yang belum dikurangi oleh beban pajak, sedangkan laba bersih adalah nilai keuntungan perusahaan pada satu periode waktu yang sudah dikurangi oleh beban pajak.
  2. Tujuan. Laba kotor dihitung untuk menentukan secara kasar profit perusahaan, laba bersih dihitung untuk menentukan apakah perusahaan mengalami untung atau rugi.
  3. Fungsi. Laba kotor dihitung untuk mengetahui dampak biaya produksi pada laba perusahaan, laba bersih dihitung untuk menentukan kinerja serta strategi perusahaan dalam menjalankan usahanya.

Kegiatan usaha dilakukan dengan tujuan menghasilkan keuntungan. Laba adalah uang yang didapat dalam suatu usaha. Membandingkan laba saat ini dengan laba dari periode sebelumnya akan membantu perusahaan memahami pertumbuhan usaha dengan jelas.