Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Pentingnya Melakukan Stock Opname untuk Bisnis Anda

stock opname

Pentingnya melakukan Stock Opname 

Pengertian Stock opname

Apa itu Stock Opname ? Stock Opname merupakan suatu kegiatan atau aktifitas perhitungan fisik barang stock yang ada di dalam toko atau gudang. Aktifitas Stock Opname penting dilakukan untuk mengetahui secara pasti kecocokan barang aktual dengan pembukuan internal. Stock Opname sendiri dapat berfungsi sebagai pengendalian internal. Setiap 

Bisnis dagang memerlukan aktifitas stock Opname. Bayangkan jika anda sebagai pelaku usaha yang memiliki banyak stock lalu anda melakukan transaksi penjualan dan pembelian tanpa melakukan pemantauan dan cek stock secara rutin. Jika terjadi selisih barang yang berlarut – larut maka pasti akan terjadi kekacauan terkait mutasi dan nilai barang anda. 

pentingnya melakukan stock opname

Setelah kita memahami mengenai Pengrtian dan apa itu stock opname. Kali ini sesuai judul artikel ini saya Akan membahas mengenai Pentignya Melakukan stock opname. Hal ini tentunya dapat ditinjau dari Tujuan dan manfaat dari stock opname itu sendiri. Yuk simak selengkapnya. 

Tujuan stock opname

  • Untuk mengetahui dan menghitung jumlah barang yang sebenarnya
  • Untuk mencegah adanya kerugian yang disebabkan adanya kerusakan dan kehilangan barang yang tidak terdeteksi 
  • Untuk menganalisa ketersediaan dan perhitungan bahan baku saat melakukan produksi
  • Untuk mempermudah perhitungan pencatatan mutasi keluar masuknya barang 

manfaat stock opname

  • Dapat menghitung Nilai pasti dari barang yang tersedia 
  • Dapat mengambil kebijakan dan keputusan jika terjadi selisih atas barang yang telah di cek 
  • Dapat menganalisa Perkembangan suatu usaha dengan membandingkan data periode tahun lalu dan saat ini misalnya. 
  • Dapat Mengidentifikasi kelalaian dan kecurangan sejak awal 
  • Dapat mempermudah melakukan perhitungan HPP 

tips melakukan stock opname

  • Manejemen Penataan Barang untuk mempermudah Stock Opname

Anda dapat mengatur dan memetakan tata letak barang yang anda miliki untuk mempermudah melakukan pengecekan dan perhitungan pada saat stock opname. Penataan Barang dengan rapi dan tepat juga akan meminimalisir terjadinya kesalahan pengecekkan pada banyaknya tumpukan barang digudang anda. 

  • Tentukan Periode Rutin Sesuai dengan kebutuhan Bisnis Anda 
Anda dapat membuat Jadwa Rutin untuk melakukan Stock Opname. Periode Stock Opname dapat berbeda pada masing- masing bisnis. Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda. Beberapa usaha menilai Stock Opname efektif di lakukan stiap bulan. atau mungkin banyak nya stock membuat anda harus melakukan stock Opname setiap minggu.  
  • Pilih Pegawai yang tepat untuk melakukan Stock Opname
Anda dapat mempercayakan Aktifitas Stock Opname pada karyawan/ pegawai yang anda percayai. Pastikan anda memiliki SOP dan aturan tegas terhadap setiap user yang melakukan tugas Stock Opname. Hal ini dapat meminimalisir adanya tindakan kecurangan dari oknum yang tidak bertanggung jawab.

  • Melakukan Pencatatan Penyesuaian stock sesaat setelah stock Opname 
Yang terakhir adalah langkah yang penting untuk anda lakukan. yaitu melakukan pencatatan segera setelah stock opname selesai dilakukan. Untuk pencatatan ini anda dapat menggunakan cara manual atau digital dengan menggunakan program atau software pembukuan. Biasanya pada software Pembukuan, Penyesuaian stock lebih mudah dilakukan karena langsung terintegrasi dengan nilai akun yang diperlukan. 

Demikianlah Artikel mengenai Pentingnya Melakukan Stock Opname pada bisnis Anda. Semoga dapat bermanfaat dan menginspirasi anda. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.