Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Pentingnya Pembukuan Akuntansi Bagi Bisnis Pemula

Pentingnya Pembukuan Akuntansi Bagi Bisnis Pemula
Pentingnya Pembukuan Akuntansi Bagi Bisnis Pemula |
Bagi para pelaku bisnis pemula, membuat pembukuan awal yang sederhana adalah hal yang sangat penting, hal ini merupakan kunci awal agar usaha yang anda jalankan bisa berhasil. Pembukuan tidak hanya berisikan laba dan rugi saja. Dengan pembukuan yang dibuat kita dapat melihat informasi mengenai perusahaan kita, seperti stok barang, pengeluaran/pemasukan, laba/rugi, omset penjualan, dan sebagainya. Dengan adanya informasi tersebut nantinya akan membantu kita dalam mengambil keputusan/kebijakan bagi perusahaan dimasa yang akan datang. Pembukuan dibuat dengan tujuan membantu perusahaan berjalan kearah yang jelas.
Pembukuan yang sederhana dapat dibuat dengan mudah tanpa harus menggunakan banyak istilah dalam akuntansi. Dengan pembukuan yang sedehana, transparant dan mudah dipahami, diharapkan keuangan perusahaan dapat dikelola dengan baik. Kondisi keuangan perusahaan yang stabil merupakan salah satu cara melihat apakah perusahaan dalam kondisi yang sehat sehingga memungkinkan perusahaan untuk berkembang dengan maksimal.
Namun bagi sebagian orang membuat pembukuan adalah hal yang rumit, sehingga banyak yang mengabaikan pentingnya membuat pembukuan diawal usaha yang sedang dirintis. Berikut adalah langkah mudah dalam membuat pembukuan yang sederhana tanpa harus menggunakan istilah akuntansi yang rumit:
  1. Catatan pengeluaran. Mencatat semua pengeluaran atau belanja operasional pada waktu memulai usaha. (Contoh: membeli bahan baku, gaji karywan, dan sebagainya). Dengan mencatat semua pengeluaran kita dapat mengetahui berapa modal yang dikeluarkan pada waktu memulai usaha.
  2. Catatan pemasukan. Mencatat semua pemasukan yang diterima perusahaan, baik hasil penjualan perhari ataupun piutang yang telah dibayar.
  3. Buku kas. Menggabungkan catatan pemasukan dan pengeluaran. Sehingga dapat dengan mudah melihat keuntungan atau kerugian yang dialami perusahaan. Pencatatan ini juga berguna untuk melihat apakah perusahaan mengalami kekurangan dana sehingga dapat mengambil keputusan untuk langkah selanjutnya.
  4. Pencatatan stok barang. Mencatat jumlah barang yang masuk dan keluar setiap hari. Hal ini juga bertujuan untuk mengetahui berapa jumlah persediaan barang yang dimiliki, dan menghindari kecurangan yang dapat dilakukan oleh supplier ataupun pegawai perusahaan.
Pentingnya Pembukuan Akuntansi Bagi Bisnis Pemula, semua pencatatan diatas harus dilakukan secara kontinu dan berkesinambungan setiap harinya, dengan begitu kita dapat mengontrol keuangan perusahaan yang nantinya akan berkaitan  dalam pengambilan keputusan dengan segala kegiatan operasional, seperti kegiatan pemasaran, kegiatan produksi, dan sebagainya.