Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Pentingnya Manajemen Piutang Usaha dan Tips Mengelolahnya

Piutang usaha

Pentingnya Manajemen Piutang Usaha | Secara Garis besar Piutang adalah tagihan kepada pihak lain dimasa yang akan datang karena terjadinya transaksi dimasa lalu. Piutang Usaha merupakan salah satu unsur dari aktiva lancar dalam neraca perusahaan yang timbul akibat adanya penjualan barang dan jasa atau pemberian kredit terhadap debitur. Umumnya Lamanya piutang di suatu usaha berkisar antara 30 hari sampai 60 hari. Namun tidak ada aturan baku terkait hal itu. Anda dapat membuat kebijakan sesuai kondisi perusahaan. Lalu bagaimana sebaiknya mengelolah Piutang pelanggan ? Sebelumnya Kita simak tentang alasan Pentingnya Manajemen piutang usaha. 

Mengapa Manajemen Piutang itu Penting ?

  • Berpengaruh Pada Arus Kas

Arus kas merupakan informasi rinci yang berkaitan dengan transaksi yang telah dilakukan pada periode tertentu, baik itu transaksi Penerimaan atau Pengeluaran. Nilai Arus kas berfungsi untuk mengetahui secara ril nilai atau saldo kas untuk selanjut nya digunakan untuk kegiatan dagang dan operasional. Piutang Akan berpengaruh secara langsung dengan arus kas perusahaan. Penumpukkan Piutang usaha akan membuat arus kas tidak lancar. sebaliknya Nilai Arus kas yang tinggi menjadi salah satu keberhasilan pengontrolan Hutang Piutang perusahaan. Penjualan secara kredit memang akan dapat meningkatkan omset penjualan, akan tetapi juga memiliki resiko tertundanya penerimaan kas, sehingga membutuhkan investasi yang lebih besar. Selain itu dapat juga mengakibatkan kerugian karena menunggak atau bahkan tidak tertagih.  

  • Eksistensi Bisnis 

Tujuan adanya piutang memang memiliki alasan. Beberapa diantaranya misalnya untuk meningkatkan Penjualan, adanya keterbatasan daya beli customer , ataupun untuk menghadapi persaingan dengan beberapa perusahaan lainnya. Hal ini erat kaitanya dengan eksistensi Perusahaan yaitu tentang bagaimana perusahaan dapat terus bertahan dan melakukan Kegiatan dagang dalam masa yang panjang.  Untuk itu perlu disusun suatu prosedur yang baik demi kemajuan perusahaan dan kerjasama yang efektif dengan para pelanggan.

TIPS Manajemen PIUTANG USAHA ANDA

piutang

Mengelompokkan Pelanggan Berdasarkan beberapa Tipe

Tips Pertama adalah mengelompokkan pelanggan berdasarkan beberapa Tipe, Mengapa hal ini penting ? Piutang erat kaitannya dengan pelanggan atau customer. Bagi sebuah bisnis, Pelanggan adalah Mitra bisnis yang tidak boleh kita lepas begitu saja. Apalagi jika pelanggan tersebut termasuk “Loyal Customer” yaitu pelanggan yang sering melakukan pembelian pada produk kita. Data yang Anda buat untuk tipe pelanggan juga dapat anda jadikan acuan untuk mengambil keputusan terkait pemberian piutang pada pelanggan tertentu.

Menentukan Termin yang Tepat untuk masing- masing Tipe Pelanggan

Hal kedua yang dapat anda lakukan adalah menentukan Termin Bagi masing- masing pelanggan anda.  Termin Pelanggan harus anda tentukan seefektif mungkin. anda dapat mengatur dan mengukur berdasarkan Skala prioritas Tipe pelanggan. anda juga dapat menganalisa Laporan pelunasan pelanggan pada periode sebelumnya atau mengadakan survey pelanggan baru untuk menentukan Termin yang tepat. 

Membuat Batasan Maksimal Piutang

Jangan karena ingin menjual secara continue pada 1 pelanggan anda mengabaikan Kedisiplinan pembayaran pelanggan tersebut. Ingatlah Piutang yang berlebih dapat mempengaruhi kondisi keuangan anda. Anda dapat mengelolah piutang dengan memberikan Batasan untuk setiap penjualan produk anda ke customer. Misalnya anda akan menganti termin pada customer dikarenakan umur pitang sebelumnya melebihi batas atau Anda tidak dapat menerbitkan Invoice Jika Tagihan sebelumnya melebihi dan belum dilunasi,  dsb.  

Melakukan Penagihan sebelum Jatuh Tempo

Jangan mengabaikan untuk mengingatkan customer terkait pembayaran. Reminder Penting untuk Customer anda. Bisa saja secara tidak sengaja tagihan anda belum masuk dalam antrian pembayaran, Invoice Hilang, Atau bahkan lupa akan tagihan yang anda berikan. Hal ini tentu sering terjadi bukan ? Jadi anda harus memiliki catatan yang cukup lengkap mengenai tanggal invoice dibuat, tanggal jatuh tempo, PIC, dan lain sebagainya. 

Menganalisa Laporan Keuangan dan Penjualan secara Berkala

Pastikan anda telah memiliki Informasi dan data yang lengkap untuk membuat laporan keuangan secara sistematis. Laporan keuangan seperti Arus Kas, Laba Rugi, Neraca dan berbagai laporan penjualan yang telah anda catat akan sangat bermanfaat untuk pengelolahan piutang usaha anda. Anda bisa mengecek secara berkala umur piutang pelanggan anda dan apakah berpengaruh secara signifikan dengan keuangan bisnis anda. Hal ini penting dilakukan untuk kesehatan financial dan kestabilan proses bisnis yang berjalan 

Demikian Pembahasan mengenai Pentingnya Manajemen Piutang Usaha. Semoga bermanfaat.