Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Pentingnya Mengelola Manajemen piutang Usaha Distribusi

Pentingnya Mengelola Manajemen piutang Usaha Distribusi
Mengelola Manajemen Piutang Usaha

Mengelola Manajemen Piutang Usaha | Piutang adalah salah satu jenis aktiva dalam sebuah usaha distribusi. Piutang timbul karena adanya penjualan barang yang dilakukan bedasarkan kredit. Dengan kata lain piutang merupakan utang dari pihak lain berupa uang akibat dari pembelian produk yang mereka lakukan secara kredit. Dalam sudut pandang akuntansi piutang merupakan tuntutan dari Anda kepada pihak eksternal yang diharapkan akan diselesaikan dengan cara penerimaan jumlah uang tunai yang sesuai.

Banyak pelaku usaha distribusi menerapkan kebijakan pembayaran kredit meski akan lebih baik jika membayar tunai, tetapi piutang dapat meningkatkan keuntungan bisnis. Salah satu alasan kenapa menerapkan kebijakan piutang karena daya beli konsumen terbatas, dengan adanya piutang diharapkan konsumen masih tetap membeli produk yang Anda tawarkan sehingga penjualan tetap berjalan.

Alasan Kenapa Manejemen Piutang Itu Penting

Mempengaruhi Arus Kas

Piutang akan mempengaruhi secara langsung arus kas usaha distribusi Anda karena karena penumpukan piutang menyebabkan arus kas tidak lancar. Sebaliknya nilai arus kas yang tinggi menjadi salah satu keberhasilan dalam mengontrol manajemen piutang.

Eksistensi Bisnis

Tujuan adanya piutang adalah untuk meningkatkan penjualan, adanya keterbatasan daya beli konsumen, atau menghadapi persaingan beberapa usaha distribusi lainnya. Untuk itu perlu disusun suatu prosedur yang baik demi kemajuan usaha distribusi Anda.

Cara efektif mengelola manajemen piutang

Pentingnya Mengelola Manajemen piutang Usaha Distribusi

*Membuat Daftar Khusus Piutang

Langkah yang pertama yaitu membuat daftar khusus piutang, rencanakan jumlah dan pengumpulan piutangnya. Rincian daftar khusus piutang meliputi informasi seperti nama, tanggal piutang, tanggal jatuh tempo, jumlah terutang, alamat dan kontak yang dapat dihubungi untuk menagih.

*Pengendalian Piutang

Kendalikan piutang usaha distribusi Anda melalui beberapa cara dibawah ini :

  • Menyaring pelanggan yang dapat memperoleh piutang
  • Menentukan return atau potongan-potongan kredit
  • menentukan resiko kredit
  • Melaksanakan administrasi yang berhubungan dengan penarikan kredit
  • Menetapkan ketentuan untuk menghadapi piutang yang menunggak.

*Menghitung Perputaran Piutang

Untuk menilai efisiensi pengumpulan piutang Anda perlu menghitung perputaran piutang. Perputaran piutang adalah lamanya atau periode waktu dana dari piutang itu sendiri. Jika rata-rata pengumpulan piutang lebih lama dibandingkan dengan batas pembayaran maka artinya pengumpulan piutang yang Anda lakukan tidak efisien.

Ingin Mengetahui Bagaimana ACCURTAE 5 Membantu dan Merapikan Pembukuan Bisnis Anda ?

Hubungi Kami via Telp/Email

031-5912996 / galaxy@myabcshop.com

Untuk mendapatkan Free Demo Presentasi Accurate Accounting Software Dekstop versi 5

Baca Juga