Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Pentingnya Pembukuan Bisnis Keuangan Untuk Pengusaha

Pentingnya Pembukuan Bisnis Keuangan Untuk Pengusaha | Pembukuan bisnis keuangan adalah suatu proses pengumpulan data dan informasi yang berhubungan dengan keuangan pada usaha kita secara teratur dan terperinci. Hal itu meliputi modal, biaya dan penghasilan, kewajiban, dan sebagainya. Kemudian di akhir dari proses tersebut biasanya dibuat sebuah laporan keuangan. Dengan demikian, kita bisa mengetahui bagaimana hasil yang diperoleh oleh usaha kita dan juga membandingkannya antara rencana atau rancangan usaha serta target yang sudah ditetapkan sebelumnya. 

Salah satu kesalahan yang sering menjerumuskan pengusaha ialah mencampur adukkan keuangan. Pengusaha pemula kerap kebingungan memisahkan keuangan pribadinya dari keuangan perusahaan. Hal inilah yang akan menimbulkan kerancuan. Tidak sedikit pebisnis yang tidak mengetahui berapa keuntungan atau kerugian usaha yang mereka jalankan dikarenakan mereka mencampur adukan biaya dan hasil bisnisnya kedalam satu wadah dan memakainya untuk keperluan sehari-hari.

Pentingnya Pembukuan Bisnis Keuangan Untuk Pengusaha

  • Bisa diketahuinya progress bisnis yang dijalankan, apakah hasil yang didapat untung atau rugi.
  • mampu mengontrol biaya yang dikeluarkan dalam operasional bisnis tersebut.
  • bisa mengetahui secara pasti hutang ataupun piutang .
  • Dapat mengetahui asset yang dimiliki seluruhnya
  • Dapat mengetahui kewajiban yang timbul dari bisnis tersebut ( misalnya: pajak ).
  • Meminimalkan resiko kehilangan asset, produk/barang ataupun uang.

Dengan melakukan pembukuan maka akan semakin mudah untuk para pelaku usaha mengambil strategi jitu untuk mendongkrak bisnis mereka. Padahal setiap perusahaan termasuk skala mikro dan kecil wajib memiliki sistem pembukuan dan laporan keuangan usaha sebagai alat manajemen kinerja.

Pembukuan pun dapat digunakan sebagai peta dalam membuat keputusan yang tepat untuk memaksimalkan profit, pengaturan arus kas, hingga mengambil perencanaan strategis. Syarat usaha mikro untuk menjadi besar adalah harus bisa membuat perencanaan strategis. Hal ini sulit dicapai oleh pelaku usaha yang tidak menerapkan pembukuan karena mereka cenderung tidak mampu memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan perusahaan

Dengan memisahkan keuangan dan mencatat setiap transaksinya, pelaku usaha akan lebih mudah menerapkan pembukuan biaya berupa pelacakan, pencatatan, dan analisis terhadap biaya-biaya yang dikeluarkan. Pembukuan biaya berperan membantu manajemen usaha dalam proses pengendalian dan perencanaan untuk memperbaiki efisiensi serta kualitas, baik untuk keputusan rutin maupun strategis atau jangka panjang.

untuk mempermudah pembukuan dengan lebih rapi efektif dan efesien dibutuhkan alat bantu bernama Software akuntansi. Dengan adanya Software Akuntansi maka Pengusaha tidak perlu repot-repot lagi menghitung laba rugi perusahaan per bulannya, atau pencatatan pembukuan untuk pajak. Kehadiran software akuntansi perusahaan dapat membantu perusahaan untuk mengurangi kegiatan administrasi hingga 80%.

Efisienkan waktu Anda dengan menggunakan Software Akuntansi

Ingin Tahu Bagaimana Software Akuntansi Dapat Membantu Meningkatkan Performa Bisnis Anda ?

CARI TAU SELENGKAPNYA DENGAN KLIK DISINI

Baca Juga :