Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Peran Software Akuntansi Nyatanya Tidak Menggantikan Konsultan Pajak

Peran Software Akuntansi Nyatanya Tidak Menggantikan Konsultan Pajak
Peran Software Akuntansi Nyatanya Tidak Menggantikan Konsultan Pajak

Peran Software Akuntansi Nyatanya Tidak Menggantikan Konsultan Pajak | Konsultan Pajak adalah orang yang memberikan jasa konsultasi perpajakan kepada wajib pajak dalam rangka melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya sesuai dengan peraturan perundang – undangan perpajakan. Dengan begitu, pihak yang menggunakan jasa tersebut dapat melaksanakan kewajiban perpajakannya dengan baik. Sistem perpajakan di Indonesia semakin berkembang dengan mengikuti perkembangan jaman milenial ini. Yang dimana perpajakan dapat dibantu dengan seseorang atau suatu organisasi yang mempunyai ilmu pajak untuk melakukan perkerjaan pajak yang ada didalam perusahaan.

Konsultan pajak berhak untuk memberikan jasa konsultasi di bidang perpajakan sesuai dengan batasan tingkat keahliannya, yaitu:

  • Sertifikat Konsultan Pajak tingkat A, memberikan jasa di bidang perpajakan kepada WP ( wajib pajak ) orang pribadi dalam melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya, kecuali WP yang berdomisili di negara yang mempunyai persetujuan penghindaran pajak berganda dengan Indonesia.
  • Sertifikat Konsultan Pajak tingkat B, memberikan jasa di bidang perpajakan kepada WP orang pribadi dan WP badan dalam melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya, kecuali kepada WP penanaman modal asing, Bentuk Usaha Tetap, dan WP yang berdomisili di negara yang mempunyai persetujuan penghindaran pajak berganda dengan Indonesia.
  • Sertifikat Konsultan Pajak tingkat C, memberikan jasa di bidang perpajakan kepada WP orang pribadi dan WP badan dalam melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya.

Konsultan pajak mempunyai beberapa kewajiban antara lain :

  • Memberikan jasa konsultasi kepada WP dalam melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan perpajakan.
  • Mematuhi kode etik konsultan pajak dan berpedoman pada standar profesi konsultan pajak yang diterbitkan oleh asosiasi konsultan pajak.
  • Mengikuti kegiatan pengembangan profesional berkelanjutan yang diselenggarakan atau diakui oleh asosiasi konsultan pajak dan memenuhi satuan kredit pengembangan profesional berkelanjutan.
  • Menyampaikan laporan tahunan konsultan pajak.
  • Memberitahukan secara tertulis setiap perubahan pada nama dan alamat rumah dan kantor dengan melampirkan bukti perubahan dimaksud.

Tugas perpajakan sudah dibantu dengan konsultan pajak sehingga dapat mempermudah perusahaan melakuka pelaporan pajak. Tetapi konsultan pajak juga membutuhkan kerjasama dengan software keuangan untuk melakukan pencatatan pembukuan dalam komputerisasi. Dengan adanya software keauangan yang sudah ada fitur perpajakan akan memudahkan konsultan pajak membuat mengedit atau audit laporan keuangan dan perpajakan didalam perusahaan.

Bapak dan Ibu ingin mengetahui Informasi tentang Software kami Dapat menghubungi Saya, Dekky Tendean 0817378583 dekky@myabcshop.com Free Trial dan Free Presentasi

Dekky Tendean 0817378583

Baca Artikel Menarik Lainnya :