Accurate Business Center (ABC Store) Galaxy

(031)5912996 / 0895414549025 ( WA ) galaxy@myabcshop.com

Pentingnya Laporan Keuangan Dalam Berbisnis Bagi Pengusaha

Pentingnya Laporan Keuangan Dalam Berbisnis Bagi Pengusaha. Hubungi Firdaus 081703354372

Pentingnya laporan keuangan dalam berbisnis bagi pengusaha.

Membangun sebuah bisnis tentunya setiap pelaku bisnis memiliki target dalam menjalankan bisnisnya mau goal nya gimana, tentunya hal ini harus ditunjang dengan laporan laporan keuangan yang baik sebagai dasar untuk menganalisa apakah selama berjalannya bisnis sudah sesuai target goal nya.

Namun pada kenyataannya, banyak pengusaha yang abai tentang ini. Banyak pengusaha yang tidak terlalu memperhatikan dan mengetahui manfaat serta fungsi laporan keuangan sehingga tak menjadikan laporan keuangan sebagai standar kesehatan perusahaan. Padahal, jika hal ini dibiarkan maka bukan tak mungkin usaha akan berantakan lantaran tak memiliki pedoman.

Alasan pengusaha abai akan pentingnya laporan, diantaranya:

  • bisnis dikelola sendiri jadi semua keuangan dikelola pemilik usaha
  • bisnis masih kecil dan karyawan belum banyak, masih belum butuh laporan keuangan
  • masih skala home industri UMKM
  • dan masih banyak alasan lainnya

Laporan keuangan memiliki data keuangan perusahaan serta kaitannya dengan aktivitas perusahaan. Ada 3 laporan penting yang harus ada dan menjadi patokan sebuah perusahaan yaitu laba/rugi, neraca dan arus kas.

  1. Laba/Rugi. Laporan Laba/Rugi merpakan sebuah laporan yang menunjukkan hasil finansial perusahaan dalam periode tertentu. Untuk mengetahui naik turunnya penjualan, HPP, pendapatan, pengeluaran. Dengan demikian dapat mengetahui secara data berapa banyak uang yang dimiliki perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya.
  2. Neraca. Dengan laporan neraca dapat mengetahui kekuatan finansial perusahaan baik dari sisi aktiva, modal, kewajiban. Dengan menunjukkan apakah bisnis untung atau rugi.
  3. Arus kas. laporan arus kas berfungsi menunjukkan kondisi kas dari operasional sehari-hari perusahaan (untung atau rugi), mengukur investasi perusahaan dengan tujuan untuk memproduksi profit di masa depan, dan mengetahui apakah dana perusahaan cukup untuk membagi dividen, menutup aktivitas sehari-hari perusahaan, membayar utang tepat waktu, dan menunjukkan darimana adanya modal tambahan.

Selain memiliki fungsi-fungsi diatas, laporan keuangan juga memiliki manfaat yang sangat penting bagi perusahaan. Berikut ini adalah manfaat serta arti penting laporan keuangan dari perusahaan :

1.Membuat aset pribadi dengan perusahaan tidak bercampur

Laporan keuangan mampu memisahkan antara aset dan rekening pribadi dengan aset dan rekening perusahaan. Dengan pemisahan aset dan rekening ini, resiko buruk bagi perusahaan pun bisa diminimalisir. Dalam hal pemisahan ini, laporan keuangan juga berfungsi membuat bisnis Anda jauh lebih profesional.

2. Menjadi acuan dalam pemgambilan keputusan

Laporan keuangan juga bisa dijadikan acuan atau dasar dalam mengambil keputusan. Ketika melihat hasil laporan keuangan,  pihak manajemen pun bisa langsung menganalisa kembali bisnis yang dijalankan dan segera mengambil keputusan maupun tindakan yang terbaik untuk kemajuan perusahan. Tanpa laporan keuangan ini, tentunya tidak bisa memutuskan akan mengambil jalan apa jika terjadi sesuatu pada keuangan bisnis Anda.

3. Informasi dalam penghitungan pajak

Arti penting lain dari laporan keuangan adalah menyajikan informasi dalam rangka pengumpulan pajak. Dengan laporan keuangan, Anda pun bisa tahu berapa pajak yang wajib Anda bayarkan. Oleh karena itu, setiap laporan keuangan harus dikelola dengan bijak karena dijadikan dasar dari pungutan pajak.

4. Melihat besarnya laba atau keuntungan perusahaan

Anda juga bisa melihat dan mengetahui berapa jumlah keuntungan dari bisnis Anda. Anda bisa menganalisa dengan jelas pakah perusahaan Anda menagalami untung atau rugi serta besarannya dalam setiap periode.

5. Laporan untuk pihak luar manajemen

Terakhir, laporan keuangan juga dibutuhkan untuk dipublikasikan kepada pihak luar, seperti pemerintah, parusahaan lain, lembaga keuangan, dan juga investor. Pihak luar berkesempatan untuk melihat laporan keuangan bisnis Anda untuk berbagai keperluan, seperti pajak, pinjaman dana, dan lain sebagainya.

Demikian informasi yang dapat diberikan dalam artikel ini mengenai Pentingnya laporan keuangan dalam berbisnis bagi pengusaha. Dengan ini diharapkan bagi pelaku bisnis yang belum memiliki laporan keuangan untuk meluangkan waktu dalam bisnisnya untuk memperhatikan laporan keuangan dan bagi perusahaan yang sudah memiliki laporan keuangan untuk lebih merapikan lagi laporan laporan keuangannya sesuai dengan akuntansi Indonesia.

Baca Juga Artikel Berikut :

  1. 5 tips dalam berbisnis agar omset tetap aman
  2. Laporan Di Accurate Software Mencegah Omset Terjun Bebas
  3. Belajar Bisnis dari Film Chef
  4. Kontrol Persediaan Barang Dagang dalam Perusahaan
  5. Yang Harus Dihindari Pengusaha Pemula dalam Berbisnis
  6. Cara Mencegah Terjadinya Kecurangan dalam Bisnis Anda
  7. Kapan saatnya Perusahaan Butuh Software Akuntansi