Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Pentingnya Memisahkan Keuangan Pribadi Dan Perusahaan

Pentingnya Memisahkan Keuangan Pribadi Dan Perusahaan
Pentingnya Memisahkan Keuangan Pribadi Dan Perusahaan

Pentingnya Memisahkan Keuangan Pribadi Dan Perusahaan | Bagi para pelaku usaha, managemen keuangan merupakan sesuatu yang penting dan harus untuk dilakukan. Pengelolaan cash flow, analisis pengeluaran dan pemasukan serta pembukuan keuangan yang merupakan bagian dalam managemen keuangan dapat menjadi dasar pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Managemen keuangan bertujuan meminimkan kesalahan dan resiko bagi para pelaku usaha dalam menjalankan usahanya. Kesalahan yang paling sering terjadi adalah tidak adanya pemisahan keuangan antara keuangan perusahaan dan keuangan pribadi. Hal ini dapat disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah biasanya para pelaku usaha memulai usahanya dengan modal sendiri. Sehingga sejak awal berjalannya usaha tidak adanya pemisahan antara keuangan perusahaan dan keuangan pribadi.

Padahal jika tidak melakukan pemisahan keuangan, maka resiko keuangan lebih mudah terjadi pada usaha anda. Untuk itu sangat penting untuk melakukan pemisahan keuangam sedini mungkin. Sebab seiring berkembangnya usaha yang sedang dijalankan, maka akan semakim sulit untuk melakukan pemisahan keuangan. Sering kali dana dari perusahaan digunakan untuk kepentingan pribadi. Sehingga membuat laporan keuangan menjadi berantakan. Dengan melakukan pemisahan keuangan, maka managemen keuangan akan lebih mudah dilakukan. Salah satu faktor perusahan dapat berkembang dengan baik adalah dengan adanya pemisahaan keuangan pribadi dan perusahaan.

Berikut beberapa manfaat yang didapat dengan adanya pemisahan antara keuangan pribadi dan perusahaan:

  1. Laporan keuangan lebih rapi. Dengan memisahkan biaya pribadi dari keuangan perusahaan, laporan keuangan dapat menjadi lebih rapi. Sehingga dapat menggambarkan kondisi keuangan dalam perusahan dengan benar.
  2. Keuangan lebih stabil. Karena pendapatan yang diperoleh perusahaan tidak digunakan untuk biaya pribadi, maka keuangan perusahaan dapat menjadi lebih stabil.
  3. Image perusahaan lebih profesional. Pemisahan keuangan pribadi dan perusahaan dapat membuat citra perusahaan meningkat. Perusahaan dinilai profesional karena memiliki rekening bisnis sendiri.
  4. Dasar pertimbangan pengambilan keputusan. Dengan adanya pemisahan keuangan, pertumbuhan perusahaan dapat terlihat dengan jelas. Seberapa baik usaha yang sedang dijalankan ini berkembang. Dengan demikinan dapat menjadi dasar pertimbangan dalam pengambilan keputusan.
  5. Dasar perhitungan pajak. Jika tidak adanya pemisahan keuangan, tentu dapat menjadi blunder dari mana pajak yang harus kita bayarkan dihitung. Karena dalam laporan keuangam terdapat biaya pribadi yang tidak berhubungan dengan perusahaan.

Penerapan manageman keuangan yang profesional sangat penting agar usaha tetap bertahan dan dapat berkembang. Dengan memisahkan keuangan pribadi dan perusahaan dapat mempermudah untuk mengukur seberapa besar pencapaian dalam perusahaan sudah tercapai. Selain itu dengan adanya pemisahan keuangan dapat dipastikan apakah perusahaan dalam kondisi yang menguntungkan atau justru merugi.