Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Pentingnya Manajemen Aset Bagi Perusahaan

Mengelolah Asset tetap

Pentingnya Manajemen Aset |  Manajemen aset merupakan aktifitas Pengelolahan aset yang berkaitan dengan penilaian secara teknis, perhitungan dari segi keuangan dan praktek manajemen yang baik Melalui proses manajemen planning, organizing, leading dan controling. Setiap Perusahaan pasti memiliki Aset Tetap. Aset tetap tersebut tentunya harus di kontrol dengan baik melalui Manajemen Persediaan. Nah, Berikut ini alasan Pentingnya Manajemen Aset Bagi Perusahaan. 

Menjaga Nilai Asset

Melakukan manajemen Asset dengan baik tentunya dapat menjaga Nilai Asset Tetap tinggi dan membuat usia asset lebih panjang. Hal ini berkaitan untuk mengantisipasi dan menguransi resiko penurunan nilai asset baik dikarenakan kerusakan atau kehilangan fungi pada asset tersebut. Tentunya dalam menjaga nilai asset tersebut harus didukung oleh upaya pemeliharaan dengan tambahan biaya operasional yang memadai untuk menjaga Output tetap tinggi sesuai dengan tujuan perusahaan. 

memantau penyusutan asset

Asset Tetap tak lepas dari resiko penyusutan. Penyusutan Asset tetap dapat disebabkan oleh penurunan fungsi yang akan mengakibatkan menurunnya nilai asset itu sendiri. Metode Penyusutan asset beserta umur asset dapat anda lakukan pada manajemen asset. Dengan Manajemen Asset anda dapat memantau nilai penyusutan melalui Laporan. Laporan aset ini nantinya harus dimasukkan ke dalam laporan keuangan karena berhubungan dengan nilai uang yang dimiliki oleh  perusahaan.

Menyusun anggaran lebih mudah

Adanya manajemen asset dapat memudahkan perusahaan anda untuk mengatur anggaran untuk asset tersebut. Hal ini berkaitan dengan Penyusunan anggaran berupa konstruksi, pembelian barang, dan pemeliharaan barang berkaitan dengan pendanaan. Kondisi ini juga akan membuat perusahaan mengetahui dan dapat menilai mana aset yang masih butuh pemeliharaan atau pembaharuan, serta mana Aset yang tidak dapat diperbaharui sama sekali untuk dihapus.

Keamanan Asset lebih terjamin

Dengan Menerapkan manajemen Asset, Perusahaan dapat meminimalisir kemungkinan Kerusakan dan kehilangan asset. Asset di Perusahaan Yang cenderung berjumlah besar tentu tidak dapat dikontrol begitu saja tanpa adanya prosedur manajerial yang Tepat. Dengan begitu, Manajemen asset dapat berfungsi untuk melindungi aset dengan penyimpanan yang benar. 

Menghindari pembelian berlebih

Manajemen aset dapat Berfungsi sebagai kontrol untuk pembelian aset perusahaan. Hal ini Bertujuan agar perusahaan dapat lebih efektif dalam menyusun anggaran pembelian aset dengan menentukan prioritas tertinggi untuk dapat menghemat biaya pengeluaran Perusahaan. 

Menciptakan Manajemen Resiko

Manajemen Resiko adalah seuatu metode Pengelolahan Asset untuk mengidentifikasi Menganalisis Mengendalikan dan Menghindari ancaman Pada Asset Perusahaan. Menerapkan manajemen risiko setelah manajemen aset akan membantu perusahaan dalam mengelola ketidakpastian dari aset yang bisa saja terjadi di masa yang akan datang serta membuat Langkah untuk pencegahan.