Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Pentingnya Rekonsiliasi Bank Terhadap Laporan Keuangan Perusahaan

Pentingnya Rekonsiliasi Bank Terhadap Laporan Keuangan Perusahaan
Pentingnya Rekonsiliasi Keuangan Perusahaan

Pentingnya Rekonsiliasi Keuangan Perusahaan |Bukan rahasia umum lagi jika perusahaan akan menyimpan dana atau kas yang dimiliki disebuah bank. Alasannya tak lain karena penyimpanan uang di bank dianggap paling aman. Agar catatan keuangan dari pihak bank dan perusahaan sesuai diperlukan upaya untuk menyamakan laopran keuangan dari kedua pihak. Biasanya perusahaan dan bank akan melakukan pengecekan pada rekening kas dengan catatan kredit bank pada laporan bank dikolom penerimaan serta kredit rekening.

Atas dasar itu dibentuklah rekonsiliasi bank agar perusahaan dapat mengentahui perbedaan catatan keuangan dengan pihak bank. Untuk itu pada artikel ini akan dijelaskan rekonsiliasi bank beserta alasan mengapa perlu rekonsiliasi, tujuan utama rekonsiliasi bank.

Pengertian Rekonsiliasi Bank

Rekonsiliasi bank adalah daftar dan jumlah transaksi yang menyebabkan saldo kas dari laporan bank berbeda dengan saldo kas pada pembukuan perusahaan. Rekonsiliasi bank berguna untuk mengecek ketelitian pencatatan rekening kas bank dan kas perusahaan serta mengetahui penerimaan atau pengeluaran yang belom dicatat oleh perusahaan.

Mengapa Perlu Rekonsiliasi Bank Bagi Laporan Keuangan Perusahaan

Pentingnya Rekonsiliasi Bank Terhadap Laporan Keuangan Perusahaan

Rekonsiliasi bank diperlukan karena beberapa alasan berikut :

  1. Jumlah selisih dari dari saldo kas pada laporan bank yang berbeda dengan pembukuan perusahaan bisa Anda ketahui.
  2. Penyebab – penyebab selisih saldo kas pada catatan bank dan perusahaan dapat diketahui.

Kapan Sebaiknya Melakukan Rekonsiliasi Bank ?

Pada perusahaan paling sedikitnya akan melakukan rekonsiliasi bank sekali setiap akhir bulan. Proses ini dilakukan setelah bank mengirim laporan bank perusahaan yang berisi saldo awal kas, transaksi selama satu bulan dan saldo akhir kas di bank tersebut.

Tujuan Utama dari Rekonsiliasi Bank

  • Mencegah Penyelewengan Dana. Bentuk dari penyelewengan dana dapat berupa transaksi fiktir atau semacamnya yang sebenernya tidak pernah terjadi. Jadi melalui proses rekonsiliasi bank kedua belah pihak dapat memastikan bahwa seluruh proses transaksi atau pembayaran telah melalui proses pengecekan dan telah di setor ke pihak bank
  • Mengeoreksi Proses Pencatatn. Tujuan dari rekonsiliasi bank adalah untuk mengoreksi proses pencatatan saat diketahui terdapat kesalahan atau perbedaan nominal saldo. Melalui proses ini jumlah kas masuk dan keluaryang mungkin keliru atau belum tercatat akan diketahui dan dapat dikoreksi dengan membuat jurnal penyesuain.

Ingin Mengetahui Bagaimana ACCURTAE 5 Membantu dan Merapikan Pembukuan Bisnis Anda ?

Hubungi Kami via Telp/Email

031-5912996 / galaxy@myabcshop.com

Untuk mendapatkan Free Demo Presentasi Accurate Accounting Software Dekstop versi 5

Baca Juga