Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Pentingya Fungsi Kegunaan Faktur Penjualan Dalam Suatu Bisnis

Pentingya Fungsi Kegunaan Faktur Penjualan Dalam Suatu Bisnis

Dalam Sebuah Bisnis apapun bentuknya, Baik Bisnis di bidang trading, Jasa, Sampai dengan Manufaktur dalam melakukan Transaksi dengan pelanggan tidak akan lepas dengan namanya Faktur Penjualan. Faktur Penjualan Merupakan arsip akuntansi  yangmencatat transaksi bisnis atau informasi Tagihan transaksi kepada pelanggan atas pembelian suatu barang/ jasa. Faktur Penjualan Umumnya dikirim oleh Supplier beriringan  dengan atau setelah pengiriman barang/ jasa.

Fungsi Dan Kegunaan Faktur Penjualan

  • Faktur Penjualan  Sebagai Bukti dan Informasi tertulis terkait  Transaksi Penjualan kuantitas dan harga barang yang dibeli oleh pelanggan
  • Faktur Penjualan Sebagai Penjelasan seberapa besar jumlah tagihan dan termin pembayaran yang harus dibayarkan oleh pembeli.
  • Faktur Penjualan dapat digunakan sebagai instumen bukti dokumentasi yang sah untuk pelaporan perpajakan
  • Faktur Penjualan dapat digunakan sebagai Landasan dalam Perencanaan dan pembuatan Laporan keuangan bisnis
  • Faktur penjualan dapat digunakan sebagai arsip referensi acuan ketika barang atau jasa yang tercantum akan dijual ke pihak lain
  • Faktur penjualan dapat digunakan sebagai arsip acuan Referensi ketika barang atau jasa diterima oleh pembeli
  • Fakfur penjualan Sebagai instrumen bukti barang yang dibeli oleh pelanggan sesuai dengan yang dibeli, Apabila terjadi kesalahan, pelanggan bisa menggunakan faktur penjualan untuk melakukan komplain.

Elemen Penting Dalam Faktur Penjualan

Dalam membentuk faktur penjualan atau  membuat bukti transaksi penjualan yang sesuai sebenarnya tidak memiliki bentuk Baku. akan tetapi secara spesifik elemen yang harus tertera pada faktur penjualan yang perlu diperhatikan antara lain:

  • Informasi Nama Perusahaan Atau Identitas Penjual meliputi nama, logo serta alamat perusahaan.
  • Informasi Identitas Pembeli /Pelanggan,komponen ini  berisi nama konsumen yang bertransaksi dengan Penjual lengkap dengan alamat kantornya
  • Nomor seri/nomor transaksi. Faktur penjualan umumnya  memiliki kode transaksi yang disusun berdasarkan kebutuhan dalam penerbitannya. Fungsi dari nomor seri /penomoran transaksi dapat memisahkan transaksi satu dengan lainnya
  • Waktu Dan Tanggal Terjadinya Transaksi ( waktu dan tanggal transaksi dijadikan Acuan  mencatat jurnal harian berdasarkan faktur penjualan)
  • Detail transaksi. Dalam detail transaksi memuat Informasi Barang dan Jasa yang dibeli (Detail Nama Barang, Kuantitas, Harga )
  • seberapa besar jumlah nominal yang dibayar. ( Nominal yang Tercantum  pada faktur penjualan meliputi sub-total dari setiap Barang PPN yang dipungut dan total harga yang harus dibayar konsumen.
  • Persyaratan dan metode Pembayaran ( Dalam persyaratan dan Metode pembayaran memuat dan meliputi tanggal jatuh tempo, Metode pembayaran, Tanggal Pembayaran.
  • Nama-tanda tangan yang mengeluarkan Faktur Penjualan ( Dalam Hal ini penjual)  dan nama-tanda tangan pelanggan. sebagai tanda dan keterangan bahwa transaksi sudah dilakukan dan atas persetujuan kedua belah pihak.

Cara Membuat Faktur Penjualan

Faktur penjualan Memiliki peranan penting bagi keberlangsungan bisnis Anda. dalam membuat faktur penjualan secara umum dibagi menjadi dua cara yaitu secara modern maupun secara  manual. dari kedua cara tersebut harus disesuaikan dan dipilih tergantung sepenuhnya pada preferensi suatu perusahaan.

jika anda memilih  cara manual, anda dapat melakukan   dengan cara menuliskan atau mengisi informasi. Informasi yang harus diisi tersebut memuat diantaranya adalah detail pembelian, jumlah pembayaran, identitas diri, dan juga informasi-informasi penting lainnya yang sekiranya perlu untuk dimasukan untuk  Kelengkapan anda dalam membuat faktur penjualan

Jika Anda Memilih Secara modern, anda dapat memakai  bantuan software akuntansi. Dengan memakai  software akuntansi, bagian divisi  penjualan dapat membuat, mencetak, dan mengirimkan faktur secara cepat. Selain itu software akuntansi menyediakan template rancangan  faktur dengan bentuk yang baku tetapi Anda juga dapat memodifikasi sesuai dengan keperluan dan kebutuhan bisnis Anda.

.Demikian lah Artikel mengenai pentingnya Fungsi Dan Kegunaan Faktur Penjualan Dalam Suatu bisnis Semoga dapat bermanfaat dan menginspirasi Anda.

Dalam Artikel Selanjutnya akan membahas Alat bantu software akuntansi yang dapat membantu pebisnis dalam membuat, mencetak dan mengirimkan faktur secara cepat

Baca Juga :